Wednesday, September 6, 2017

Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil diharuskan mengkonsumsi makanan bergizi yang sesuai dengan pola menu seimbang. Ibu hamil dengan gizi yang baik dapat menjaga ibu tetap sehat dan melahirkan bayi yang sehat pula.

Masa hamil adalah masa penting untuk pertumbuhan optimal janin dan persiapan persalinan. Ibu hamil biasanya mengalami mual hingga susah makan, apabila hal ini terjadi konsultasikan ke sarana kesehatan. Jangan sampai perkembangan janin terganggu karena ibu tidak mendapatkan cukup gizi.

Manfaat Gizi Untuk ibu Hamil

Gizi pada masa kehamilan memiliki peran yang sangat penting, maka ibu tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Pola menu seimbang dapat mencukupi kebutuhan ibu hamil, penambahan gizi pada ibu hamil sangat berguna untuk:
  • Kesehatan ibu hamil
  • Pertumbuhan janin
  • Proses persalinan
  • Persiapan menyusui
  • Tumbuh kembang bayi

Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Makanan apa saja yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil agar kebutuhan gizinya terpenuhi? Makanan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu: sumber zat tenaga, sumber zat pembangun, dan sumber zat pengatur. Selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

Sumber zat tenaga
Makanan berikut ini memberikan tenaga untuk kegiatan ibu hamil, yaitu: beras, roti, mie, kentang, jagung, bihun, makaroni, singkong, ubi.

Sumber zat pembangun
Zat pembangun akan meregenerasi sel-sel yang mati dan berganti dengan sel yang baru. Makanan zat pembangun yaitu: daging, telur, ikan, ayam, hati, keju, susu, kacang-kacangan, tempe, tahu.

Sumber zat pengatur
Makanan sumber zat pengatur akan memberikan perlindungan ibu hamil dari berbagai penyakit. Makanan sumber zat pengatur yang dianjurkan yaitu: sayuran yang berwarna hijau dan buah-buahan segar.

Perhatian

Selain pilihan makanan yang sehat, ada beberapa hal yang sangat penting dan harus diperhatikan. Ibu hamil yang terlalu gemuk atau kurus sebaiknya berkonsultasi kepada tenaga kesehatan, karena dikhawatirkan bisa mengganggu proses persalinan. Berikut ini adalah pola makan yang harus diperhatikan ibu hamil.
  • Mengkonsumsi lebih banyak makanan dari sebelum hamil
  • Ibu hamil yang terlalu gemuk harus mengurangi porsi makanan sumber energi disesuaikan dengan kebutuhan normal. 
  • Ibu hamil yang terlalu kurus harus menambah jumlah porsi makanan sumber energi dan protein
  • Usahakan mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil dengan frekuensi sering

Contoh Menu Sehat ibu Hamil


Pagi
  • Nasi 
  • Ayam goreng bumbu lengkuas
  • Pepes tahu 
  • Oseng-oseng jagung muda dan wortel
  • Susu 
  • Jam 10.00, bubur kacang hijau 

Siang
  • Nasi 
  • Sop sayuran
  • Ikan balado
  • Kripik tempe
  • Jeruk 
  • Jam16.00, selada buah 

Malam
  • Nasi
  • Telur balado
  • Perkedel tahu 
  • Tumis tauge + baso 
  • Pisang

Pengaturan makanan sehari untuk ibu hamil

Untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu dan janin yang dikandung, ibu hamil mengkonsumsi makanan dengan pola menu seimbang.

Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan gizi ibu hamil yang tercukupi sangat penting sekali, selain untuk kesehatan ibu perkembangan janin menjadi prioritas utama.

Pengaturan gizi seimbang menurut DEPKES

Mengkonsumsi beranekaragam makanan
Banyak mengkonsumsi beraneka ragam makanan akan memenuhi kebutuhan energi, protein, vitamin, dan mineral ibu hamil. Vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan ibu hamil yaitu zat besi, iodium, asam folat, kalsium, dan zink. Ibu hamil juga banyak memerlukan asupan protein untuk pertumbuhan janin dan menjaga kesehatan ibu, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti ikan, susu, dan telur.

Untuk pembentukan sel dan jaringan baru ibu hamil memerlukan zat besi, selain itu zat besi juga berguna dalam pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Orang yang kekurangan zat besi disebut anemia atau penyakit kurang darah. Akibat kekurangan zat ini ibu hamil beresiko untuk perdarahan dan peningkatan risiko kematian serta berat bayi lahir rendah (BBLR). Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan, daging, hati dan tempe. Ibu hamil juga juga disarankan mengkonsumsi satu tablet tambah darah per hari selama kehamilan dan masa nifas.

Asam folat pada ibu hamil sangat penting untuk pembentukan sel dan sistem saraf termasuk sel darah merah. Makanan tinggi asam folat yang dianjurkan untuk ibi hamil yaitu sayuran hijau seperti bayam dan kacang-kacangan.  Untuk memenuhi kebutuhan vitamin makanlah buah berwarna dan penting juga mengkonsumsi buah yang berserat untuk melancarkan buang air besar.

Kebutuhan kalsium pada ibu hamil harus tercukupi untuk menganti cadangan kalsium ibu yang digunakan untuk pembentukan jaringan pada janin. Apabila kekurangan zat ini bisa menyebabkan komplikasi yang disebut keracunan kehamilan, pengeroposan tulang dan gigi. Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi makanan tinggi kalsium seperti sayuran hijau, ikan teri, susu, dan kacang-kacangan.

Iodium mempunyai peranan penting bagi ibu hamil, kekurangan zat ini menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan sistem saraf pada janin yang akan menurunkan IQ dan meningkatkan risiko kematian bayi. Iodium banyak terdapat pada makanan seperti ikan, kerang, udang, dan rumput laut, dan juga harus memasak menggunakan garam beryodium.

Batasi makanan tinggi garam
Ini bertujuan untuk mencegah hipertensi pada ibu hamil, hipertensi pada ibu hamil sangat berbahaya karena akan meningkatkan kematian kematian janin, gangguan pertumbuhan, serta terlepasnya plasenta.

Banyak minum air putih
Air putih berfungsi untuk membantu pencernaan, membuang racun, sebagai penyusun sel dan darah,
mengatur keseimbangan asam basa tubuh, dan mengatur suhu tubuh. Ibu hamil akan mengalami peningkatan kebutuhan air putih, ibu hamil diharapkan minum 2-3 liter per hari atau kurang lebih 8-12 gelas sehari.

Batasi minum kopi
Kafein bila dikonsumsi oleh ibu hamil akan mempunyai efek diuretic dan stimulans. Kopi pada ibi hamil bisa menyebabkan peningkatan buang air kecil, tekanan darah meningkat dan juga peningkatan detak jantung. untuk itu sebaiknya ibu hamil menghindari konsumsi kopi, dan minuman lain yang mengandung tinggi kafein.

Diharapkan ibu hamil untuk memperhatikan kebutuhan nutisi, karena masa kehamilan adalah masa emas bagi perkembangan anak selanjutnya. Perkembangan otak dan status kesehatan ketika dewasa banyak dipengaruhi oleh kebutuhan gizi anak ketika masih dalam kandungan dan sampai usia anak 2 tahun.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon