Sunday, September 10, 2017

Cara Mencegah Sakit Maag Agar Tidak Kambuh

Maag adalah penyakit yang terjadi karena peningkatan asam lambung. Dalam keadaan normal asam lambung berfungsi untuk membantu pencernaan makanan. Namun bila asam lambung meningkat bisa menyebabkan perlukaan pada dinding lambung.

Cara Mencegah Sakit Maag Agar Tidak Kambuh
Kopi, pantangan bagi penderita maag

Meningkatnya asam lambung disebabkan oleh beberapa hal, seperti waktu makan tidak teratur, dan mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung gas seperti kopi, nangka, kol dan masih banyak lagi. Asam lambung juga bisa meningkat jika kita stres.

Mengatur pola makan sangat membantu penyembuhan sakit maag. Pola makan yang tepat akan mengontrol produksi asam lambung tetap normal. Asam lambung akan terus berproduksi untuk menghancurkan makanan yang kita konsumsi. Jika kita telat makan, asam lambung yang keluar akan mengikis dinding lambung sehingga terjadi luka.

Oleh karena itu akan percuma meminum obat jika penderita maag tidak bisa mengontrol pola makannya. Obat-obatan untuk sakit maag yang diminum memiliki cara kerja sendiri-sendiri tergantung jenis obatnya. Bisa saja Anda minum obat maag dan penyakit maag sembuh, itu adalah kejadian yang terjadi pada banyak pasien. Namun mereka meiliki satu informasi penting, yaitu pola makan bagi penyakit maag. Tanpa mengetahui bagaimana cara mengatur pola makannya penderita maag tidak akan pernah sembuh.

Sakit maag biasa bisa sembuh sendiri dengan pola makan sehat, tetapi sakit maag biasa dapat berkembang menjadi maag kronis apabila tidak ditangani dengan tepat. Mengatur pola makan adalah pilihat tepat untuk kesembuhan sakit maag dan mencegah penyakit maag agar tidak kambuh lagi.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan.

Makan teratur
Makan sesuai jadwal, sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Jangan menunda makan, atau menunggu sampai perut kosong. Apabila sedang dalam perjalanan jauh atau tidak sempat makan seperti biasanya, usahakan untuk mengkonsumsi kue atau makanan ringan lainnya.

Makan sedikit tapi sering
Dengan makan sedikit tapi sering membuat lambung tidak penuh tetapi masih ada makanan di lambung. Apabila lambung kosong sedangkan produksi asam lambung terus berjalan maka asam lambung akan mengiritasi dinding lambung. Dengan adanya makanan di lambung, asam lambung akan mencerna makanan tersebut.

Hindari makanan mengandung gas
Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gas akan membuat perut terasa penuh. Apabila perut di ketuk menggunakan jari terdengar seperti suara udara. Rasa penuh tersebut akan bertahan lama sampai diberikan obat. Makanan yang banyak mengandung gas antara lain nangka, sawi, kol, cempedak, durian.

Hindari soda, kopi dan teh.
Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda dan memiliki asam tinggi seperti kopi dan teh. Selain tidak baik untuk kesehatan lambung, minuman bersoda juga dapat menyebabkan diabetes karena banyak mengandung gula.

Penyakit maag yang belum parah akan membaik dengan mengatur pola makan.Namun jika penyakit sudah berkembang menjadi maag kronis, penderita maag harus berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Maag kronis memerlukan penanganan yang tepat dari dokter untuk mempercepat kesembuhannya.

Sakit maag bisa menyerang siapa saja, kunci utama agar terhindar dari penyakit ini adalah dengan mengatur pola makan. Selalu mengaplikasikan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi sesuai kebutuhan, olahraga dan istirahat cukup.

Penyakit maag tidak akan sembuh dengan mengkonsumsi obat tanpa merubah pola makannya, sebagai contoh ada orang yang menderita sakit maag, kemudian dia meminum obat maag dari dokter, setelah beberapa hari sakit maagnya reda. Setelah satu bulan sakit maagnya kambuh lagi karena ia telat makan, kemudian dia berobat lagi dan sembuh, satu bulan kemudian kambuh lagi karena telat makan. Pasien tersebut tidak akan pernah sembuh total sebelum merubah gaya hidupnya.

Pola makan yang sehat, serta menghindari makanan penyebab sakit maag adalah cara paling tepat untuk menjaga agar tidak kambuh lagi.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon