Widget HTML #1

Mitos dan Fakta Seputar Hepatitis A

Mitos dan Fakta Seputar Hepatitis A

Banyak mitos mengenai penyakit Hepatitis A, kurangnya pengetahuan tentang Hepatitis A serta ketakutan akan penyakit tersebut membuat mitos tentang Hepatitis A bermunculan. Mendapatkan informasi yang salah bisa membuat seseorang mengambil tindakan yang salah juga. Berikut ini akan saya berikan informasi mitos dan fakta tentang Hepatitis A. Materi ini bersumber dari Direktorat PPML Kementerian Kesehatan.

Mitos
Hepatitis dapat ditularkan melalui keringat, jabat tangan, udara, air dan bersin.
Fakta
Hepatitis A tidak dapat ditularkan melalui keringat, jabat tangan, udara, air, dan bersin. Tetapi ditularkan melalui makanan yang tercemar virus Hepatitis A yang berasal dari tinja penderita.


Mitos
Saya sudah pernah menderita Hepatitis A, berarti saya sudah kebal, berarti saya bisa makan sembarangan.
Fakta
Makan makanan yang tidak bersih bukan hanya risiko terkena Hepatitis tetapi juga penyakit lain seperti diare dan tipus.


Mitos
Hepatitis A akan berlanjut menjadi Hepatitis B dan C
Fakta
Hepatitis A tidak dapat berlanjut menjadi Hepatitis B dan C. Hepatitis A biasanya sembuh sempurna dan Hepatitis B dan C akan menjadi kronik.


Mitos
Hepatitis A merupakan penyakit keturunan
Fakta 
Tidak benar, Hepatitis a merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Hepatitis A.

Baca juga:

Itulah fakta dan mitos tentang Hepatitis A. Dengan mengetahui fakta yang sebenarnya kita dapat mengambil tindakan yang tepat sehingga dapat terhindar dari penyakit Hepatitis A. Mencegah adalah lebih baik dari mengobati, lalu langkah-langkah apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah Hepatitis A ? Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi. Info selengkapnya bisa baca di postingan saya "Cara Mencegah penyakit Hepatitis A".

Mari bantu eliminasi Hepatitis di Indonesia dengan share artikel ini.

Posting Komentar untuk "Mitos dan Fakta Seputar Hepatitis A"