Sabtu, 14 Januari 2017

4 Langkah Menciptakan Karir Impian Anda

karir impian

ydhartono.com - Siapa yang tidak ingin mempunyai karir impian, semua pasti berharap bisa berkarir sesuai dengan apa yang diinginkan. Pasti sangat nyaman memiliki pekerjaan yang sesuai dengan impian, rasanya seperti tidak bekerja.

Kalau kerja capek mah relatif, namanya juga bekerja. Tetapi yang dirasakan lebih penting. Apakah Anda ingin menciptakan karir impian. Berikut ini ada empat langkah yang harus dilakukan, ini saya ambil dari buku karya Zelinski, Ernie J "Career Success Without a Real Job".

#1 Eksplorasi ke Dalam Diri


Dalam langkah pertama ini Anda mencari hal yang paling Anda sukai untuk dikerjakan, apa yang memotivasi Anda, apa nilai-nilai Anda, dan apa yang dapat memberi Anda perasaan berarti dan puas. Anda juga menilai kemampuan, bakat dan potensi yang Anda miliki, selain hal-hal lain yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan Anda.

Ketika telah memutuskan kemampuan apa yang paling ingin Anda gunakan, apa yang membuat Anda bersemangat, apa nilai-nilai pekerjaan Anda, dan seperti apa lingkungan kerja yang dapat memotivasi anda, Anda siap menjelajahi pilihan-pilihan yang ada untuk memenuhi keinginan Anda.

Anda, pada tahap ini harus benar hati-hati. Jangan sampai terjebak pada situasi yang sebenarnya tidak diinginkan. Jujur pada diri sendiri adalah kuncinya, keyakinan setiap orang berbeda-beda, harus jujur sebenarnya apa yang paling Anda inginkan.

Contoh sederhana, misalnya berhenti sebagai karyawan dan ingin memulai usaha. Yang menjadi pertanyaan adalah untuk menjadi seorang pengusaha juga harus ada ilmunya. Walaupun jiwa Anda pengusaha kalau tidak punya ilmu usaha pasti akan kewalahan.

Di jaman yang sudah sangat maju seperti sekarang ini, mudah untuk mempelajari apa saja. Kalau punya uang banyak mah tidak jadi persoalan, bisa bekerja menjadi apa saja. Yang dicari bukan lagi karir impian, tetapi hidup yang berkualitas.

#2 Eksplorasi ke Luar


Dalam langkah ini Anda menjelajahi pekerjaan atau bisnis apa yang paling sesuai bagi bagi Anda. Mana yang akan memberi Anda tujuan atau sesuai dengan panggilan diri Anda? Identifikasi pekerjaan-pekerjaan yang ada dan ciptakan pilihan Anda sendiri yang sesuai dengan persyaratan Anda.

Lakukan saja apa yang disukai, jangan takut untuk mencoba. Jangan kita berasumsi menyukai pekerjaan tertentu sebelum mencobanya. Makanya harus mencoba apa saja yang paling disukai, pasti ada sesuatu yang paling nyaman untuk dikerjakan.

#3 Pengambilan Keputusan


Ketika sampai pada langkah ini, Anda harus menggunakan kemampuan pengambilan keputusan apa pun yang Anda miliki. Jika tidak pandai mengambil keputusan, Anda mungkin harus kursus untuk menambah kemampuan bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat


Mengambil keputusan yang baik bergantung pada tiga faktor:

  • Mengenal diri Anda dengan baik, termasuk apa yang benar-benar Anda inginkan.
  • Mendapat informasi yang tepat tentang pekerjaan yang ingin  Anda lakukan.
  • Menggunakan model pengambilan keputusan yang efektif. 

Pilihan Anda haruslah sebuah pekerjaan yang paling sesuai dengan kemampuan, minat, dan kebutuhan Anda, serta memberikan Anda dapat memberikan kontribusi kepada orang lain.

Tentu saja keputusan yang kita ambil sesuai dengan kemampuan kita, makanya harus banyak membaca dan mencari informasi. Kalau kita orang yang hanya mengetahui sedikit, tentu saja keputusan yang dibuat bisa saja tidak tepat.

#4 Implementasi


Setelah Anda mengambil keputusan, sekarang saatnya beraksi. Ini berarti memiliki rencana untuk menemukan atau menciptakan pekerjaan yang Anda inginkan. dengan kata lain, Anda harus mengembangkan sebuah rencana dan mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menjadi pekerja yang Anda impikan.

Hati-hati, jangan sampai salah langkah. Sebenarnya apa yang Anda cari, apakah uang atau kenyamanan, apakah pengakuan, atau sebagainya. Kalau Anda ragu, bisa menjadikan karir impian sebagai pekerjaan sampingan dulu.

Setiap keputusan ada konsekuensinya, jika sudah mengambil keputusan harus siap mengambil setiap resiko yang akan terjadi.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon