Widget HTML #1

5 Penyebab dan Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 10

Ydhartono.comBlue screen pada Windows 10 menjadi permasalahan laptop yang seringkali terjadi. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu karena menyebabkan laptop tidak bisa berfungsi dengan baik.

Gangguan pada hardware maupun software menyebabkan crash terhadap sistem merupakan salah satu penyebabnya. Lalu, Bagaimana cara memperbaiki blue screen Windows 10? Berikut ulasannya.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 10

Penyebab Blue Screen pada Windows 10

Tentunya mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadi blue screen pada Windows 10 adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum kemudian mengetahui cara memperbaiki blue screen Windows 10. 

Nah, lalu apa saja penyebabnya? Berikut 5 diantaranya:

1. File Windows Corrupt

File yang corrupt seringkali diabaikan oleh pengguna PC karena hal ini dianggap tidak akan memiliki dampak terhadap perangkat lunak secara langsung. Padahal adanya file yang mengalami corrupt bisa saja membawa satu permasalahan serius pada perangkat lunak. Biasanya dalam keadaan blue screen seperti ini akan muncul pesan critical process died.

2. Kerusakan pada Memori

Permasalahan lain yang bisa jadi penyebab dari blue screen adalah adanya kendala pada memori laptop. Hal ini bisa saja menjadi permasalahan utama yang akhirnya membuat Windows 10 mengalami blue screen. Pengguna bisa mengetahui bahwa blue screen disebabkan oleh kerusakan pada memori melalui pesan IRQL not less or equal.

3. Kerusakan pada Driver

Hal lain yang seringkali terjadi dan menjadi penyebab utama blue screen pada Windows 10 adalah masalah pada driver. Terkadang hal ini terjadi karena ada kesalahan pada kode driver atau antivirus. Apabila hal ini terjadi maka, akan muncul pesan yang bertuliskan  page fault in nonpaged area.

4. Kerusakan Video

Kerusakan pada driver video juga menjadi permasalahan berikutnya yang bisa saja muncul saat Windows 10 tengah digunakan. Pada permasalah blue screen ini nantinya akan ada pesan tertulis video TDR timeout detected.

5. Error pada Windows

Permasalah berikutnya yang bisa saja terjadi adalah adanya ketidakmampuan Windows dalam membaca suatu kode yang ada di diver. Biasanya bila Windows mengalami blue screen karena hal ini maka, akan muncul pesan system service exception.

Cara Mengatasi Windows 10 BSOD (Blue Screen of Dead)

Nah, setelah sebelumnya mengetahui 5 penyebab yang bisa saja terjadi pada Windows 10 sehingga mengalami blue screen maka, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara memperbaikinya. 

Lebih singkatnya, berikut adalah 5 solusi Windows blue screen yang bisa dilakukan:

1.  Melakukan Update Windows

cara memperbaiki blue screen Windows 10 paling simpel adalah dengan melakukan update terhadap Windows 10 yang tengah mengalami kendala BSOD. Hal ini menjadi cara paling praktis yang bisa dilakukan oleh pengguna hanya dengan mengandalkan internet.

Pengguna hanya perlu menuju menu start untuk selanjutnya masuk pada menu Windows Update. Nantinya akan muncul satu jendela baru yang menampilkan proses update terhadap Windows 10. Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses update selesai dilakukan oleh Windows.

2. Menggunakan Control Panel

Control Panel juga bisa jadi cara memperbaiki blue screen Windows 10 selanjutnya yang cukup mudah. Pengguna hanya perlu menuju Control Panel untuk kemudian klik menu System and Security. Tahap berikutnya silahkan klik Check for Solution pada opsi yang ada pada bagian kanan bawah jendela menu.

Nantinya melalui Check for Solution in, Windows akan memberitahukan permasalahan utama yang menyebabkan laptop mengalami blue screen. Nantinya melalui informasi tersebutlah pengguna bisa mulai melakukan perbaikan sesuai dengan permasalah yang menjadi penyebab utamanya.

3. Menghapus Program

Langkah berikutnya yang cukup mudah adalah menghapus program yang baru saja dimasukkan ke laptop. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya bahwa blue screen bisa saja terjadi karena adanya ketidakcocokan kode driver dengan perangkat Windows 10. Hal inilah yang kemudian seharusnya dihindari supaya tidak menyebabkan terjadinya blue screen.

Pengguna bisa mulai melakukan penghapusan program yang baru diInstal, menghapus file yang corrupt atau bahkan melepaskan perangkat lain yang ada di laptop. Virus yang dibawa oleh perangkat lain seperti halnya flashdisk tentu juga bisa menjadi penyebab terjadinya blue screen.

4. Install Driver

Melakukan install driver update juga bisa jadi solusi untuk memperbaiki Windows 10 yang mengalami blue screen. Terkadang blue screen terjadi karena sistem Windows yang telah lama atau bug. Apabila hal ini terjadi maka, pengguna bisa melakukan update pada driver untuk versi terbaru.

Namun, apabila ternyata permasalahan bukan terjadi karena driver belum di update ke versi terbaru maka, coba lakukan rollback driver. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan install driver ke versi lama yang tidak mengalami permasalahan sebelumnya.

5. Lakukan Safe Mode

Rekomendasi terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan safe mode saat membuka laptop. Hal ini dapat dilakukan melalui tombol power, tekan shift key serta klik restart untuk selanjutnya pilih menu setting untuk mulai melakukan setting pada startup. Nantinya pengguna hanya tinggal memilih antara F4, F5 atau bahkan F6.

Apabila safe mode telah berhasil diaktifkan maka, selanjutnya silahkan lakukan pengecekan penyebab terjadinya blue screen. Lakukan perbaikan dengan segera bila permasalahan sudah ditemukan. Mulai dari menghapus file atau aplikasi yang corrupt atau mungkin melakukan update system.

Nah, begitulah tadi cara memperbaiki blue screen Windows 10 dengan mudah tanpa perlu memanggil tukang service untuk memperbaikinya. Kunci utama bila mengalami BSOD adalah jangan panik dan cari penyebab utama dari blue screen kemudian baru lakukan perbaikan.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab dan Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 10"