Widget HTML #1

4 Penyebab Booting Lama Windows 10 Beserta Solusinya

Ydhartono.com - Pada setiap penggunaan perangkat laptop maupun komputer yang menggunakan Windows 10, pasti ada saja permasalahan yang muncul. Salah satu masalah yang biasanya terjadi adalah proses booting yang lama. Penyebab booting lama Windows 10 juga bermacam-macam. Sehingga setiap masalah diperlukan solusi yang tepat.

Pada pembahasan kali ini akan diuraikan mengenai semua hal tersebut secara mendalam. Mulai dari beberapa penyebabnya, hingga apa saja solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Jika sedang mengalami permasalahan semacam ini, akan lebih baik apabila mengikuti pembahasan sampai selesai. Berikut pembahasannya:

Penyebab Booting Lama Windows 10

Penyebab Booting Lama Windows 10

Proses booting yang lama ini disebabkan oleh beberapa hal. Bagi yang sedang mengalami masalah ini, maka harus tahu apa saja penyebabnya. Sehingga bisa menganalisis permasalah dan menentukan solusi yang bisa digunakan. Berikut pembahasan lengkap mengenai berbagai penyebab yang yang bisa terjadi:

1. Driver yang Baru

Penyebab pertama ada pada drivernya. Apabila driver yang dipakai tidak bekerja dengan maksimal, maka proses booting juga bisa lama. Biasanya, proses hal semacam ini terjadi pada driver yang masih baru. Maka dari itu, pastikan untuk memahami hal ini agar tahu apa langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya.

2. Terlalu Banyak Aplikasi yang Terpasang

Semakin banyak model aplikasi yang terpasang di perangkat, juga bisa membuat booting semakin lama. Aplikasi-aplikasi yang biasanya paling berpengaruh adalah aplikasi yang memiliki ukuran besar. Setiap kali perangkat dihidupkan, maka aplikasi yang terpasang akan berjalan secara bersamaan dan membuat proses booting lama.

3. Banyak Update Baru yang Muncul

Penyebab booting lama Windows 10 yang ketiga adalah karena terlalu banyak update aplikasi yang muncul. Saat perangkat dihidupkan, banyak juga aplikasi yang sedang memberikan update terbaru. Jika terjadi bersamaan dengan proses Windows 10 dihidupkan, maka booting akan lama karena perangkat tidak bisa menampung semuanya secara bersamaan.

4. Ada Malware

Jenis-jenis malware seperti virus, spyware, trojan, dan beberapa jenis lain bisa membuat perangkat akan mengalami booting yang lama. Biasanya, hal-hal semacam ini berasal dari aplikasi yang berbahaya untuk perangkat. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan aplikasi yang aman dan pastikan juga memiliki aplikasi antivirus.

Solusi untuk Booting yang Lama Windows 10

Untuk menyelesaikan berbagai penyebab booting lama Windows 10 di atas, ada beberapa metode yang bisa digunakan. Tiga metode di bawah ini bisa diaplikasikan dengan mudah karena akan dijelaskan setiap langkahnya. Simak daftar di bawah ini untuk tahu setiap detail langkah yang perlu dipraktekkan secara langsung:

1. Non-aktifkan "Turn on Fast Startup"

Metode pertama untuk menyelesaikan permasalahan di atas adalah dengan mengaktifkan fitur "Turn on Fast Startup". Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk hal ini jika dimatikan. Maka dari itu, langka menonaktifkan fitur ini sangat diperlukan. Berikut urutan cara menonaktifkan yang bisa dijalankan dengan mudah:

  • Klik kanan logo baterai, kemudian masuk ke menu "Power Options".
  • Setelah itu, masuk ke menu "Choose What Power Button Does" yang ada di dalamnya.
  • Lihat pada bagian bawah halaman menu yang bertuliskan "Shutdown Settings". Jika masih ada centang di bagian "Turn on Fast Startup", maka harus dimatikan.
  • Masuk ke menu "Change Settings That are Currently Unavailable".
  • Hapus centang yang ada di bagian " Turn on Fast Startup" tadi, lalu simpan perubahan.

2. Hentikan Program yang Masih Berjalan di Startup

Agar proses booting tidak lama, maka aplikasi-aplikasi yang ikut berjalan saat menghidupkan perangkat juga harus dimatikan. Karena, setiap aplikasi yang berjalan tersebut bisa membuat proses booting menjadi lama. Cara untuk menghentikannya sendiri akan diuraikan di bawah ini. Berikut detail lengkapnya:

  • Klik kanan pada logo Windows di perangkat.
  • Lalu masuk ke "Task Manager". Jika ingin lebih mudah, pencet saja Ctrl, Shift, dan Esc secara bersamaan.
  • Jika sudah masuk ke "Task Manager", maka langkah selanjutnya adalah memencet menu "Startup" yang ada di jajaran menunya. Akan ada banyak program dalam daftar. Jika ada tulisan "Enable", artinya masih hidup.
  • Untuk mematikannya, langkah yang harus dilakukan adalah mengklik kanan programnya, kemudian pencet "Disable".
  • Lakukan proses yang sama pada aplikasi yang kurang penting atau jarang digunakan hingga selesai.

3. Percepat Proses Startup

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mempercepat proses startup yang sedang berjalan. Metode ini juga memiliki cara tersendiri. Pada uraian kali ini akan berikan daftar langkah yang harus dipraktikkan. Berikut daftar langkah yang bisa dilakukan langsung untuk menyelesaikan masalah booting yang lama:

  • Masuk ke menu "Control Panel" di halaman Windows.
  • Jika sudah masuk, pencet menu "System and Security".
  • Setelah itu, masuk ke menu "System".
  • Pencet tombol "Advanced System Setting" untuk melanjutkan.
  • Pencet tombol "Setting" pada bagian "Startup and Recovery" untuk melakukan perubahan.
  • Jika default waktu menunjukkan angka 30, ganti ke angka 14.
  • Terakhir, simpan perubahan dengan memencet tombol "Ok".

Pembahasan mengenai penyebab booting lama Windows 10 di atas sudah disertai dengan solusinya. Jika booting pada perangkat pribadi sangat lama, maka segera aplikasikan salah satu cara di atas. Setiap cara di atas akan berhasil jika diaplikasikan dengan benar sesuai urutan langkah yang sudah diberikan.

Posting Komentar untuk "4 Penyebab Booting Lama Windows 10 Beserta Solusinya"