Widget HTML #1

6 Cara Membersihkan Drive C di Windows 10 Agar Tidak Lemot

Ydhartono.com - Penggunaan Drive C sebagai tempat instalasi Windows 10 sudah menjadi hal yang umum. Setelah digunakan cukup lama, wajar jika Drive C semakin penuh dan lambat. 

Agar sistem operasi Windows 10 dapat berjalan lebih lancar, pengguna perlu mengetahui cara membersihkan Drive C di Windows 10. Ber

beda dengan penggunaan sistem Windows 7 yang relatif lancar karena berukuran kecil, namun sudah ditinggalkan karena tidak lagi didukung Microsoft.

Sama halnya dengan Windows 8 yang bisa menghabiskan 30 hingga 50 GB, Windows 10 juga termasuk OS yang memakan tempat cukup besar. 

Beberapa penyebab Drive C penuh seperti cache, log, dan data lainnya yang sudah tidak terpakai. Inilah beberapa cara yang bisa dicoba untuk membersihkannya:

Cara Membersihkan Drive C di Windows 10 Dengan Mudah

Cara Membersihkan Drive C di Windows 10

Kurang lebih ada 6 macam cara membersihkan drive c di dinwos 10 yang mimin rangkum mulai dari tersimpel hingga agak rumit sedikit. Antara lain 8 macam cara tersebut yakni sebagai berikut:

1. Pembersihan Otomatis dengan Storage Sense

Atur pembersihan otomatis dengan fitur bernama Storage Sense. Fitur yang hanya ada di Windows 10 ini berfungsi membersihkan berbagai sisa file sampah. Cara membersihkan Drive C di Windows 10 dengan cara ini sangat efektif karena memakai fitur bawaan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Caranya dengan mengetikkan “Storage” di kolom pencarian.

Pilih menu “Storage Sense”, lalu aktifkan dengan menekan tombolnya sehingga berubah menjadi “On”. Berikutnya masuk menuju “Change how we free up” untuk membuat pengaturan waktu yang tepat untuk membersihkan Drive C otomatis. Disarankan memilih pembersihan setiap minggu agar lebih maksimal. Pada bagian “Delete files”, klik “Never” agar file dari folder Downloads tidak ikut dihapus.

2. Membersihkan File Sampah dengan CCleaner

Unduh aplikasi bernama CCleaner. Apps berukuran 16 MB ini sudah digunakan hingga lebih dari 100 juta pengguna untuk membersihkan perangkatnya dari file sampah. Dalam Drive C, pembersihan “System Registry” sangat membantu menjaga performa dari Windows 10.

Memanfaatkan keragaman fitur dalam aplikasi ini. Ada fitur “Quick Clean” untuk membersihkan file sampah (bisa memilih di bagian mana yang ingin dihapus). Selanjutnya ada “Automatic Cleaning” yang waktunya dapat diatur sesuai keinginan. Dengan beberapa klik saja, data sampah sudah bisa dihilangkan dari Drive C.

3. Membersihkan Cache dengan Total PC Cleaner

Gunakan aplikasi Total PC Cleaner. Tools ini tersedia dalam Microsoft Store dan termasuk salah satu aplikasi pembersih terbaik yang dipercaya pengguna. Kehadiran apps ini dapat bekerja dengan maksimal. PC Cleaner mampu mendeteksi berbagai jenis file sampah yang tidak lagi dibutuhkan oleh perangkat.

Setelah berhasil diinstal, jalankan aplikasi dan tunggu sampai scanning selesai. Selanjutnya pengguna akan melihat daftar file sampah yang ada di perangkat dan siap dibersihkan. Centang pada bagian yang ingin dihapus, lalu tekan tombol “Clean”. Jangan memilih “Downloads” karena dapat menghapus file dalam folder “Download” yang berukuran lebih dari 100 MB.

4. Membersihkan File dari Windows Update

Bersihkan file yang tersisa dari pembaruan Windows dalam Drive C. Setiap beberapa bulan Windows 10 melakukan pembaruan otomatis, sehingga sisa cache-nya cukup besar (hingga mencapai GB) dan membuat Drive C penuh. Caranya dengan menuju “Storage Settings” kemudian “Storage Sense”. Klik “Free up space”.

Tunggu sesaat untuk menjalankan proses scanning, durasinya tergantung seberapa banyak file sampah yang terdapat dalam Drive C. Sesudah scanning selesai, pilih “Remove Files”. Pastikan sudah memberi centang pada opsi “Windows update”. Membersihkan file sisa update ini akan menjaga Drive C tetap bersih dan tidak memberatkan kinerjanya.

5. Membersihkan File Sisa dengan Revo Uninstaller

Dapatkan aplikasi untuk menghapus sisa file dari program yang sudah dihapus, yaitu Revo Uninstaller. Cara membersihkan Drive C di Windows 10 ini juga perlu menjadi pertimbangan karena tanpa disadari program yang ada di perangkat menyisakan file sampah yang disebut “Leftover Files”.

Revo Uninstaller mampu menghapus file sampah ini secara otomatis setelah mendeteksinya. Tidak hanya itu, apps ini juga dapat berfungsi untuk uninstall program sampai akarnya. Artinya, tidak ada “Leftover Files” dari program yang dihapus seperti saat menghapus dengan cara biasanya.

6. Membersihkan Drive C Penuh Melalui Pengaturan

Masuk pengaturan Windows 10 dengan menekan “Start” lalu pilih tombol “Settings” yang berbentuk gear (roda gigi). Selanjutnya pilih “System”, dilanjutkan dengan “Storage”. Klik “Local Disc C” kemudian perhatikan bagian bawahnya. Ada keterangan sisa ruang yang terpakai.  Berfokuslah pada pembersihkan file yang tidak dibutuhkan di “Temporary Files”.

Tekan “Temporary Files” lalu akan ada proses scanning otomatis yang dijalankan Windows, tunggu sampai selesai. Cara membersihkan Drive C di Windows 10 selanjutnya adalah menentukan file yang akan dibersihkan dengan memberi tanda centang. Selesaikan dengan “Remove Files”, maka ruang Drive C sudah jauh lebih lapang dari sebelumnya.

Artikel yg relevan karena drive c : Penyebab Booting Lama Windows 10

Demikian ulasan seputar cara membersihkan Drive C di Windows 10. Pembersihan ini bisa dilakukan secara rutin agar fungsi komputer tidak terganggu. Pengguna bisa melakukan cara yang sesuai kebutuhannya, dengan maupun tanpa aplikasi tambahan.

Posting Komentar untuk "6 Cara Membersihkan Drive C di Windows 10 Agar Tidak Lemot"