Selasa, 11 Juni 2019

Macam-Macam Kebutuhan Manusia


Macam-macam kebutuhan manusia dapat dikelompokkan menjadi empat bagian seperti berikut ini:

#1 Menurut Tingkatan atau Intensitas Kegunaan


a. Kebutuhan Pokok atau Primer


Kebutuhan pokok atau kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan ini meliputi pangan, sandang, perumahan, dan kesehatan.

b. Kebutuhan Sekunder


Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang kurang begitu penting untuk dipenuhi. Tanpa terpenuhi kebutuhan ini, manusia masih dapat hidup. Misalnya, kebutuhan akan meja, kursi, sepeda, radio dan televisi. Kebutuhan ini akan dipenuhi apabila kebutuhan pokok sudah terpenuhi. Oleh karena itu, kebutuhan ini sering disebut kebutuhan kedua.

c. Kebutuhan Tersier atau Barang Mewah


Apabila kebutuhan pokok dan sekunder telah dipenuhi, orang akan membutuhkan barang-barang mewah, misalnya mobil, berlian, dan vila. Keinginan memenuhi kebutuhan barang mewah ditentukan oleh penghasilan seseorang.

Keinginan memenuhi kebutuhan mewah juga dipengaruhi oleh lingkungan. Orang yang bertempat tinggal di lingkungan orang kaya, biasanya berhasrat atau ingin memiliki barang-barang seperti yang dimiliki orang-orang di lingkungannya.

Penggolongan kebutuhan menurut tingkatan tersebut bersifat relatif. Semua itu tergantung pendapatan, tingkat pendidikan masyarakat, dan lingkungannya. Bagi orang-orang kaya yang tinggal di kota, barang-barang seperti televisi, mobil. AC merupakan barang-barang sekunder. Akan tetapi bagi masyarakat pedesaan barang-barang itu tergolong mewah.

#2 Menurut Waktu


a. Kebutuhan Sekarang


Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang diperlukan pada saat sekarang, misalnya makan, pakaian, dan kesehatan. Barang-barang itu diperlukan sehari-hari.

b. Kebutuhan Masa Depan


Kebutuhan masa depan artinya persiapan-persiapan atau persediaan-persediaan yang dilakukan untuk menghadapi kebutuhan pada waktu yang akan datang. Misalnya, pembelian padi oleh pemerintah pada musim panen untuk menghadapi musim paceklik, dan tabungan yang dilakukan untuk menghadapi kemungkinan kesulitan di masa mendatang.

c. Kebutuhan yang Tidak Tentu Waktunya


Jenis kebutuhan ini disebabkan sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba atau tidak disengaja yang sifatnya insidentil atau kadang-kadang. Misalnya, kebutuhan ke pengacara untuk urusan hukum dan ke psikiater untuk konsultasi kesehatan jiwa.

d. Kebutuhan Sepanjang Waktu


Kebutuhan ini memerlukan waktu yang lama, dan boleh dikatakan sepanjang waktu, misalnya kebutuhan mencari ilmu dan belajar.

#3 Menurut Bentuk dan Sifat Kebutuhan


a. Kebutuhan Jasmani atau Material


Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh jasmani dan merupakan benda berwujud, misalnya makanan, minuman, pakaian, dan rumah.

b. Kebutuhan Rohani atau Spiritual


Kebutuhan ini berhubungan dengan rohani dan sifatnya tidak berwujud, misalnya melihat film, pendidikan, dan agama.

#4 Kebutuhan Menurut Subjeknya


a. Kebutuhan Individu


Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang langsung berhubungan dengan perorangan. Antara orang yang satu dengan yang lain kebutuhannya berbeda, misalnya kebutuhan seorang buruh berlainan dengan kebutuhan seorang manajer.

b. Kebutuhan Kelompok


Kebutuhan kelompok adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersamaan, misalnya siskamling dan tim sepakbola.


EmoticonEmoticon