Friday, May 31, 2019

Kata Bijak Anis Matta tentang Politik, Agama, dan Kehidupan

Tags

Muhammad Anis Matta lahir di Welado, Bone, Sulawesi Selatan pada 7 Desember 1968. Ia merupakan politikus Indonesia dan juga salah satu pendiri Partai Keadilan yang dideklarasikan di Jakarta pada 20 Juli 1998. Setelah pemilihan umum 1999, partai tersebut berubah nama menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada 2 Juli 2003.

Anis menduduki posisi sekretaris jenderal sejak PKS berdiri hingga diangkat oleh Majelis Syuro PKS menjadi presiden partai pada 1 Februari 2013 sampai 10 Agustus 2015.

Kiprah dan pengaruh yang besar dalam PKS menunjukkan bahwa Anis Matta adalah seorang yang memiliki kemampuan dan kontribusi yang besar bagi dunia politik Indonesia. Kata-kata bijak dari Anis Matta dapat Anda pelajari di bawah ini.

quotes anis matta
gambar: @anismatta

Kumpulan Kata Bijak Anis Matta


Karena memiliki background di dunia politik dan keagamaan, kata bijak dari Anis Matta banyak menceritakan tentang hal tersebut, seperti yang terangkum di bawah ini:

Kata Bijak Anis Matta tentang Politik


1. "Demokrasi membutuhkan biaya, bukan buat hura-hura. Tapi untuk membangun sistem yang dapat dipercaya."

2. "Kita perlu membaca lebih dalam berbagai peristiwa di dunia agar Indonesia bisa memainkan peran strategis sebagai salah satu kekuatan utama dunia. Kobarkan semangat Indonesia!!"

3. "Solusi politik bisa lebih cepat tapi tidak solusi ekonomi. Itu yang membuat solusi politik tidak akan berjalan efektif."

4. "Generasi baru, krisis ekonomi, krisis politik, pertarungan geopolitik dua imperium AS vs China, merupakan latar dari semua pergolakan sosial politik di Afrika. Dan rasanya di belahan lain dunia juga."

5. "Yang saya maksud teroris adalah mereka yang menyebarkan teror dan ketakutan dengan cara mengoyak rasa kemanusiaan."

6. "Kemanusiaan adalah tameng kita terhadap kekerasan dan kebencian atas nama apa pun."

7. "Secara global, generasi yang lahir dalam 30 tahun terakhir adalah generasi liberal yang mengenal hanya satu wajah dunia setelah runtuhnya Uni Soviet.. Generasi “Native Democracy” yang mengidentifikasi diri mereka dengan 2 kata: kebebasan dan kesejahteraan.."

8. "Seperti Indonesia, kita ikut mendorong proses demokratisasi di seluruh Dunia Islam. Transisi yang damai tanpa kekerasan. Tidak ada lagi ruang bagi para penguasa tiran dan diktator."

9. "Mimpi tentang “kampung global” dan “manusia tanpa paspor” meredup ketika kepentingan masing-masing negara harus diperjuangkan bahkan dengan cara yang keras."

10. "Kekuatan Indonesia salah satunya ditentukan oleh inovasi dan kepemimpinan para kepala daerah."

11. "Ada harapan dan optimisme di wajah warga yang kita saksikan sepanjang jalan. Begitu politik seharusnya bekerja: mengubah aura kota.. menciptakan musim baru.."

12. "Menjadi orang Indonesia adalah takdir kolektif kita. Semangat pembelaan terhadap orang Indonesia lahir dari semangat pembelaan terhadap takdir kolektif itu."

13. "Ketika kita meningkatkan standar hidup materi masyarakat. Yang sebenarnya kita lakukan adalah mengangkat kesadaraan mereka sebagai makhluk yang terhormat dan bermartabat."

14. Kesejahteraan bukan saja ide tentang pemenuhan standar kebutuhan materi. Tapi juga terutama ide tentang pembebasan manusia dari kehinaan dan kehancuran mental akibat kemiskinan."

Kata Bijak Anis Matta tentang Alam


1. "Perubahan iklim bukan hanya fenomena alam, namun ancaman eksistensial peradaban manusia.. Namun kerja sama antarabangsa dalam isu ini seperti jalan di tempat."

2. "Dunia akan makin sering menghadapi bencana dan cuaca ekstrem akibat perubahan iklim. Ini harus dihitung dalam manajemen risiko setiap negara dan kawasan."

Kata Bijak Anis Matta tentang Ilmu dan Pendidikan


1. "Akal sehat hanya bisa bekerja dalam fitrah yang bersih dan hati yang jujur. Itu membedakannya dari kecerdasan. Banyak orang cerdas sering kehilangan akal sehat, banyak orang berilmu sering sesat."

2. "Setiap satu buku diterbitkan, satu kuntum harapan mekar, bahwa peradaban manusia akan terus bertumbuh.."

3. "Kebanyakan orang berpikir untuk berselancar dalam gelombang. Karena itu lebih gampang. Tapi kerja mereka segera berakhir begitu gelombang reda. Sedikit sekali yang berpikir untuk menciptakan gelombang. Karena itu lebih rumit. Tapi kerja mereka tidak selesai saat gelombang reda. Ada gelombang baru yang akan segera datang."

4. "Ketika masalah yang kita hadapi belum pernah terjadi dalam sejarah, maka yang lebih kita butuhkan adalah imajinasi daripada ingatan masa lalu.."

5. "Para penulis, peneliti, pemikir dan cendekiawan adalah lilin harapan peradaban kita."

6. "Membaca dan menulis merupakan modal penting peradaban yang harus dijaga. Masyarakat harus terus diajak memahami pemikiran yang kompleks."

7. "Kemelimpahan sumber-sumber pembelajaran saat ini memberi kita kemudahan dan kecepatan akses untuk mengetahui dan menguasai banyak ilmu. Tapi, jika kita tidak punya karakter pembelajar otodidak maka nasib kita seperti orang yang hanyut dalam banjir informasi."

8. "Negara besar bernama Indonesia yang sekarang kita huni adalah  hasil pergulatan intelektual otak-otak ensiklopedi itu. Kita berutang budi kepada para pembelajar otodidak itu."

9. "Hidup di bawah penjajahan dan kemiskinan, berjuang dan keluar masuk penjara, mereka juga tidak menikmati kemelimpahan sumber-sumber pembelajaran. Tapi itu tidak menghambat mereka untuk belajar dan berkarya. Mereka tidak diciptakan oleh sistem pendidikan. Mereka membentuk diri mereka sendiri."

10. "Sukarno dan Hamka sama-sama memiliki otak ensiklopedi dan kemampuan inovasi, menguasai banyak ilmu secara mendalam dan memberikan kontribusi besar dalam banyak tema."

11. "Para pembelajar otodidak selalu memberi inspirasi yang dahsyat tentang kemampuan mencapai sesuatu yang tidak terbayangkan sebelumnya. Sukarno dan Hamka adalah model pembelajar otodidak yang sangat menginspirasi dalam sejarah nasional kita."

12. "Memadukan antara otak ensiklopedi dengan kemampuan inovasi adalah ciri utama para penemu dan pendiri ilmu-ilmu baru. Peradaban manusia berkembang pesat bersama orang-orang seperti itu."

13. "Jika kita memikirkan sebuah tema atau masalah secara mendalam, merenunginya secara intens dalam waktu yang lama dengan hati yang jujur dan keinginan kuat untuk menemukan jawaban, maka Allah akan membuka pintu-pintu pengetahuan-Nya dan memberi kita ilham yang deras."

14. "Kearifan lahir dari pengetahuan ketiga: kombinasi antara pengetahuan teoretis dan pengalaman nyata di lapangan."

15. "Akal sehat hanya bisa bekerja dalam fitrah yang bersih dan hati yang jujur. Itu membedakannya dari kecerdasan. Banyak orang cerdas sering kehilangan akal seha.. Banyak orang berilmu sering tersesat."

Kata Bijak Anis Matta tentang Agama


1. "Agama apa pun harus bersikap tegas menolak kekerasan dan kebencian."

2. "Musuh utama Islam bukan sekulerisme tapi kediktatoran. Sekulerisme adalah pilihan ideologi. Tapi kediktatoran menghancurkan martabat manusia dan karenanya juga merupakan musuh kemanusiaan."

3. "Realitas keras itu adalah fitrah kehidupan yang harus disikapi oleh agama. Sepanjang objek dan subjek dari agama adalah manusia. Sisi paling indah dari agama justru terletak pada pandangannya yang utuh tentang manusia, kehidupan dan alamnya."

4. "Pertautan terkuat antara Islam dan demokrasi selanjutnya adalah pada semangat pembelaan dan perlindungan terhadap kebebasan terhadap musuh besarnya: tirani.. Itulah musuh bersama Islam dan demokrasi."

5. "Pernah era ketika Islam dan Nasionalisme dianggap dua identitas yang tidak bisa disatukan. Sekarang era itu sudah lewat."

6. "Jika agama dan negara diintegrasikan maka itu akan menjadi kombinasi antara kekuatan moral dan kekuatan politik; yang satu mengisi dan menumbuhkan kehidupan, yang satu lagi menjaga dan melindunginya."

7. "Agama seharusnya menjadi instrumen perubahan bukan pembenaran atas realitas yang salah. Jika ada benturan antar kelompok agama, itu karena salah satunya menggunakan agama sebagai instrumen perubahan sementara yang lain menjadikannya sebagai instrumen pembenaran."

8. "Salah satu hambatan terbesar manusia dalam beragama adalah ketakutan. Begitu ketakutan hilang, manusia tidak otomatis beragama. Tapi fitrahnya mendapatkan ruang untuk menemukan dirinya."

9. "Pada tema kebebasan itulah Islam dan demokrasi bertemu. Akal manusia jadi bermakna karena ia diberi kebebasan membaca, memahami dan memilih. Iman jadi kuat ketika ia menjadi pilihan akhir dari pergulatan pemikiran orang-orang bebas."

10. "Tidak ada pilihan kecuali bagi mereka yang memiliki kebebasan. Karena agama adalah pilihan maka agama menempatkan kebebasan sebagai nilai tertinggi dalam kehidupan manusia."

11. "Kritik tidak mendekatkannya ke neraka, sanjungan juga tidak membawanya ke surga. Ia berpegang pada nilai. Jatuh bangun dengan caranya sendiri di jalan nilai itu."

12. "Setiap muslim akan menemukan momentum spiritualnya sendiri. Dari akumulasi benturan nilai dan pengalaman hidup yang panjang. Saat itu ia akan berjalan tegap dan mantap menuju Allah dengan keyakinan penuh yang memenuhi seluruh relung hatinya."

Kata Bijak Anis Matta tentang Impian dan Cita-Cita


1. "Jiwa-jiwa yang merdeka selalu berdaya. Selalu punya seribu pilihan jalan menuju cita-citanya. Jiwa-jiwa yang merdeka akan tampak sebagai pemberontak pada mulanya. Tapi kelak akan keluar sebagai pembebas pada akhirnya."

2. "Cita-cita dan pikiran.. Mazhab pemikiran dan pola pendekatan.. Seperti hulu dari sebuah sungai.. Hilirnya bisa kita tahu dari situ."

3. "Hidup yang diwakafkan untuk sebuah cita-cita besar akan membuat cita-cita besar itu hidup dalam kenyataan."

4. "Karakter determinasi mengajarkan kita untuk tidak pernah menyerah dan selalu yakin bahwa cita-cita agung kita pasti bisa dicapai jika kita terus mengejarnya."

5. "Begitu kita melihat realitas hidup kita hari ini. Lalu merasa kecewa dan tidak puas. Itu pertanda sehat. Setiap perubahan besar diawali oleh kegelisahan."

Kata Bijak Anis Matta tentang Amal dan Perbuatan


1. "Karena sifat medan amal yang keras itulah ulama-ulama kita menganggap jihad politik dan ekonomi sebagai bentuk ibadah terbaik."

2. "Kalau suatu saat kita melakukan kezaliman, tapi tidak segera mendapatkan balasannya, berhati-hatilah. Mungkin Allah sedang mengakumulasinya lalu meledakkan balasannya di saat yang tidak kita duga."

3. "Kalau suatu saat kita melakukan kebaikan, tapi tidak segera mendapatkan hasilnya,
bersabarlah. Mungkin Allah sedang mengakumulasinya lalu memberi tumpukan balasannya di saat yang tepat."

4. "Nilai kita terletak pada apa yang kita tanam. Selebihnya adalah ‘busa’ yang biasa ada pada minuman bersoda. Muncul sebentar lalu hilang seterusnya."

5. "Kalau suatu saat ada pencapaian yang tidak kita rencanakan. Mungkin kita perlu hati-hati. Boleh jadi itu jebakan, atau kebaikan yang mengalir dari tempat lain, yang suatu saat harus kita kembalikan kepada pemiliknya."

6. Kalau suatu saat kita memakan buah dari pohon yang ditanam orang lain, kita perlu hati-hati.. Mungkin beracun, mungkin juga harus dibayar di saat yang lain.."

7. "Pembunuhan karakter tidak akan pernah relevan bagi mereka yang bicara dengan amalnya."

8. "Begitu kita menengok ke belakang dan mengenang kembali semua peristiwa yang telah terjadi, kita akhirnya sampai juga pada kesadaran bahwa semua yang telah terjadi memang harus terjadi dengan cara ia terjadi."

Kata Bijak Anis Matta tentang Harta dan Kekuasaan


1. "Sumber keseimbangan dan keteraturan sosial kita justru terletak pada hadirnya orang kuat yang amanah, wara’ dan dermawan di pusaran kuasa dan harta. Agar fungsi distribusinya berjalan sesuai misi sosialnya."

2. "Serakah mendorong manusia melakukan apa saja untuk mendapatkan kuasa dan harta. Pelit mendorongnya melakukan apa saja untuk mempertahankan kuasa dan harta. Karena itu drama di sekitar kuasa dan harta selalu merupakan drama tentang keserakahan, dendam dan angkara murka serta fitnah dan dengki. Itu yang membuat banyak orang shaleh yang naif menjauhinya dan itulah kesalahannya."

3. Kuasa yang baik adalah yang berada di tangan orang yang kuat dan amanah. Harta yang baik adalah yang mengalir di tangan orang-orang shaleh. Itulah kaedah dasar Islam untuk menciptakan keseimbangan sosial dan keteraturan dalam kehidupan manusia."

4. "Kuasa dan harta punya dimensi sosial dengan efek pengganda yang dahsyat. Ia mempengaruhi jalannya kehidupan manusia secara keseluruhan dan di pusaran itu pula seluruh cerita konflik dan damainya bermuara."

5. "Masalah kuasa dan harta akan menjadi sederhana seandainya ia hanya punya sisi individual. Kenyataannya, justru sisi sosialnya jauh lebih kompleks. Dalam kompleksitas itulah Islam meletakkan sentuhannya yang indah.

6. "Harta dan kuasa adalah batu tasbih dalam perjalanan panjang menuju Allah. Sama sekali tidak berhubungan dengan pemuliaan atau penghinaan dari Allah kepada manusia. Kita tetap bisa bertasbih kepada Allah dengan jari tangan seandainya kita tidak memilikinya."

7. "Persepsi tentang relasi harta dan kuasa dengan pemuliaan dan penghinaan dari Allah adalah akar dari keangkuhan dan tirani saat seseorang menjadi kaya atau berkuasa. Dan juga akar dari kehancuran mental dan kesiapan untuk dijajah dan diperbudak."

8. "Persepsi manusia tentang kuasa atau harta mempengaruhi persepsinya tentang dirinya. Jika ia menganggap kuasa dan harta adalah ‘pemuliaan’ dari Allah maka itu akan menjadi sumber kehormatannya di mata manusia."

Kata Bijak Anis Matta tentang Hijrah


1. "Pelajaran abadi dari peristiwa Hijrah adalah tentang shifting dan transformasi yang tidak boleh berhenti.."

2. "Hijrah adalah tentang determinasi dalam pencapaian cita-cita agung bahwa kita tidak boleh berhenti bergerak dan melompat dalam semua situasi.. sesulit apapun situasi itu."

3. "Hijrah adalah pilihan dan ketetapan hati untuk mengejar dan mewujudkan cita-cita. Ketika  pencapaian cita-cita agung tidak bisa dilakukan di suatu tempat atau situasi, itu bukan pembenaran untuk berhenti berusaha."

4. "Hijrah adalah tentang lompatan dalam perjalanan hidup. Baik di level individu, organisasi maupun bangsa."

Kata Bijak Anis Matta Berbagai Tema


1. "Salah satu tanda kemerdekaan jiwa dan kedewasaan iman seseorang adalah ia tidak terpengaruh dengan kritik dan sanjungan manusia kepadanya."

2. "Letakkan nilai di atas manusia dan belajarlah memahami proses jatuh bangun manusia di jalan nilai itu secara adil."

3. "Mengagumi atau membenci seseorang bukanlah tabiat hati dan akal yang merdeka dan dewasa. Itu tabiat mengkerdilkan diri sendiri. Tabiat yang menjerumuskan pada pensucian makhluk atau gampang memfitnah."

4. "Semua rasa yang bertebaran dalam hati akan menampakkan diri dalam mata dan wajah kita. Hati yang kelam terlihat juga dalam tatapan mata, intonasi suara dan rona wajah. Begitu juga sebaliknya."

5. "Siapa yang firasatnya tentang dirinya jujur dan benar, maka firasatnya tentang orang lain juga akan jujur dan benar. Begitu ulama kita dahulu mengajari kita tentang makna memahami diri sendiri dan orang lain."

6. "Jika suatu saat hidup kita hancur berantakan. Lalu kita mengalami disorientasi dan merasa berjalan entah kemana. Kembalilah ke kaidah sebab kehancuran itu: kelalaian-hawa nafsu-kehancuran."

7. "Keadilan Allah adalah sebab utama keberlangsungan tatanan alam raya dan kehidupan manusia di bumi. Dari situ juga lahir kaidah ini; -Tdk ada kezaliman manusia atas makhluk lain yang tidak dibalas Allah di dunia sebelum akhirat-."

8. "Tantangan paling berat dalam menerapkan keadilan adalah keadilan pada diri sendiri. Karena musuh terbesarnya ada dalam diri kita. Namanya keangkuhan yang biasanya dibentuk oleh akumulasi semua elemen kekuatan seperti ilmu, harta dan kuasa. Dari keangkuhan itulah lahir tirani dan kezaliman."

9. "Keadilan adalah nilai tertinggi dalam Islam. Itu sifat utama Allah dalam memberlakukan takdir-Nya, dan syarat penentu utama keseimbangan dan keberlangsungan semua sistem sosial, ekonomi dan politik dalam sejarah manusia. Nilai itu juga menentukan panjang pendeknya umur sebuah peradaban.

10. "Peta imajinasi dan peta geografi adalah dua peta yang dalam sejarah peradaban-peradaban besar sering hanya dipisahkan oleh sebuah jembatan bernama waktu. Besar kecilnya jembatan itu selalu ditentukan oleh tekad dan determinasi."

11. "Jauh sebelum sebuah peradaban runtuh, bangsa-bangsa dalam zona peradaban itu biasanya mengkonsumsi pikiran-pikiran usang yang kelak melumpuhkan kreativitas dan akhirnya mematikan mereka."

12. "Kita tidak akan pernah bisa tenang dan bahagia kalau keridhaan kita pada diri sendiri bersumber dari keridhaan orang lain pada kita."

Semoga kumpulan kata bijak atau quotes dari Anis Matta di atas dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi kehidupan kita semua, amieenn....

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon