Monday, April 15, 2019

Infeksi Virus Yang Tidak Memerlukan Antibiotik


ydhartono.com Sebagai seorang perawat saya sudah tidak asing dengan penggunaan antibiotik. Saya juga mendapatkan beberapa orang tidak menggunakan antibiotik dengan benar, seperti tidak menghabiskan antibiotik yang diresepkan dokter atau meminum antibiotik yang tidak sesuai dengan penyakitnya.

Antibiotik harus digunakan sesuai resep dokter. Apabila menggunakan tanpa resep akan menyebabkan resistensi antimikroba yang menyebabkan masalah kesehatan. Namun kenyataannya banyak masyarakat yang mengkonsumsi antibiotik tanpa resep dokter. Terdapat 86,10% masyarakat di Indonesia mendapatkan antibiotik tanpa resep dokter, dan 10% menyimpan antibiotik di rumah.

Tahukah Anda jika Antibiotik adalah obat untuk mematikan atau menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Bukan mematikan virus atau jamur. Sayangnya, banyak masyarakat yang meminum antibiotik ketika sakit ringan seperti batuk pilek dan diare. Padahal batuk pilek bukan disebabkan oleh bakteri tapi oleh virus lho.

Batuk pilek merupakan cara tubuh untuk melindungi paru-paru dari penumpukan lendir. Muntah dan diare pun juga merupakan cara tubuh untuk membuang zat-zat beracun dari perut.

Cara mengendalikan resistensi antimikroba


Resistensi antimikroba sangat erat kaitannya dengan penggunaan antibiotik yang tidak tepat. Hal ini bisa terjadi karena memang masih banyak masyarakat yang tidak memahami bagaimana cara penggunaan antibiotik yang benar. Untuk menghindari resistensi antimikroba Anda dapat melakukan hal berikut ini:
  1. Minum sesuai dosis
  2. Minum dengan cara yang benar
  3. Minumlah sesuai petunjuk
  4. Waspada efek samping
  5. Sesuai Indikasi

Infeksi virus yang tidak memerlukan antibiotik


Tidak semua penyakit memerlukan antibiotik, namun informasi yang berkembang di masyarakat adalah meminum antibiotik cepat sembuh, padahal informasi itu tidak sepenuhnya benar karena beberapa penyakit tidak ada hubungannya dengan penggunaan antibiotik.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang tidak memerlukan antibiotik:

  1. Batuk pilek tanpa sesak
  2. Influenza
  3. Cacar air, gondongan, campak
  4. Luka kecil
  5. Demam berdarah
  6. Diare cair tanpa darah
  7. Hepatitis

Bagaimana? Apakah Anda selama ini mengkonsumsi antibiotik tidak sesuai dengan indikasinya? Jangan lakukan itu karena akan menimbulkan resistensi antimikroba. Untuk itu gunakan antibiotik dengan tepat sesuai dengan yang diresepkan dokter.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon