Rabu, 06 Februari 2019

Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

Mungkin Anda akan bertanya, Apakah orang pandai mempunyai ingatan yang lebih baik? Orang yang memiliki IQ tinggi biasanya mempunyai ingatan yang bagus. Tetapi ada beberapa orang dengan ingatan sempurna yang tampak terbelakang dalam hal intelektual. Beberapa kasus ditemukan bahwa ada orang lemah mental yang mempunyai ingatan akurat dalam hal tertentu.

Ingatan superior bagi kebanyakan orang merupakan faktor keturunan. Sebagai contoh, semua master catur -yang bisa mengingat langkah-langkah yang dimainkan dahulu kala sebaik setiap gerakan dalam permainan yang baru saja terjadi- dilahirkan dengan IQ tinggi. Meskipun faktor keturunan menentukan IQ seseorang, yang meningkatkan efisiensi intelek adalah usaha dan latihan.

Ingatan memang merupakan salah satu balok pembangun intelegensi. Dan ingatan juga merupakan komponen belajar yang vital. Kemampuan mengungkapkan diri dengan tepat dan lancar tergantung pada banyaknya perbendaharaan kata Anda. Semakin baik ingatan Anda, semakin mudah Anda mempelajari kata-kata baru dan mengaksesnya saat ingin menggunakannya.

Meskipun ada ingatan superior yang didapat dari lahir, dengan sedikit latihan dan usaha, Anda bisa membuat perubahan dengan mencapai potensi penuh Anda.

Beberapa mitos tentang intelegensi bertahan sampai sekarang. Salah satunya adalah bahwa otak kita tumbuh dengan cepat dalam tahun-tahun pertama kehidupan dan kemudian mulai mengalami penurunan bertahap seiring dengan semakin bertambahnya usia.

Kini para peneliti menunjukkan bahwa saraf kita, termasuk otak, terus berkembang jika kita menstimulasinya dengan tantangan. Otak dirancang untuk bereaksi terhadap dorongan dan akan mengembang kemampuannya untuk menjawab tantangan baru. Hal ini sudah terbukti dalam penelitian laboratorium. Struktur kortek serebral tetap lentur seumur hidup organisme yang sehat.

Jika mau memaksimalkan potensi intelek atau IQ, Anda hanya membuatnya tetap fit dan aktif dengan kegiatan yang merangsang kerja otak dalam pekerjaan, dan juga kegiatan yang menstimulasi kegiatan rekreasi seperti permainan kartu, teka-teki silang, kelompok diskusi, klub buku, dan rasa ingin tahu tentang dunia di sekitar Anda.

Latihan Meningkatkan Kemampuan Otak


Buku tentang permainan atau teka-teki silang akan membantu sirkuit otak Anda tetap terbuka dan intelektual Anda tetap aktif. Inilah latihan meningkatkan kemampuan otak.

Latihan #1
Cari huruf yang tidak diperlukan dan, saat mencoretnya , Anda akan menemukan sebuah kata yang Anda kenali yang sedikitnya terdiri atas tujuh huruf:

  1. I R N E C T S I E L N E T M E I S A O N → RETENTION
  2. J A I F N S V E N I E L T G S O N H E T 
  3. A N M N L E R M R E O N I C T

Latihan #2
Apa persamaan kata-kata berikut ini: deft, burst, hijinks, nope, stupor, dan coughing?

Jawab: Masing-masing mengandung tiga abjad yang berurutan dalam alfabet: deft, burst, hijinks, nope, stupor, dan coughing

Latihan #3
Jika Anda membuat daftar semua angka mulai 1 sampai 80, berapa kali angka "7" akan muncul?

Jawab: Ada 18 angka tujuh: 7, 17, 27, 37, 47, 57, 67, 70, 71, 72, 73, 74, 75, 76, 77, 78, 79.


Latihan #4
Latihan sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari di rumah adalah membaca koran -terbalik. Selain melatih ketajaman penglihatan, Anda juga mengerahkan ingatan Anda pada kosa kata yang Anda miliki saat berusaha memahami beberapa huruf pertama.

Latihan #5
Buat permainan anagram Anda sendiri. Setiap hari, pikirkan sebuah kata yang akan berubah menjadi kata baru kalau letak hurufnya diubah, sebagai contoh, rapi/ipar; ruas/arus; lupa/palu.

Sumber: "Buku Permainan Mental untuk Mempertajam Pikiran dan Ingatan dengan Mudah"


EmoticonEmoticon