Thursday, December 20, 2018

Khasiat Rempah Bagi Kesehatan yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Tags

Khasiat Rempah Bagi Kesehatan

Sejak jaman dahulu Indonesia sudah terkenal sebagai negara penghasil berbagai macam rempah yang sangat dibutuhkan bangsa Eropa. Rempah ini juga yang menjadi tujuan  utama Belanda menjajah Indonesia hingga tiga setengah abad.

Melimpahnya hasil rempah Indonesia membuat banyak masyarakat masak dengan beraneka ragam rempah. Oleh karena itu, rempah menjadi andalan dalam berbagai masakan di Indonesia. Seperti masakan padang yang terkenal enak dan disukai banyak masyarakat karena banyak menggunakan bumbu rempah.

Macam-Macam Tanaman Rempah


Rempah adalah tanaman tropis yang tumbuh subur di wilayah Indonesia. Dengan kemajuan teknologi saat ini pemakaian rempah sudah semakin luas. Bukan hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja, kini rempah sudah banyak digunakan oleh industri farmasi, kosmetik, parfum dan industri pangan seperti pengolahan ikan dan daging.

Rempah berasal dari berbagai macam tanaman, seperti buah, bunga, kulit batang, umbi, rimpang dan daun. Tanaman rempah yang banyak ditanam di Indonesia adalah kunyit, jahe, kencur, cengkeh, temulawak, merica, cabe, kayu manis, ketumbar, jinten, kapulaga, pala, sereh, dan kayu secang.

Penggunaan Rempah Sebagai Bumbu


Bumbu adalah bahan yang mengandung satu atau lebih jenis rempah yang ditambahkan ke dalam bahan makanan pada saat makanan tersebut diolah dengan tujuan untuk memperbaiki rasa, aroma, tekstur, dan tampilan makanan.

Setiap bahan bumbu memiliki rasa, aroma, warna dan tampilan yang berbeda-beda, sehingga perpaduan satu sama lain memberikan sensasi baru, yang meningkatkan selera, daya tarik, dan identitas tersendiri terhadap produk yang dihasilkan.

Rempah secara alami mengandung banyak komponen aktif yang memiliki peran besar dalam menciptakan rasa suatu produk. Rempah juga mengandung zat antibakteri, antioksidan, antikapang, antikhamir, antiseptik, juga antibiotik, semua itu memiliki peranan yang sangat besar untuk membuat bumbu menjadi awet dan tahan disimpan.

Rempah Banyak Mengandung Antioksidan 


Rempah dipercaya mengandung banyak antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan pada tanamanan pada umumnya berupa senyawa fenol, yang merupakan senyawa antioksidan paling efektif. Selain fenol rempah juga mengandung senyawa antioksidan lainnya seperti amin dam asam organik.

Contoh rempah yang mengandung antioksidan adalah komponen bioaktif berupa fenol pada sereh yaitu sitral dan geraniol, pada jahe yaitu zingiberen, gingerol, curcumin, filandren. Radikal bebas yang ada dalam tubuh dapat merusak sel dan menimbulkan berbagai penyakit. Jadi mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan sangat penting sekali bagi kesehatan, seperti mengkonsumsi rempah-rempah.

Rempah Sebagai Pangan Fungsional


Pangan fungsional adalah makanan yang berpengaruh positif terhadap kesehatan dan kebugaran, juga penampilan jasmani dan rohani seseorang. Pangan fungsional sangat populer karena adanya suatu keyakinan bahwa dalam makanan tersebut terdapat zat gizi dan non gizi yang sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Fungsi fisiologis yang terdapat pada pangan fungsional antara lain:
  • Menyegarkan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kolesterol
  • Menaikan penyerapan kalsium,
  • Menambah gairah seksual
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Meningkatkan stamina

Banyak daerah di Indonesia yang memiliki pangan fungsional dari rempah seperti wedang jahe, beras kencur, kunir asem, wedang secang, wedang ronde, bandrek dan skuteng.

Makanan fungsional dapat dikonsumsi tanpa takaran saji, tetapi dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu memasukkan pangan fungsional ke dalam menu sehari-hari sangat baik dan tepat. Pangan fungsional dapat dikonsumsi oleh semua umur kecuali balita. 

Beberapa Manfaat Rempah Lainnya


Rempah banyak mengandung gizi, jadi penggunaan rempah pada makanan bukan hanya meningkatkan rasa, tetapi juga meningkatkan nilai gizi pada makanan. Rempah banyak mengandung vitamin C dan B, dan juga berbagai mineral seperti kalsium, kalium, natrium dan fosfor.

Berikut ini adalah manfaat dari rempah-rempah untuk kesehatan:
  • Antioksidan
  • Penurun kadar gula darah pada penderita diabetes
  • Penurun tekanan darah
  • Meningkatkan imun tubuh
  • Antiperadangan, antialergi, antikanker
  • Melancarkan kencing
  • Mengencerkan dahak
  • Menimbulkan rangsangan dan kekuatan seksual
  • Antimikroba
  • Antithrombotik (penggumpalan darah)

Berkembangnya teknologi dan ilmu obat herbal membuat lebih banyak khasiat rempah yang ditemukan. Manfaat rempah tergantung dari jenis rempahnya, beda jenis beda khasiat. Itulah penjelasan singkat mengenai manfaat rempah untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya akan dibahas manfaat sesuai dengan jenis rempahnya.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon