Friday, September 28, 2018

Makanan Yang Dilarang Untuk Penyakit Asma

Makanan Yang Dilarang Untuk Penyakit Asma

Sebelum membahas mengenai makanan apa saya yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asma saya akan mengulas sedikit tentang asma.

Asma adalah gangguan inflamasi kronik saluran napas yang melibatkan banyak sel dan elemennya. Inflamasi kronik menyebabkan peningkatan hiperesponsif jalan napas yang menimbulkan gejala episodik berulang berupa mengi, sesak napas, dada terasa berat dan batuk-batuk terutama malam dan atau dini hari. Episodik tersebut berhubungan dengan obstruksi jalan napas yang luas, bervariasi dan seringkali  bersifat reversibel dengan atau tanpa pengobatan. (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia).

Dari definisi di atas dapat diketahui bahwa orang yang menderita asma biasanya akan merasakan sesak, dada terasa berat, dan juga terdapat mengi yang terjadi pada malam atau dini hari. Jika Anda mengalami gejala seperti di atas sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan penyakitnya.

Orang yang menderita asma selain mendapatkan pengobatan yang tepat ada hal lainnya yang sangat penting, yaitu menghindari faktor pencetus terjadinya serangan asma. Faktor yang dapat menyebabkan terjadinya serangan asma sangat banyak, dan salah satunya adalah makanan. Untuk itu menjaga makanan pada penderita asma menjadi sangat penting.

Berikut ini adalah makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita asma:
  • Makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan pemanis.
  • Minyak curah.
  • Makanan yang mengandung MSG.
  • Buah-buahan yang bergetah seperti: duku, sawo dan nangka.
  • Buah durian, nanas, anggur, kelengkeng dan rambutan.

Itulah daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita asma.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon