Friday, September 28, 2018

Berapa Biaya USG Kehamilan Obgin 3D di Rumah Sakit ?

Banyak ibu hamil yang ingin mengetahui kondisi kandungan dengan berkonsultasi ke dokter Obgin dam melakukan pemeriksaan USG 3D. Bagi Anda yang belum pernah melakukan USG kehamilan pasti bertanya-tanya berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Sebelum membahas mengenai biaya USG Kehamilan 3D, saya akan memberikan informasi apa itu USG? apa manfaatnya? apa tujuannya?

Apa itu USG ?


Ultrasonography atau USG adalah alat yang mempunyai prinsip dasar menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga kita. USG digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, struktur, dan luka patologi, yang sangat berguna untuk memeriksa organ. Dengan USG pemeriksaan organ-organ tubuh dapat dilakukan dengan aman (tidak ada Efek radiasi). Jadi pemeriksaan kehamilan menggunakan alat USG tidak ada efeknya negatifnya kepada bayi yang dikandung.

Manfaat USG untuk kehamilan


USG sangat bermanfaat sekali untuk memeriksa kehamilan, oleh karena itu banyak dokter spesialis kandungan menggunakan alat ini. Berikut ini adalah manfaat pemeriksaan USG pada ibu hamil.
  1. Konfirmasi kehamilan
  2. Mengetahui usia kehamilan
  3. Memeriksa pertumbuhan dan perkembangan janin
  4. Menilai ancaman keguguran
  5. Mengetahui plasenta bermasalah
  6. Mengetahui hamil ganda/kembar
  7. Memeriksa ukuran cairan ketuban
  8. Mengetahui kelainan posisi janin
  9. Mengetahui jenis kelamin bayi

Wajar saja jika banyak ibu hamil yang ingin memeriksakan kehamilan dengan cara USG karena dengan alat tersebut banyak hal yang bisa diperiksa. Salah satu ibu hamil yang memeriksakan kandungan dengan USG di dokter spesialis kandungan adalah istri saya. Ketika memeriksakan kehamilan dengan USG diketahui bahwa "Cairan ketuban" tinggal sedikit, sehingga dengan hasil tersebut dokter dapat mengambil keputusan yang tepat untuk kesehatan ibu dan anaknya.

Berapa biaya USG kehamilan ?



Berdasarkan kwitansi pemeriksaan USG kehamilan 3D di atas diketahui bahwa biayanya adalah Rp 150.000,- untuk sekali pemeriksaan. Tarif USG kehamilan untuk setiap rumah sakit mungkin berbeda-beda, itu tergantung kebijakan rumah sakit. Namun harga di atas dapat dijadikan referensi untuk ibu-ibu yang ingin mengetahui biaya USG kehamilan.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon