Tuesday, August 14, 2018

Kata Mutiara Tentang Pendidikan Dari Tokoh Dunia

Kata Mutiara Tentang Pendidikan Dari Tokoh Dunia

Apakah pendidikan itu penting?


Pertanyaan di atas sudah sering kali kita dengar di berbagai diskusi, media sosial, televisi, dan buku-buku. Pertanyaan seperti ini akan selalu ada karena sudah menjadi sifat manusia untuk bertanya dan juga berdalih tentang apapun yang diragukannya. Pertanyaan seperti ini semakin populer ketika banyak orang-orang sukses yang nyatanya tidak memiliki pendidikan tinggi seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Untuk menjawab jawaban di atas, saya akan memberikan quote dari tokoh-tokoh dunia dan Indonesia bagaimana menyikapi pendidikan. Saya harap dengan tulisan ini, kita semua mendapatkan pemahaman yang benar mengenai pentingnya pendidikan.

1. "Seorang wanita yang menolak pendidikan berarti menolak kesetaraan." - Barack Obama


Pendidikan bagi seorang wanita adalah penting, dulu seorang wanita hanya dianggap sebelah mata. Namun saat ini sudah tidak seperti itu, hal utama yang membedakan adalah pendidikan. Dulu sangat jarang sekali, seorang wanita menjadi pemimpin daerah, seperti bupati atau gubernur. Namun saat ini banyak wanita yang menjadi bupati, gubernur, bahkan menteri.

Salah satu alasan mengapa wanita-wanita tersebut terpilih menjadi pemimpin daerah adalah pendidikannya, pendidikan di sini bukan hanya pendidikan formal, tetapi juga pendidikan non formal. Salah satu contoh adalah menteri Susi, beliau hanya lulusan SMP. Walaupun hanya lulusan SMP beliau tetap diangkat menjadi menteri kelautan, jika yang dilihat pendidikan formalnya, menteri Susi sangat jauh dari layak untuk menjadi menteri, bahkan untuk mendaftar sebagai pekerja kantoran biasa pun pendidikan tersebut tidak bisa.

Satu-satunya alasan mengapa diangkat menjadi menteri kelautan adalah wawasannya, keahliannya, pengetahuannya yang besar di bidang kelautan. Kalau bukan dari pendidikan dari mana beliau mendapatkan semua kelebihan tersebut, beliau belajar sendiri melalui pengalaman sehari-hari, dari setiap rintangan dan kegagalan beliau berkecimpung di dunia kelautan hingga sukses.

Pendidikan sangat penting bagi kita semua, entah itu pendidikan di sekolah atau pun pendidikan di luar sekolah. Dengan belajar seseorang akan memiliki derajat yang tinggi. Maka tidak salah jika Barack Obama mengatakan bahwa, "Seorang wanita yang menolak pendidikan berarti menolak kesetaraan."

2. "Pendidikan formal akan membuat kamu bertahan hidup, pendidikan sendiri akan membuat kaya raya." - Jim Rohn


Jim Rohn adalah salah satu motivator dan pelatih pengembaran diri dan bisnis yang sangat terkenal di dunia. Beliau mempunyai banyak sekali pengalaman yang berkaitan dengan pendidikan, karena pendidikan merupakan bidang utama yang digelutinya.

Jim Rohn mengatakan pendidikan formal akan membuat bertahan hidup, ini sangat benar sekali. Lihat saja kenyataan yang sering kita lihat di koran atau di website lowongan kerja. Salah satu syarat yang paling utama adalah pendidikan formal, seperti lulusan D3, S1 atau S2. Tentu saja, orang yang memiliki pendidikan SMP akan sulit mendapatkan kerja dibandingkan orang yang berpendidikan D3. Inilah pentingnya pendidikan formal untuk bertahan hidup.

Namun, Jim Rohn mengatakan ada pendidikan lain yang lebih penting, yaitu pendidikan diri sendiri. Seseorang selain belajar secara formal, seharusnya belajar pendidikan sendiri. Kisah sukses seseorang yang belajar melalui pendidikan sendiri adalah menteri Susi seperti contoh di atas.

Kemampuan setiap orang berbeda-beda, dalam belajar pun akan memperoleh ilmu yang berbeda jumlahnya sesuai dengan kemampuan otaknya. Oleh karena itu entah itu pendidikan formal atau pendidikan sendiri, sangat penting bagi kehidupan manusia.

3. "Memiliki akal sehat tanpa pendidikan ribuan kali lebih baik daripada berpendidikan tanpa akal sehat." - Robert Green Ingersoll


Selain ilmu tentu saja ada akal sehat yang menyertainya, bagaimana jika orang yang memiliki ilmu sangat tinggi tetapi tidak memiliki akal sehat. Sebagai contoh, ada orang yang berpendidikan tinggi dan kemudian memiliki posisi dalam pemerintahan, jika orang tersebut tidak memiliki akal sehat ia akan menyalahgunakan pendidikan dan posisinya untuk melakukan hal yang tidak baik dan melanggar hukum.

Salah satu contoh nyata dari kisah ini adalah Koruptor di Indonesia. Mereka memiliki pendidikan dan ilmu yang tinggi, tetapi mereka tidak menggunakan akal sehatnya sehingga mengambil uang rakyat yang bukan hak nya.

4. "Pendidikan adalah apa yang tersisa setelah melupakan semua yang dia pelajari di sekolah." - Albert Einstein


Dalam hal ini Einstein ingin menegaskan bahwa ada pendidikan yang lebih penting selain sekolah dan itu adalah pendidikan di luar sekolah. Itu mengapa banyak orang sukses dan kaya walau pun mereka tidak memiliki pendidikan formal yang tinggi.

Pendidikan apa saja yang tidak dipelajari di sekolah, sebagian besar pendidikan yang sangat penting tidak dipelajari di sekolah. Misalnya pelajaran bagaimana membahagiakan, menghormati, dan bersikap kepada orang tua. Pelajaran di luar sekolah lebih banyak berkaitan dengan bagaimana kita membuat keputusan hidup, untuk apa kita hidup, sedangkan pendidikan di sekolah lebih banyak mempelajari pengetahuan umum saja. 

5. "Tujuan pendidikan adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan banyaknya kebenaran." - John F. Kennedy


Faktanya memang demikian, negara dengan orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi baik itu pendidikan formal maupun informal ilmu pengetahuannya lebih maju dari negara lainnya. Sebagai contoh, negara Jepang.

Namun tetap saja, perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat akan menimbulkan dampak yang positif dan dampak negatif, ini adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, mengapa pendidikan yang disertai akal sehat itu sangat penting.

6. "Tidak selamanya latar belakang pendidikan menentukan karir kita ke depan, terkecuali untuk karir di bidang pendidikan." - Bob sadino


Bob Sadino sangat terkenal di Indonesia, dia membuat julukan untuk dirinya sendiri sebagai orang goblok. Walaupun mengklaim dirinya goblok, tetapi Bob sadino adalah orang yang sukses. Memang jika dilihat dengan pendidikan formal, Bob sadino adalah orang Goblok, Namun jika diperhatikan lebih jauh, Bob Sadino adalah orang yang pandai.

Dia pandai jualan, dia pandai menawarkan barang ke konsumen. Untuk itu, mengapa ia sukses, karena ia adalah orang yang pandai walau pun tidak menempuh pendidikan secara formal. Semua ilmu ia dapatkan bukan dari pendidikan sekolah, tetapi dari pendidikan diri sendiri.

7. "Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan, tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan." - Najwa Shihab


Bener sekali, tanpa pendidikan Indonesia akan terjajah kembali oleh negara lain. Apa lagi di era globalisasi dimana setiap orang bisa mengakses informasi dimanapun tanpa batas jarak.

Contoh kecil adalah penuntasan buta huruf, ini adalah hal sederhana, pendidikan membaca sangat penting. Bagaimana masyarakat bisa mengikuti perkembangan jaman tanpa bisa membaca, yang pada akhirnya tidak bisa mengakses teknologi-teknologi terbaru yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup.

8. "Pendidikan adalah ornamen kemakmuran dan sebuah pelindungan dalam kemalangan." - Aristoteles


Kemakmuran itu dekat dengan pendidikan, begitu juga dengan keberuntungan dekat dengan pendidikan. dan sebaliknya kemelaratan itu jauh dari pendidikan, dan kemalangan itu jauh juga dari pendidikan. Jika bodoh kemelaratan dan kesialan akan mengikuti.

Tentu saja dalam hal ini, arti pendidikan bukan hanya pendidikan secara formal seperti pendidikan di sekolah, tetapi juga pendidikan informal yang didapatkan di luar sekolah.

9. "Kejeniusan tanpa pendidikan adalah ibarat perak di dalam tambang." - Benjamin Franklin


Yah.. seberapapun jeniusnya Anda, tanpa pendidikan itu adalah tong kosong. Kita semua harus belajar entah jenius atau tidak jenius. Karena dalam proses belajar kita akan menemukan hal-hal baru yang akan merangsang kreativitas dan penciptaan.

Yang membedakan antara jenius dan tidak jenius adalah kemampuan dalam belajarnya, tetapi tetap saja mereka semua harus belajar, tanpa belajar mereka tidak mendapatkan apa-apa. Sijenius bisa saja cukup sekali belajar untuk mendapatkan keterampilan baru, sedangkan yang tidak jenius butuh berkali-kali-kali belajar hingga menguasai keterampilan yang baru.

Untuk itu jika Anda mencontoh kesuksesan Bill Gates dari drop out nya, itu tidak lah benar. Bill Gates adalah orang jenius, dia drop out dengan segudang keterampilan yang mumpuni untuk sukses. Sedangkan kita belum tentu memiliki kemampuan yang cukup untuk sukses walaupun sudah lulus pendidikan tinggi, kita masih harus belajar-dan belajar dari mana saja.

Jadi kalau Anda ingin seperti Bill Gates, Anda harus mempunyai kemampuan yang sama seperti Bill Gates. Bukan malah mencontoh drop out nya, contohlah kemampuannya. Yah.. Jika Anda tanpa sekolah bisa memiliki kemampuan seperti Bill Gates tentu saja Anda bisa menjadi Seperti Bill Gates, Namun jika Sekolah saja Anda tidak mampu untuk memiliki kemampuan seperti Bill Gates, jangan sekali-kali berpikir drop out, karena Anda makin tidak mempunyai kemampuan.

10. "Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia." - Nelson Mandela


Siapa yang tidak kenal Nelson Mandela, ia adalah sosok yang menginspirasi banyak orang. Ia telah banyak mengubah dunia dengan apa yang dilakukannya, baik pendidikan formal, maupun pendidikan informal. Kita semua harus belajar dan belajar dari mana saja jika ingin mengubah dunia.

Demikianlah quote pendidikan dari tokoh dunia yang membahas bagaimana pentingnya pendidikan dalam kehidupan ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon