Wednesday, June 20, 2018

Tips Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur

Tips Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur

Ada sebagian anak yang tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur, padahal makanan tersebut sangat dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh kembangnya. Buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan mineral

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan RI masyarakat Indonesia masih sedikit mengkonsumsi buah dan sayur, 63,3% anak lebih dari 10 tahun tidak mengkonsumsi sayuran dan 62,1% tidak mengonsumsi buah-buahan. Cukup disayangkan, padahal di Indonesia sayuran dan buah sangat banyak macam dan jumlahnya.

Sayuran selain sebagai sumber vitamin dan mineral juga sangat bermanfaat sebagai sumber serat dan senyawa bioaktif yang berfungsi sebagai antioksidan terutama buah yang berwarna hitam, ungu dan merah.

Buah dan sayur begitu banyak manfaat, namun banyak anak yang tidak menyukainya. Sebagai orang tua tentunya harus berupaya dengan berbagai cara agar anak mau mengkonsumsi buah dan sayur. Bila anak masih tetap tidak mau makan buah dan sayur, coba terapkan tips berikut ini.

Tips Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur


1. Sajikan buah dengan potongan yang menarik

Hidangkan potongan buah dengan bentuk unik sehingga menarik perhatian anak.

2. Kenalkan buah yang manis terlebih dahulu

Jangan mengenalkan buah-buahan rasa asam, bertekstur keras, atau kurang menarik pada anak. Buah-buahan dengan rasa manis umumnya lebih disukai anak.

3. Modifikasi ke bentuk lain

Sajikan buah dan sayur dalam bentuk yang berbeda. Misalnya, memodifikasi buah-buahan dengan membuat sup buah, puding buah, dan salad. Anda bisa bereksplorasi untuk membuat berbagai resep makanan dari sayur dan buah yang disukai anak.

4. Ajak si kecil berpartisipasi

Mengajak serta anak saat mempersiapkan buah dan sayur agar anak lebih tertarik untuk mencoba memakan buah dan sayur.

5. Sisipkan di bekal makanannya

Konsisten dalam memberikan menu buah dan sayur pada si anak. Sebagai contoh, tambahkan buah ke bekal anak. Hal ini akan membuat anak terbiasa untuk mengkonsumsi buah san sayuran.

6. Perlihatkan dengan tindakan

Agar anak termotivasi untuk makan buah dan sayur sebaiknya orang tua makan buah dan sayur bersama atau di depan anak.

Perlu diperhatikan juga, bahwa anjuran konsumsi sayuran lebih banyak daripada buah karena buah juga mengandung gula. Batasi konsumsi buah yang sangat manis dan rendah serat, karena buah yang sangat manis mengandung glukosa dan fruktosa yang tinggi. Untuk itu sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayur yang bervariasi agar diperoleh beragam sumber vitamin, mineral dan serat.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin E dan Vitamin C yang banyak terdapat pada buah dan sayur sangat bagus untuk melindungi kesehatan jantung dari penyakit jantung koroner. Begitu banyak manfaat sayur dan buah, sudah seharusnya anak-anak mengkonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang banyak.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon