Thursday, June 7, 2018

Bahaya Makan Bekicot ! Mitos atau Fakta ?

Bahaya Makan Bekicot ! Mitos atau Fakta ?

Bekicot adalah sejenis keong dengan tubuh berlendir dan memiliki cangkang untuk tempat berlindung. Hewan ini banyak ditemui di tempat lembab yang ditumbuhi banyak tanaman hijau. Di Indonesia bekicot dianggap hama karena mengakibatkan kerusakan tanaman.

Walaupun judul artikel ini membahas mengenai "Bahaya Makan Bekicot", nyatanya daging bekicot banyak dikonsumsi oleh masyarakat terutama masyarakat di pedesaan.

Jadi, apakah makan bekicot berbahaya ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah informasi kandungan gizi dan konsumsi bekicot dari berbagai dunia.

Di Indonesia sendiri, mengkonsumsi bekicot bukanlah hal yang baru, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. Di sana bekicot sangat mudah ditemukan di sekitar rumah, biasanya bekicot diolah dengan di sate. Di Indonesia bekicot belum diolah menjadi sebuah kuliner yang umum dikonsumsi oleh masyarakat, padahal bekicot bisa dijadikan lauk karena mengandung tinggi protein.

Berbeda dengan konsumsi bekicot di luar negeri, terutama di wilayah Eropa seperti Prancis, Jerman dan Italy. Di sana bekicot diolah sebagai hidangan yang tinggi protein yang lebih dikenal dengan sebutan escargot.

Mengapa bekicot sangat terkenal di Eropa, ternyata daging bekicot memiliki banyak kandungan gizi berupa protein dan asam amino. Kandungan protein dalam 100 gram daging bekicot mencapai 12 gram. Kandungan asam amino esensial pada bekicot meliputi leusin, isoleusin, lisin, metionin, fenilananin, sistin, tirosin, treonin, dan valin.

Selain itu, pada bekicot juga terdapat asam amino non esensial seperti alanin, histidin, arginin, prolen, dan serin. Asam amino adalah bagian dari protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk proses pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh.

Fakta yang lebih menarik adalah kandungan asam amino pada bekicot lebih tinggi dari pada kandungan asam amino dalam protein 1 butir telur.

Wah ternyata daging bekicot banyak mengandung zat gizi yang baik untuk kesehatan. Namun ada beberapa informasi yang beredar di masyarakat bahwa mengkonsumsi bekicot sangat berbahaya bagi tubuh. Jadi bingung nih.! Jadi mana informasi yang benar ?

Bahaya Makan Bekicot


Agar lebih jelas, mari kita pelajari beberapa informasi yang mengatakan bahwa bekicot sangat berbahaya berikut ini.
  • Makan bekicot menyebabkan kerusakan system saluran pencernaan 
  • Mengakibatkan penebaran bakteri salmonella pada system saluran pencernaan
  • Infeksi usus
  • Keracunan
  • Alergi kulit
  • Cacingan pada anak anak
  • Meningitis
  • Masalah ginjal

Menurut saya bahaya bekicot di atas tidak sepenuhnya benar, perlu dilakukan analisa lebih mendalam apakah mengkonsumsi bekicot bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Sebagai contoh, jika bekicot menyebabkan keracunan, kenapa pemerintah tidak melarang konsumsi bekicot, dan kenapa juga bekicot menjadi makanan yang disukai masyarakat Eropa.

Saya sendiri waktu kecil, suka mengkonsumsi bekicot dengan cara di sate. Rasanya enak, teksturnya hampir mirip ampela ayam, walaupun bekicot yang saya sate tidak direbus dahulu, saya tidak mengalami gangguan kesehatan seperti keracunan, infeksi usus, atau gangguan ginjal.

Kesimpulan


Berdasarkan analisa saya pribadi, mengkonsumsi bekicot aman dan tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan selama diolah secara hyigienis. Jadi jangan takut untuk mengkonsumsi daging bekicot, beberapa bahaya daging bekicot yang disebutkan di atas bukan disebabkan karena daging bekicotnya yang berbahaya, tetapi karena pengolahan yang tidak benar.

Semua makanan yang diolah dengan cara tidak benar bisa berbahaya bagi kesehatan, sebagai contoh mengkonsumsi ikan lele, kita semua sudah mengetahui jika ikan lele hidup di tempat yang kotor, di lumpur dan ikan tersebut juga memakan segala macam benda, bahkan memakan bangkai binatang juga. Tetapi ikan lele kok malah laris manis di jadikan hidangan favorit masyarakat Indonesia.

Dibandingkan bekicot sepertinya ikan lele lebih berisiko untuk menimbulkan penyakit, tetapi kenyataannya tidak demikian. Ikan lele, aman dikonsumsi, sudah dibuktikan dengan banyaknya warung pecel lele di pinggir jalan. heee..

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi

2 komentar

Enak daging bekicot ini. Aku pernah makan. Kayak ampela rasanya 😀

Emang enak, dulu waktu kecil sering nyate bekicot.


EmoticonEmoticon