Thursday, May 3, 2018

Sejarah May Day di Indonesia dan Penetapannya Sebagai libur Nasional

hari buruh may day

Apakah Anda tau bahwa 1 Mei adalah hari buruh di Indonesia. Jika belum berikut ini penjelasan mengenai seluk beluk May Day atau Hari Buruh di Indonesia sampai ditetapkannya hari itu sebagai hari libur nasional.

Pada peringatan May Day 1 Mei 2018, pemerintah mengambil tema "May Day Is A Fun Day". Pemerintah mengangkat tema ini untuk mengajak seluruh  stakeholder ketenagakerjaan merayakan hari buruh internasional dengan berbagai kegiatan positif dan riang gembira.

Menaker Hanif Dhakiri juga berkata, "Bagi yang bersepeda atau jalan santai silahkan, boleh. Mau menghabiskan waktu bersama keluarga, boleh. Mau mancing bersama rekan kerja, boleh. Bagi yang mau unjuk rasa, juga boleh asalkan tertib. Pokoknya semua boleh asalkan positif, kondusif dan baik untuk semuanya."

Sejarah May Day di Indonesia


Pada abad ke 19, para pekerja benar-benar diperas keringatnya. Mereka harus bekerja 19-20 jam per harinya. Artinya para pekerja tersebut hanya bisa beristirahat 4 jam dalam sehari.

Mereka menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam dan mengadakan demonstrasi besar besaran pada 1 mei 1886. Angka 8 jam ini diambil berdasarkan pembagian waktu 24 jam sehari menjadi: 8 jam kerja, 8 jam beristirahat, dan 8 jam berekreasi.

Meski melalui perjuangan yang alot, tuntutan pengurangan jam kerja akhirnya dapat dikabulkan. Tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai May Day atau Hari Buruh pada tahun 1889 oleh kongres sosialis Dunia di Paris.

Indonesia telah menetapkan May Day 1 Mei sebagai hari libur nasional melalui Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2013 tanggal 29 Juli 2013. Mulai diberlakukan pada tahun 2014.

Tidak semua negara di dunia menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional lho. 

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon