Friday, April 13, 2018

Apa Fungsi Media Massa? Ini Penjelasannya

Apa Fungsi Media Massa? Ini Penjelasannya

Secara umum, media massa terbagi menjadi beberapa jenis, yakni media massa cetak, media massa elektronik, dan media massa online.

1. Media massa cetak
Adalah media massa yang kontennya dituangkan dalam bentuk tulisan dan dicetak dalam kertas untuk dipublikasikan ke khalayak banyak. Contoh media massa cetak adalah surat kabar (koran), majalah, dan tabloid.

2. Media massa elektronik 
Adalah media massa yang kontennya dituangkan dalam bentuk siaran audio atau audio visual dengan menggunakan teknologi tertentu. Contoh media massa elektronik adalah televisi siaran dan radio siaran.

3. Media massa online
Adalah media yang memfasilitasi komunikasi massa yang kontennya dituangkan dalam berbagai bentuk yakni tulisan, visual, maupun audio-visual. Media ini beroperasi dengan menggunakan internet.

Terkait dengan era konvergensi teknologi, beragam jenis media tersebut dapat dikonvergensikan (digabungkan) satu sama lain sehingga menjadi sebuah media yang terkait satu sama lain. Sebagai contoh televisi siaran yang terkoneksi (terhubung) dengan internet menjadi tv streaming.

Apa fungsi media massa?


Media massa mempunyai beberapa fungsi dalam masyarakat, yaitu fungsi informasi, fungsi kontrol sosial, fungsi edukatif dan fungsi hiburan.

1. Fungsi informasi 
Adalah fungsi media untuk menyediakan dan memperbaharui informasi serta memberi peringatan kepada masyarakat tentang berbagai hal di sekitarnya.

2. Fungsi kontrol sosial
Adalah fungsi media yang menjadi sarana untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan seperti korupsi, kolusi, nepotisme, dll

3. Fungsi edukasi Adalah fungsi media untuk menyebarkan nilai-nilai, ide-ide dari generasi satu ke generasi yang lain yang dapat mendidik masyarakat luas.

4. Fungsi hiburan 
Adalah fungsi media untuk memberikan beragam hiburan bagi khalayaknya.

Fungsi media terus berkembang sejalan dengan berkembangnya media yang digunakan masyarakat. Media online, sebagai salah satu media baru memiliki beragam fungsi yang juga berkembang di masyarakat.

Beberapa fungsi yang berkembang di media online diantaranya fungsi untuk membentuk identitas diri baik yang diakui sebagai identitas yang sebenarnya maupun manipulatif, membentuk beragam komunitas (Maryani, 2011), dan membangun serta mempertahankan hubungan personal jarak jauh (Maryani,2014)

Sumber:
Saatnya Kita Melek Media
KOMINFO

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon