Wednesday, March 28, 2018

Apakah Diabetes Tipe 1 Bisa Disembuhkan ?

Apakah Diabetes Tipe 1 Bisa Disembuhkan ?

Beredarnya informasi yang tidak benar sangat meresahkan masyarakat, salah satu informasi yang banyak di lebih-lebihkan adalah produk herbal. Ada satu produk bisa menyembuhkan segala penyakit, padahal jika dilihat ijin edarnya hanya merupakan produk suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu informasi yang simpang siur adalah pengobatan pada diabetes, ada yang mengatakan diabetes bisa disembuhkan ada juga yang bilang diabetes tidaki bisa disembuhkan. Pernyataan manakah yang benar? Berikut ini penjelasan mengenai "Apakah Diabetes Tipe 1 Bisa Disembuhkan".

Apakah diabetes itu ?


Menurut WHO (World Health Organization), Diabetes melitus didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin.

Menurut ADA (American Diabetes Association), Diabetes melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kinerja insulin atau kedua-duanya.

Dapat diartikan secara sederhana bahwa diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah di atas normal.

Klasifikasi diabetes


1. Diabetes tipe 1

Lebih dari 90% dari sel pankreas yang memproduksi insulin terjadi kerusakan secara permanen. Oleh karena itu, insulin yang diproduksi sedikit atau tidak dapat diproduksikan. Diabetes tipe 1 kebanyakan pada usia dibawah 30 tahun. Para ilmuwan percaya bahwa faktor lingkungan seperti infeksi virus atau faktor gizi dapat menyebabkan penghancuran sel penghasil insulin di pankreas (Merck, 2008).

2. Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 tidak ada kerusakan pada pankreasnya dan dapat terus menghasilkan insulin, bahkan kadang-kadang insulin pada tingkat tinggi dari normal. Akan tetapi, tubuh manusia resisten terhadap efek insulin, sehingga tidak ada insulin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Diabetes tipe ini sering terjadi pada dewasa yang berumur lebih dari 30 tahun dan menjadi lebih umum dengan peningkatan usia. Obesitas menjadi faktor resiko utama pada diabetes tipe 2. Sebanyak 80% sampai 90% dari penderita diabetes tipe 2 mengalami obesitas. Obesitas dapat menyebabkan sensitivitas insulin menurun, maka dari itu orang obesitas memerlukan insulin yang berjumlah sangat besar untuk mendapatkan kadar gula darah normal.

3. Diabetes tipe lain

Diabetes ini banyak jenisnya seperti defek genetik fungsi sel beta, DNA mitokondria, defek genetik kerja insulin, penyakit eksokrin pankreas dan juga penyakit diabetes gestasional.

Apakah diabetes tipe 1 bisa disembuhkan ?


Dari uraian di atas dapat dijelaskan bahwa pada diabetes tipe 1 terjadi kerusana sel pankreas permanen dimana fungsinya adalah memproduksi insulin. Insulin sendiri bertugas untuk menghantar glukosa atau gula ke sel, jika insulin tidak ada atau berjumlah sedikit, maka glukosa tidak akan masuk ke dalam sel dan akan terus berada di aliran darah yang akan mengakibatkan keadaan hiperglikemia.

Kerusakan pankreas permanen berarti tidak dapat kembali normal, dengan kata lain pankreas tidak bisa sembuh berarti diabetes tipe 1 tidak bisa disembuhkan.

Kebenyakan orang mengatakan diabetes tipe 1 sembuh ada beberapa alasan.
  • Orang tersebut tidak tau apakah dia menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2, atau menderita diabetes tipe lain, seperti diabetes gestasional, yaitu diabetes mellitus yang muncul pada masa kehamilan, umumnya bersifat sementara, tetapi merupakan faktor risiko untuk diabetes tipe 2. Tentu saja jika orang tersebut tidak menderita diabetes tipe 1, maka dia bisa sembuh.
  • Orang tersebut kadar gula normal setelah mengkonsumsi obat, sehingga kadar gula normal dan menyatakan bahwa dia sembuh. Sebenarnya itu belum sembuh, karena jika ia tidak mengkonsumsi obat maka kadar gula akan naik lagi. 
Kesimpulannya adalah diabetes tipe 1 secara ilmiah belum bisa disembuhkan, jika ada orang yang mengatakan sembuh dari diabetes tipe 1 kemungkinan dia tidak tau tentang kondisi penyakitnya dan bisa jadi ia mendapatkan informasi yang salah.

Namun sebagai seorang muslim saya tidak akan mengatakan bahwa penyakit diabetes tipe 1 tidak bisa disembuhkan. Sudah jelas dalam hadis shahih Imam Bukhari dikatakan bahwa "Tidaklah Allah turunkan penyakit kecuali Allah turunkan pula obatnya".

Dari hadis di atas sudah jelas bahwa Allah akan menurunkan obatnya, bisa jadi obat tersebut adalah hal-hal baik sederhana yang tidak pernah kita pikirkan, bisa jadi obat tersebut adalah doa orang tua kita, bisa jadi obat tersebut adalah sedekah, bisa jadi obat tersebut adalah sholat malam, bisa jadi obat tersebut adalah amalan-amalan kecil yang kita tinggalkan. Tapi percayalah Allah itu maha segalanya, semua bisa terjadi, bukankah sudah banyak orang yang mengalami keajaiban-keajaiban.

Namun saya sangat kecewa pada oknum penjual obat-obat herbal yang banyak merugikan penderita penyakit yang susah disembuhkan. Mereka menjual obat dengan harga mahal padahal khasiat obat yang mereka jual belum terbukti secara ilmiah dapat menyembuhkan penyakit. Orientasi mereka hanya mencari keuntungan di atas penderitaan orang lain.

Apa yang harus dilakukan ?


Secara medis ada dua target utama yang harus dicapai, yaitu: 
  • Menjaga agar kadar gula darah dalam batas normal 
  • Mencegah atau meminimalkan kemungkinan terjadinya komplikasi 

Untuk mencapai target tersebut hal yang dapat dilakukan adalah
  • Pengaturan diet
  • Olahraga
  • Terapi insulin
  • Terapi hipoglikemik oral

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal konsultasikan ke dokter.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon