Wednesday, March 28, 2018

5 Penyakit Pada Paru Paru Yang Wajib Anda Tahu

tbc

Paru paru adalah organ yang memiliki bentuk seperti bunga karang yang terletak di dalam torak pada sisi lain jantung dan pembuluh darah besar.

Paru terdiri dari lobus-lobus, paru kiri mempunyai dua lobus dan paru kanan mempunyai tiga lobus. setiap lobus paru dibagi menjadi segmen-segmen yang disebut bronkopulmoner, mereka dipisahkan oleh dinding jaringan koneknif, masing-masing satu arteri dan satu vena. (Snell, R. 2006)

Fungsi paru paru


Paru paru berfungsi untuk melakukan pertukaran udara, yang bertujuan menghirup masuknya udara dari atmosfer ke dalam paru paru dan mengeluarkan udara dari paru paru ke luar tubuh.

Salah satu tanda kehidupan adalah bernapas, jadi dapat diartikan bahwa bernapas berarti hidup, berhenti bernapas berarti sudah mati. Ini hanya analogi sederhana untuk menjelaskan begitu besarnya fungsi paru-paru untuk hidup.

Penyakit pada paru paru


Paru paru merupakan organ yang sangat vital, untuk itu menjaga kesehatan paru menjadi sangat penting sekali. Entah kurangnya pengetahuan atau memang mereka tidak peduli kesehatan, saat ini masih banyak orang yang merokok.

Perlu diketahui bahwa asap rokok yang dihirup mengandung banyak bahan kimia yang akan merusak paru, bahan kimia tersebut adalah nikotin, tar, sianida, benzena, cadmium, metanol, asetilena, amonia, arsenik, karbon monoksida.

Selain karena rokok, penyakit paru-paru juga bisa disebabkan oleh kuman bakteri, virus, atau jamur. Seperti penyakit TBC yang disebabkan oleh mycrobacterium tuberculosa. Penjelasan lebih lanjut mengenai penyakit pada paru paru ada di bawah ini.

1. Tuberkulosis (TBC)


Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi mycobacterium tuberculosis.
Organ yang paling banyak terserang adalah paru paru, walau pun ada juga yang menyerang selaput otak, kelenjar limfe dan tulang belakang.

Penyakit TBC diperkirakan sudah ada sejak 5000 tahun sebelum Masehi, namun penemuan dan penelitian penyakit ini baru dua abad terakhir.

Apa gejala TBC?

Gejala utama adalah batuk berdahak selama dua minggu atau lebih.
Apa bila mengalami gejala di atas harus segera periksa ke dokter.

Gejala lainnya adalah batuk darah, sesak napas, tidak nafsu makan dan berat badan menurun, serta timbl keringat malam hari tanpa aktivitas fisik.

Apakah TBC menular?

Penyakit ini dapat menular dengan mudah, kuman TBC dapat menular melalui bersin, dahak, dan peralatan makan. Oleh karena itu penderita TBC harus memakai masker jika berada di tempat umum, tidak boleh membuang dahak sembarangan dan tidak berganti alat makan dengan orang lain.

Agar terhindar TBC

Paling utama adalah menjaga kesehatan tubuh, dengan tubuh yang prima kuman TBC tidak akan mudah masuk. Walaupun terjadi kontak dengan penderita TBC jika daya tahan tubuh kuat, risiko untuk tertular menjadi kecil.

Yang tidak kalah penting adalah ciptakan lingkungan yang sehat, rumah dengan pencahayaan dan ventilasi yang baik, perlu diketahui bahwa kuman TBC akan mati jika terkena sinar matahari.

2. Asma


Asma adalah penyakit inflamasi kronik pada saluran napas, yang ditandai penyempitan jalan napas dengan gejala mengi, sesak napas, batuk terutama pada malam hari, dan dada terasa berat.

Gejala asma

Orang dengan penyakit asma akan sulit bernapas disertai suara mengi. Namun jika tidak sedang serangan, penderita asma tidak memunculkan gejala.

Apakah asma menular?

Penyakit asma tidak menular, tetapi asma adalah penyakit keturunan. Walaupun punya keluarga yang mengidap asma, belum tentu ia mengidap asma. Untuk timbul menjadi asma, ada faktor lingkungan yaitu asap rokok, alergen, sensitisasi lingkungan kerja, polusi udara, infeksi pernapasan (virus), diet, status sosioekonomi dan besarnya keluarga.

Pencegahan

Bagi penderita asma menghindari faktor pencetus hukumnya wajib, namun tingkat edukasi yang kurang menyebabkan banyak penderita asma yang hanya fokus pada pengobatan.

Di jaman sekarang, penderita asma terus meningkat, hal ini sangat dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Banyak anak kecil yang sudah merokok, serta jajanan ciki-ciki yang banyak mengandung MSG sangat tidak baik untuk kesehatan. Mendukungnya faktor lingkungan menyebabkan banyak yang berkembang menjadi penyakit asma.

3. Kanker Paru-paru


Apa penyebab kanker paru?

Penyebab utama kanker paru adalah asap rokok, bukan hanya perokok aktif yang bisa terkena kanker paru, perokok pasif juga berisiko terkena kanker paru. Penyebab lain kanker paru adalah bahan kimia beracun, radiasi radio aktif dan stres.

Apa gejalanya?

Penderita kanker paru akan merasakan nyeri pada dada, sesak napas, batuk darah, berat badan menurun dan mudah lelah. Yang menjadi masalah adalah gejala tersebut biasanya muncul setelah kanker tumbuh besar atau telah menyebar.

Pencegahan dan solusi

Menghindari penyebab adalah pencegahan paling utama, makan makanan yang mengandung antioksidan juga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker.

4. PPOK


Apa itu PPOK?

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) adalah penyakit paru yang terjadi sejak lama yang ditandai hambatan aliran udara di saluran napas. Pada penderita PPOK saluran napasnya menyempit sehingga aliran udara menjadi tidak lancar, penderita PPOK mudah lelah dan sesak.

Penyebab PPOK

Penyebab utama PPOK adalah asap rokok. Asap rokok menyebabkan saluran napas menjadi menyempit. Angka kejadian PPOK terus meningkat berbanding lurus dengan jumlah perokok yang meningkat pula.

Penanganan

Hal yang paling utama yang harus dilakukan penderita PPOK adalah berhenti merokok. Untuk pencegahan penyakit ini dengan tidak merokok.

5. Pneumonia


Penyebab pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi  jaringan paru (parenkim) yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. Umumnya disebabkan oleh bakteri bakteri Mycoplasma pneumoniae dan streptokokus (Streptococcus).

Apa gejalanya ?

Penderita pneumonia akan batuk berdahak, dahak berwarna kuning dan kental, sesak napas disertai dengan demam dan sakit pada dada.

Pencegahan dan solusi

Agar terhindar dari penyakit ini jaga daya tahan tubuh dan kebersihan. Biasakan untuk mencuci tangan, berolahraga secara teratur dan makan makanan bergizi.

Semoga bermanfaat 

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon