Sunday, March 18, 2018

33+ Kata Mutiara Islami Paling Inspiratif

Berikut ini adalah kumpulan kata-kata islami yang penuh inspirasi dan bisa dijadikan motivasi. Hidup mebutuhkan ilmu dan wajib mencari ilmu, salah satunya dengan cara membaca.

33+ Kata Mutiara Islami Paling Inspiratif

1. "Jika seseorang membongkar keburukan yang diketahuinya pada dirimu jangan kamu membongkar keburukan yang kamu ketahui ada pada dirinya." (HR. Ahmad)

2. "Demi waktu sesungguhnya dalam kerugian kecuali orang beriman yang mengerjakan amal shaleh dan tolong menolong atas kebenaran dan kesabaran"

3. "Islam itu bersih maka bersihkanlah dirimu karna sesungguhnya tidak masuk syurga kecuali orang yang bersih." (H.R. Ath. Thabrani & Al-Khatibi)

4. "Seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian sedikit tertawa & banyak menangis." (HR. Bukhori Muslim)

5. "Rahmat-Ku meratai apa saja (yang ada di bumi baik itu kafir maupun mukmin)." (QS. Al-A’raf: 156)

6. "Tidak ada ilmu bagi orang yang tadak dapat memelihara amanah dan tidak ada sembahyang bagi yang tidak bersuci." (HR Thabrani)

7. "Apabila kamu punya maksut (hendak melakukan apapun) bersandarlah kepada Allah." (QS. Ali Imran:159)

8. "Barang siapa yang tawakal kepada Allah, maka Allah pasti mencukupi kebaikan dirinya." (QS. Art Thalaq:3)

9. "Brang siapa dikehendaki Allah menjadi baik, maka Dia memberikan kepahaman (ilmu) kepadanya mengenai agama." (HR.Bukhori dan Muslim)

10. Rasulullah saw bersabda: ”Seseorang akan tetap berada dalam kebaikan apabila menyegerakan berbuka puasa." (Sahl bin Sa’d)

11. "Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu." (QS. al-Hujurat: 13)

12. "Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat." (HR. Bukhari)

13. "Bacalah Al-Qur'an,sesungguhnya Al-Qur'an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafa'at bagi orang yang membacanya." (HR Muslim)

14. "Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika engkau menghilangkan agama dalam dirimu, hilangkan cintaku kepadamu." (Imam Nawawi)

15. "Laksanakan segala apa yang diwajibkan Allah, niscaya kamu menjadi orang yang paling bertakwa." (HR. Ath-Thabrani)

16. "Bagi orang yang sedang berpuasa maka apabila berdo’a ketika berbuka maka doanya tidak ditolak." (Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash)

17. "Jika engkau ingin ibadahmu diterima Allah SWT, berniatlah secara baik dan ikhlas hanya untuk mengharap keridhaan Allah SWT." (Hasan Al Banna)

18. "Janganlah kamu meremehkan sedikit pun perbuatan baik, sekalipun kamu sekedar menemui saudaramu dengan wajah berseri." (HR. Muslim)

19. "Janganlah kamu memberi makanan yang kamu sendiri tidak suka memakannya." (HR. Ahmad)

20. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." (HR. Ahmad)

21. "Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram." (QS. Ar-Ra'du: 28)

22. "Ilmu tidak dapat diraih dengan mengistirahatkan badan (bermalas-malasan)." (HR. Muslim)

23. Ibrahim berkata: "Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat".

24. "Dan sesungguhnya amal yang paling Allah sukai ialah yang terus-menerus dikerjakan walaupun sedikit." (HR. Abu Dawud)

25. "Barang siapa yang ingin ditolong Allah saat tertimpa malapetaka dan kesempitan, maka perbanyaklah berdoa disaat lapang." (HR. Tirmidzi)

26. "Barang siapa merasa diperlambat rezekinya hendaklah dia beristighfar kepada Allah."

27. "Orang yang lemah adalah yang mengikuti hawa nafsunya & berangan-angan muluk terhadap Allah." (HR. Abu Dawud)

28. "Angin adalah dari kebaikan Allah yang membawa rahmat dan azab, maka janganlah kamu mencaci makinya."

29. "Sesungguhnya itu (nazar) tidak dapat menolak sedikit pun dari takdir dan hanya penarikan uang dari orang bakhil." (HR. Bukhari)

30. "Sebaik-baik urusan adalah yang pertengahannya (yang adil atau tidak berlebih-lebihan)." (HR. Al-Baihaqi)

31. "Allah tidak menyukai pria yang bersuara keras (tinggi), tetapi Allah suka kepada yang bersuara lembut." (HR. Al-Baihaqi)

32. "Bersenda-guraulah dan bermain-mainlah. Sesungguhnya aku tidak suka kalau terjadi kekerasan dalam agamamu." (HR. Al-Baihaqi)

33. "Laksanakan urusan-urusanmu dengan dirahasiakan. Sesungguhnya banyak orang menaruh dengki kepada orang yang memperoleh kenikmatan." (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)

34. "Tidak kecewa orang yang istikharah, tidak menyesal orang yang bermusyawarah dan tidak akan melarat orang yang hidup hemat." (HR. Ath-Thabrani)

35. "Jangan membiarkan api tetap menyala di rumahmu selama kamu tidur." (HR. Bukhari)

36. "Sungguh shalat itu bisa mencegah kejahatan dan kemungkaran." (QS. Al-Ankabut:45)

37. "Dirikanlah shalat dan berikanlah zakat." (QS. Al-Baqarah:43)

38. "Shalat berjamaah itu lebih utama ketimbang shalat sendirian, dengan dua puluh tujuh derajat." (HR. Bukhori dan Muslim)

39. "Apabila salah seorang diantara kalian datang kepada Jum’at (shalat jum’at) maka hendaklah ia mandi." (HR. Bukhori dan Muslim)

40. Allah tidak menerima iman tanpa amal perbuatan dan tidak pula menerima amal perbuatan tanpa iman." (HR. Thabrani)

41. "Ada 3 pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah, dan merahasiakan sedekah." (HR. Tabrani)

42. "Yang dapat menolak takdir ialah doa dan yang dapat memperpanjang umur yakni kebajikan." (HR. Thahawi)

43. "Wanita yang paling besar keberkahannya adalah yang paling ringan maharnya." (HR. Ahmad Baihaqi dan Hakim)

44. "Sesungguhnya saat yang paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannya adalah ketika ia sedang bersujud." (HR. Muslim)

45. "Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." (HR. Ahmad)

46. "Ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia." (QS. Al-Baqarah:83)

47. "Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kecerobohan, yang akhirnya kamu menyesali perbuatan itu." (QS. Al-Hujurat:6)

48. "Berbaik sangka terhadap Allah termasuk ibadah yang baik." (HR. Abu Dawud)

49. Rasulullah dalam sabdanya mengatakan bahwa perjalanan mencari ilmu merupakan salah satu jalan yang memudahkan kita menuju surga. “Barang siapa yang menapaki suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Ibnu Majah & Abu Dawud)

50. "Barang siapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia membebaskan kesulitan orang lain." (HR. Ahmad)

51. "Bila kerabatmu jahat terhadapmu, berbuat baiklah selalu kepadanya, maka Allah senantiasa menolongmu." (HR. Bukhari Muslim)

52. "Apabila kamu diberi sesuatu tanpa kamu minta maka pergunakanlah (makanlah) dan sedekahkanlah sebagiannya." (HR. Muslim)

53. "Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu." (QS. al-Hujurat:13)

54. "Orang yang berpegangan kepada sunahku pada saat umatku dilanda kerusakan maka pahalanya seperti seorang syahid." (HR. Ath-Thabrani)

55. "Barang siapa dikaruniai Allah kenikmatan hendaklah dia bertahmid (memuji) kepada Allah."

56. "Jangan pernah mencintai seseorang yang tidak mencintai Allah . Jika Allah saja dia tinggalkan, apalagi diri kamu." (Imam Syafi'i)

57. “Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk sholat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan.” (HR. Bukhari)

58. "Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (Quran 94:6)

59. "Jauhilah perkataan-perkataan yang dusta." (QS. al-Haj:30)

60. "Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali do’a, dan tidak ada yang menambah umur kecuali kebaikan." (HR. At-Tirmidzi)

61. "Barang siapa mengutamakan kecintaan Allah atas kecintaan manusia, maka Allah akan melindunginya dari beban gangguan manusia." (HR. Ad-Dailami)

62. "Sesungguhnya, ada dua hal pada dirimu yang dicintai oleh Allah, yaitu lemah lembut dan tidak mudah marah." (HR.Muslim)

63. "Menuntut ilmu adalah taqwa, menyampaikannya adalah ibadah, mengulang-ulangnya adalah dazikir dan mencarinya adalah jihad." (Imam Al-Ghazali)

64. "Allah mencintai orang yang sabar." (QS. Ali Imran:146)

65. "Orang yang tidak menguasai matanya, hatinya tidak ada harganya." (Ali bin Abi Thalib)

66. "Sayangilah apa yang ada di bumi, niscaya yang di langit pun akan menyayangimu." (HR. Abu dawud)

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon