Friday, August 11, 2017

Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Ibu Menyusui

Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui harus memperhatikan pola dan jenis makanan yang dikonsumsi agar tetap sehat dan produksi ASI dapat memenuhi kebutuhan bayi. Ibu sebaiknya makan lebih banyak dari biasanya dan mengatur kebiasaan makannya sesuai pola menu seimbang.

Menyusui adalah proses alamiah mahkluk mamalia, termasuk manusia. Pada awal kehidupan manusia menyusui untuk memberikan makanan dan minuman kepada keturunannya. Ibu yang menyusui wajib memperhatikan kebutuhan gizinya, karena ibu tidak hanya mencukupi kebutuhan dirinya melainkan harus memproduksi ASI untuk bayinya.

Makanan yang dianjurkan untuk ibu menyusui

Sumber zat tenaga 
Merupakan makanan yang berfungsi memberikan tenaga untuk kegiatan hidup manusia. Makanan sumber tenaga antara lain: beras, kentang, bihun, mie, roti, makaroni, krackers.

Sumber zat pembangun
Merupakan zat makanan yang berguna untuk regenerasi sel yang mati supaya bisa berganti dengan sel baru. Makanan sumber zat pembangun antara lain: ayam, ikan, daging, telur, hati, keju, susu, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

Sumber zat pengatur
Fungsi dari zat pengatur adalah memberi perlindungan tubuh dari berbagai penyakit. Makanan sumber zat pengatur antara lain: sayur-sayuran yang berwarna hijau dan buah-buahan yang segar.

Pengaturan makanan sehat untuk ibu menyusui

Hal-hal yang perlu diperhatikan ibu menyusui

  • Ibu harus menjaga kesehatan dengan makan cukup dan pola menu seimbang.
  • Minum lebih dari 8 gelas sehari, dengan menambahkan 3-4 gelas per hari dari biasanya. 

Berikut ini adalah contoh menu sehari untuk ibu menyusui agar kebutuhan gizi tercukupi, serta produksi ASI dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi.

contoh menu makanan sehat ibu menyusui

Sumber: 
Direktorat Bina Gizi
Kementerian Kesehatan Indonesia

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon