Monday, February 12, 2018

Pantangan Sakit Maag

Sakit maag adalah suatu gejala penyakit dimana terjadi luka atau peradangan pada organ lambung sehingga terasa nyeri atau perih. Penyakit maag banyak penyebabnya salah satunya adalah banyak mengkonsumsi makanan mengandung gas serta pola makan yang salah, penyakit maag juga dapat muncul akibat stress.

makanan, sayuran dan buah pantangan sakit maag

Mengatur makanan yang dikonsumsi oleh penderita maag sangat penting untuk kesembuhan penyakit maag tersebut. Sulit bagi penderita sakit maag untuk sembuh jika masih mengkonsumsi makanan yang dipantang bagi penderita maag seperti makanan pedas, asam, dan makanan yang banyak mengandung gas.


Mengapa penderita maag harus menghindari pantangan?

Menghindari pantangan makanan sakit maag adalah salah satu kunci kesembuhan sakit maag. Oleh karena itu penderita sakit maag wajib mengikuti makanan apa saja yang boleh dan tak boleh dikonsumsi.

1. Meringankan beban kerja saluran pencernaan
Orang yang menderita sakit maag lambungnya mengalami perlukaan, untuk proses penyembuhan tentunya harus menghindari makanan yang sulit dicerna, seperti makanan yang banyak mengandung lemak serta makanan yang mempunyai tekstrur keras.

2. Membantu netralisir kelebihan asam lambung
Sudah diketahui jika penderita maag mengalami peningkatan asam lambung, untuk itu makanan yang dikonsumsi tidak boleh merangsang produksi asam lambung secara berlebihan. Penderita maag harus diberikan makanan dengan zat gizi adekuat dan tidak merangsang

Persyaratan pantangan maag

Mengatur pola makan bagi penderita maag harus memenuhi persyaratan sebagai berikut ini.

1. Makanan dalam bentuk lunak dan mudah dicerna
Sudah dijelaskan diatas bahwa penderita maag mengalami perlukaan pada lambungnya, oleh karena itu penderita maag dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki tekstur lunak dan mudah dicerna.

2. Hindari makanan tidak merangsang lambung
Makanan yang merangsang lambung adalah makanan dengan rasa asam dan pedas. Selain itu makanan dengan tekstur keras, terlalu panas/dingin juga dapat merangsang lambung.

3. Porsi kecil dan diberikan sering
Mengapa perlu diberikan dengan porsi kecil dan sering? Hal ini bertujuan agar lambung tidak kosong, sehingga asam lambung bisa mencerna makanan dengan baik. Jika lambung kosong dan terjadi produksi asam lambung maka cairan asam lambung tersebut akan mengikis dinding lambung sehingga terjadi peradangan pada lambung. Untuk itu bagi penderita maag dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sedikit tapi sering.

4. Cara pengolahan makanan direbus, kukus, panggang dan tumis
Menggoreng makana sangat tidak dianjurkan bagi penderita maag, tentu saja hal ini berkaitan dengan lemak yang banyak terdapat pada minyak. Selain itu makanan yang digoreng memiliki tekstur yang lebih keras jika dibandingkan makanan yang diolah dengan direbus atau ditumis.

Pantangan sakit maag juga bisa diberikan kepada pasien yang memiliki gangguan pada pencernaan seperti radang pada esopagus, radang pada usu besar, penyakit tipes, diare dan juga dapat diberikan pada orang yang habis dilakukan operasi pada saluran cerna.

Makanan pantangan sakit maag

Penderita sakit maag harus menghindari sumber protein, sayuran dan buah yang dapat merangsang lambung, contoh makanan tersebut antara lain:

Sumber protein
Makanan yang banyak mengandung protein yang dilarang bagi penderita maag adalah daging berlemak, jeroan, sosis, daging asap, gajih, otak, kepiting, kerang,keju, susu full cream, kacang merah, oncom, dan kacang mente.

Sayuran
Banyak penderita yang simpang siur mengenai makan yang harus dihindari oleh penderita maag, pada intinya sayuran yang tidak boleh dikonsumsi adalah sayuran yang merangsang lambung dan menimbulkan gas seperti: seperti kol, kembang kol, lobak, sawi, nangka muda dan sayuran mentah

Buah-buahan
Seperti pada sayuran, buah yang dilarang penderita maag adalah buah yang yang dapat menimbulkan gas dan tinggi lemak, seperti durian, nangka, cempedak, nanas dan buah-buahan yang diawetkan.

Minuman
Dilarang mengkonsumsi minuman beralkohol serta minuman bersoda seperi sprite dan coca cola.

Lain-lain
Penderita maag juga dilarang mengkonsumsi makanan gorengan serta santan kental, dan juga makanan yang asam seperti cuka dan acar.

Makanan yang dibatasi bagi penderita maag

Penderita sakit maag masih boleh mengkonsumsi makanan seperti berikut ini namun dalam jumlah yang terbatas. makanan itu adalah:

Sumber karbohidrat
Makanan yang banyak mengandung karbohidrat yang harus dibatasi adalah mie, roti putih, ketan, kue-kue, cake, biskuit, dan pastries

Sumber protein
Batasi konsumsi daging tanpa lemak, ayam, bebek, sarden (makanan kaleng) dan kuning telor.  Batasi juga konsumsi kacang tanah dan kacang bogor.

Makanan yang dianjurkan bagi penderita maag

Penderita sakit maag sebaiknya mengkonsumsi makanan yang tidak merangsang serta menimbulkan gas, contoh makanan tersebut adalah

Sumber karbohidrat
Dianjurkan mengkonsumsi sumber karbohidrat seperti berikut ini: Sumber hidrat arang : nasi, nasi tim, bubur roti gandum, macaroni, jagung, kentang, ubi dan talas, havermout, sereal (hidrat arang komplek yang banyak mengandung serat).

Sumber protein
Dianjurkan mengkonsumsi sumber protein seperti berikut ini: daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, putih telur,susu rendah lemak tempe, tahu, kacang hijau, kedelai)

Sayuran
Penderita maag boleh mengkonsumsi sayuran seperti berikut ini: bayam, buncis, labu kuning, labu siam, wortel, kacang panjang, tomat,gambas, kangkung, kecipir, daun kacang panjang, daun kenikir, ketimun, daun selada dan toge.

Buah-buahan
Buah yang baik bagi penderita sakit maag adalah  jeruk, apel, pepaya, melon, jambu, pisang, alpukat, belimbing, dan mangga.

Bumbu-bumbuan
Jenis bumbu yang dianjurkan bagi penderita sakit maag adalah Garam, kecap, kunyit, laos, terasi, seledri, kayumanis, cengkeh, bawang merah dalam jumlah terbatas, santan encer, minyak (tidak untuk menggoreng), margarine, dan mentega.

Bagi penderita sakit maag selain mengkonsumsi obat adal hal penting yang harus dilakukan agar penyakitnya sembuh, yaitu dengan menghindari makanan pantangan sakit maag. Tanpa menghindari makanan pantangan sakit maag sulit bagi penderita maag untuk sembuh.

Mari bagi penderita sakit maag, hindari makanan yang dapat merangsang lambung serta makanan yang menimbulkan gas agar penyakit maag tidak kambuh lagi, Penting juga untuk makan sedikit tapi teratur.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon