Friday, February 2, 2018

Membeli Barang Original Tapi Mahal Atau Beli Barang KW

Halloo sobat,,
Susah lama saya tidak menulis artikel di blog kesayangan ini.
Kali ini saya akan berbagi pengalaman, bagaimana memilih barang berdasarkan merk dengan harga yang mahal atau lebih memilih barang KW yang murah meriah.


Dulu mungkin tidak banyak penipu seperti sekarang ini, tidak banyak barang KW, beda dengan jaman sekarang, banyak barang tiruan yang entah kualitasnya terjamin atau tidak. Kebanyakan pemalsu barang tersebut hanya mencari keuntungan tanpa memperhatikan kepentingan dari konsumen.


Pilih KW atau Original?


Dari pengalaman yang saya alami sendiri, saya lebih memilih produk yang original dari pada memilih produk KW. Walaupun produk KW kelihatan sangat murah namun jika diperhatikan lebih seksama, produk KW adalah produk yang sangat mahal.

Sebagai contoh adalah membeli produk jam, yang saya ambil disini adalah produk jam Casio Gshock, mengapa saya mengambil contoh ini? karena jam ini harganya lumayan mahal sehingga banyak produk KW nya.

Jam Casio Gshock di pasaran berkisar 1,5 jutaan ke atas, sedangkan produk KW nya berkisar 100-300 ribu. Wah.. selisihnya jauh banget ya... namanya saja produk kw, haaaa. Walaupun kelihatannya murah jam KW tersebut harganya sangat mahal, mengapa?

Jam KW menggunakan bahan kualitas rendah, tidak menggunakan teknologi seperti jam yang original, jam KW hanya mementingkan penampilan saja. Jika kita membandingkan fiturnya, jauh sekali perbedaannya. Jam KW kena air langsung mati, jam Gshock tetap hidup walau kena air, bahkan berbagai guncangan. Untuk harga 100-300 ribu jika membeli produk original dengan merk kelas bawah seperti Skmei dan Q&Q, bisa mendapatkan jam dengan kualitas yang baik.

Jam KW Gshock mungkin harga sebenarnya kurang dari 50 ribu, lha wong kena air saja mati, berarti kan sama dengan jam anak-anak yang harga 30 ribuan. Dari segi waktu pemakaian, jam original bisa bertahan sampai 5 tahun lebih, artinya jam harga 1,5 juta dipakai sampai minimal 5 tahun. Jika menggunakan jam KW, paling lama 6 bulan jika dipakai terus sudah rusak, apalagi kalau langsung kena air, haa. Jika diasumsikan harga jam KW 200 ribu maka selama 1 tahun bisa menghabiskan 2  buah jam KW, itu jika sebuah jam awet sampai 6 bulan.

Jika baru dipakai 1 bulan dh rusak, berarti 1 tahun menghabiskan 12 buah jam KW, jika dihitung dalam rupiah 200 ribu kali 12 yaitu 2,4 juta. Ternyata lebih mahal dari harga jam yang original yaitu 1,5 juta.

Itu dari segi ekonomi, jika dilihat dari segi kepuasan pemakaian, tentu saja memakai jam KW adalah sangat memalukan. Lebih baik memakai jam original tapi murah dari pada memakai jam KW yang kelihatannya mahal padahal kualitas aslinya seperti jam anak-anak.

Jangan membeli barang KW jika yang dicari adalah kualitasnya bukan tampilannya, boleh saja membeli barang KW tetapi merknya jangan ketinggian jika kondisi yang sebenarnya kita tidak mampu membeli yang original.

Saya juga kadang membeli barang KW namun dari segi fungsi barang tersebut tidak beda jauh dengan barang yang aslinya. Misalnya membeli kaos oblong untuk rumahan, bagi saya kaos rumahan yang penting nyaman dipakai, sudah cukup, walau pun kw juga gak apa-apa. heee

Beda jika baju tersebut digunakan untuk bekerja atau main-main, saya lebih memilih baju yang asli, baju yang digunakan untuk bermain bukan hanya harus nyaman dipakai tetapi juga harus nyaman di pandang. Jika terpaksa menggunakan baju KW sebaiknya jangan yang mencolok sehingga tidak ketahuan jika baju itu baju KW. haaaaaa

Yah.. intinya belilah barang yang original, jika tidak mampu, turunkan merknya, gak apa-apa merk bawah asalkan barangnya original daripada merk kelas atas tapi barang palsu.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon