Widget HTML #1

8 Situs Terbaik Untuk Belajar Blog Bagi Pemula

Di luar sana banyak situs atau blog yang memberikan pedoman bagaimana cara membuat blog. Namun tidak semua penulis artikel situs tersebut merupakan ahli atau mahir di bidang blog. Kalau mau belajar lebih baik kepada ahlinya langsung, lebih paten dan tentunya sudah teruji.

Beberapa orang memiliki pandangan sendiri-sendiri tentang trik dan tips untuk ngeblog, bagi saya tidak masalah, mereka mempunyai alasan sendiri mengapa melakukannya. Toh, ilmu ngeblog selalu berubah mengikuti perkembangan jaman, bisa jadi cara jitu ngeblog tahun kemaren sudah tidak berlaku lagi untuk saat ini.

Bagi pemula di bidang blog, mendapatkan sumber ilmu yang tepat untuk ngeblog sangat penting sekali. Untuk itu saya akan memberikan situs atau blog terbaik untuk belajar ngeblog. Saya memilih situs tersebut karena pemilik situs tersebut sudah membuktikan ilmu yang ada dalam situsnya, jadi bukan ilmu kosong atau mengcopy paste karya orang lain, dan panduan yang ada dalam blog tersebut mudah untuk dipahami dan dipraktekkan. Berikut ini daftar itus terbaik untuk belajar blog bagi pemula.

1. Blogodolar

Situs ini sangat pas untuk pemula di dunia blog, banyak artikel yang mengulas ilmu-ilmu dasar blog. Pemilik situs ini adalah Herman Yudiono, namun di dunia blog lebih dikenal dengan nama Kang Yudiono. Beliau dari Sumedang, lulusan Kimia IPB 2003, sekarang tinggal di Makassar.

Situs Terbaik Untuk Belajar Blog Bagi Pemula
Blogodolar

Selain ilmu ngeblog ada juga artikel yang menceritakan perjuangan Kang Yudiono dari awal ngeblog sampai bisa hidup dari ngeblog, beliau sampai keluar pekerjaan dari perusahaan tambang nikel dengan gaji $2000 untuk fokus ngeblog. Kisah yang sangat menginspirasi terutama bagi pemula yang ingin fokus di dunia blog.
alamat blog: www.blogodolar.com

2. Mas Sugeng

Situs ini artikelnya sangat mudah dimengerti, panduannya sangat lengkap, mengulas tentang SEO, tutorial ngeblog lengkap, serta cara mendapatkan uang dari blog. Pemilik blog Mas Sugeng adalah pemuda bernama Sugeng Riyadi.

Situs Terbaik Untuk Belajar Blog Bagi Pemula
sugeng.id

Dalam blog ini juga diceritakan perjuangan Mas Sungeng ketika awal ngeblog sampai bisa menghasilkan uang, selain ngeblog Mas Sugeng juga membuat template blog dan menjualnya. Pertama membuat template Mas Sugeng hanya menggunakan hp nokia jadul, keren ya! Template yang terkenal dari mas sugeng adalah Evo Magz, banyak blogger yang sudah menggunakannya.
alamat blog: sugeng.id

3. Arlina Design

Arlina Design merupakan sebuah blog pribadi yang berisi tips seputar blogger dan template khusus blogger. Blog ini lebih banyak mengulas tampilan blog mulai dari template sampai widget, kalau mau mempercantik tampilan blog berkunjunglah ke blog ini.

Situs Terbaik Untuk Belajar Blog Bagi Pemula
Arlina Design

Di blog ini juga banyak template gratis dan premium, saya sendiri menggunakan template blog dari Arline Design, yang saya suka dari templatenya adalah fitur responsifnya, jadi kalau dilihat dari perangkat mobile tetep nyaman.
alamat blog: www.arlinadzgn.com

4. PanduanIM

Blog ini berisi tentang bagaimana cara meningkatkan traffik dan bisnis online. Artikelnya mengulas berbagai topik dengan sangat lengkap seperti: Search Engine Optimation (SEO), sosial media marketing, bisnis online, keyword research, content marketing, copywriting, lead magnet, dan wordpress.

Situs Terbaik Untuk Belajar Blog Bagi Pemula
PanduanIM

Di blog ini juga ada study kasus, jadi sangat mudah memahami ilmu yang disampaikan. Lengkap sekali blog ini, artikelnya juga selalu uptodate, bagi pemula sering-sering lah berkunjung ke blog ini, banyak ilmu yang sangat bermanfaat.
alamat blog: panduanim.com

5. Maxmanroe

Blog ini banyak topik seperti dunia blogging, internet marketing, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi. Pemilik blog ini adalah Marikxon Manurung, setiap topik di dalam blog ini ditulis oleh orang yang berbeda, kita sudah tau bahwa blog ini tidak hanya mengulas mengenai dunia blogging.

Situs Terbaik Untuk Belajar Blog Bagi Pemula
Maxmanroe.com

Membaca blog ini kita juga akan belajar tentang internet marketing dan bisnis online. Bisa menambah wawasan sehingga blog dapat lebih bermanfaat dan bisa menghasilkan uang.
alamat blog: www.maxmanroe.com

6. Juragan Cipir

Belajar dari blog Juragan Cipir akan menemukan ulasan yang ringan dan mudah dimengerti. Kebanyakan blog ini mengulas dasar-dasar membuat blog, sekarang malah tersedia forum diskusi. Kadang ada artikel yang susah kita temukan ada di blog ini, sehingga blog ini cukup memberi solusi bagi pemula di dunia blog.

Pemilik blog Juragan Cipir adalah Indri Lidiawati, dulu artikel yang ditulis mbak Indri sendiri, namun sekarang ada penulis lain. Mbak Indri jadi jarang posting, sehingga pamornya tidak seperti dulu.
alamat blog: juragancipir.com

7. Blogguebo

 Pemilik blog ini adalah Medhy Aginta Hidayat yang juga sebagai penulis artikel. Blogguebo membahas tentang tips dan tutorial blog, dan juga membahas cara menghasilkan uang dari blog, blog ini memiliki tagline “Smart Blogging for Smart Bloggers.”

situs terbaik untuk belajar ngeblog
Blogguebo.com

Medhy Aginta sudah mulai ngeblog dari tahun 2006, dan sampai sekarang beliau masih aktif ngeblog. Blogguebo juga menyediakan ebook panduan blog dengan gratis, artikel di blog ini sangat banyak, lebih dari 300 artikel yang membahas cara ngeblog serta cara mendapatkan uang dari blog.
alamat blog: blogguebo.com

8. Kompi Ajaib

Blog ini merupakan blog personal yang berisi tutorial blogger, widget blogger, dan tips ngeblog. Mampir ke Kompi Ajaib cocok bagi para blogger yang ingin membuat tampilan blog menawan dan SEO friendly.

Situs Terbaik Untuk Belajar Blog Bagi Pemula
KOMPI AJAIB

Di Kompi Ajaib banyak skali template gratis yang keren-keren, ada juga versi premiumnya. Jika mau mendapatkan backling dari blog ini Anda bisa menjadi penulis tamu, namun dengan syarat memakai template dari Kompi Ajaib.
alamat blog: www.kompiajaib.com


Urutan blog diatas tidak menunjukkan mana yang paling baik, setiap blog memiliki kelebihan masing-masing, dan topik yang di tonjolkan di blog tersebut juga berbeda-beda. Di luar sana masih banyak blog dengan artikel yang berkualitas untuk belajar ngeblog. Namun bagi pemula tidak perlu banyak-banyak informasi karena bisa membuat pusing. Bukannya kita mempraktekkan ilmu yang sudah kita dapatkan tetapi malah mencari info-info baru tetapi tanpa melakukan praktek.

Kalau saran dari saya adalah buat artikel yang bagus dan promosikan artikel tersebut agar banyak orang yang membaca.

Selamat Ngeblog...

2 komentar untuk "8 Situs Terbaik Untuk Belajar Blog Bagi Pemula"

Comment Author Avatar
Wahhh dapet ilmu lagi nih.. selama ini paling sering berkunjung ke juragancipir sama massugeng.. yang lain baru mau cobain setelah baca artikel ini hehehe.
Comment Author Avatar
Iya, mba. Saya juga sering berkunjung ke blog tersebut