Tuesday, December 19, 2017

Solusi Mudah Sinyal Smartfren GSM 4G Hilang

Solusi Mudah Sinyal Smartfren GSM 4G Hilang

Haloo sahabat gedget mania..

Ini adalah pengalaman saya menggunakan Smartfren GSM 4G, dan saya mengalami masalah yaitu sinyal hilang, namun saya berhasil mengatasinya. Ini dia ceritanya...

Sebelumnya saya terkena musibah, yaitu hp lenovo A5000 saya hilang, namun saya sudah merelakannya. Dan ternyata Allah menggantinya dengan hp yang baru yaitu Xiaomi Redmi Note 5A. Perlu diketahui bahwa Xiaomi Redmi Note 5A adalah hp GSM dengan sinyal 4G untuk SIM satu dan sinyal 3G untuk SIM dua. Saya menggunakan kartu SIM dari Indosat, ketika kartu SIM mau di pasang ke hp saya baru tau bahwa kartu tersebut masih Indosat 3G, dan untuk mengganti menjadi SIM 4G harus ke gerai Indosat.

Karena SIM indosat saya belum 4G, jadi saya masukkan SIM tersebut ke tempat SIM dua. Wah eman-eman juga jika SIM satu dengan sinyal 4G tidak digunakan. Kita tau bahwa paket internet 4G lebih murah dibandingkan 3G, jadi saya berminat untuk membeli perdana 4G, dan hanya akan saya gunakan untuk paket data. Sedangkan untuk sms dan telpon saya menggunakan SIM Indosat.

Setelah memilih-milih kartu perdana 4G saya baru tau jika Smartfren sudah mengeluarkan produk baru 4G GSM. Boleh juga dicoba nih, apalagi kita akan mendapatkan kuota 13G dengan harga perdana 60 ribu. Saya pikir sangat murah sekali dan patut dicoba, akhirnya saya membeli kartu perdana tersebut. Saya menanyakan ke penjual, apakah harus diregistrasi lagi? Jawabannya adalah tidak perlu, paketan sudah aktif dan langsung bisa di pakai.

Waktu itu saya tidak mau ambil pusing, saya minta penjual untuk memasangnya ke hp saya serta mengaktifkan paketnya. Setelah selesai pemasangan Smartfren GSM 4G bisa saya gunakan. Saya coba untuk membuka beberapa halaman web, hasilnya memuaskan. Dan sangat cepat sekali loadingnya.

Perlu diketagui juga bahwa saya membeli perdana tersebut di kota bandar lampung, dimana sinyal sangat kuat. Setelah urusan beli perdana selesai saya langsung pulang ke Gedung Tataan, jaraknya kuranglebih 40 menit dari Bandar Lampung. Setelah sampai dirumah saya langsung mengecek sinyal Smartfren GSM 4G, saya kaget dan was-was karena sama sekali tidak muncul sinyal. Sedangkan sinyal indosat yang saya gunakan penuh, saya langsung berpikir bahwa sinyal Smartfren GSM tidak ada di tempat saya.

Saya sendiri pernah mengalami sinyal ilang, dan yang pernah saya lakukan adalah mematikan hp dan menghidupkannya kembali, cara tersebut sangat manjur untuk menanggulangi hal tersebut. Belajar dari pengalaman tersebut, saya mengubah mode hp menjadi mode pesawat, setelah satu menit saya rubah ke mode biasa atau normal. Tidak perlu menunggu lama sinyal 4G GSM Smartfren langsung muncul. Horeeee... Akhirnya bisa dipake smartfrennya.

Jadi dapat disimpilkan bahwa kemungkinan sinyal 4G GSM Smartfren hilang karena saya berpindah lokasi yang cukup jauh, beda kabupaten. Cara untuk mengatasinya cukup merubah hp menjadi mode pesawat, tunggu sampai satu menit lalu matikan mode pesawat sehingga hp kembali ke mode normal. Setelah itu sinyal 4G GSM akan muncul.

Cara pengaturan mode pesawat Redmi Note 5A

Menu notifikasi Redmi Note 5A
Buka menu notifikasi, disitu ada tombol gambar pesawat, tinggal klik aja, maka hp akan berubah dalam mode pesawat, untuk mematikannya, klik kembali tombol tersebut.

Selamat mencoba...

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon