Saturday, December 23, 2017

Review Xiaomi Redmi Note 5A Indonesia

Xiaomi Redmi Note 5A

Halloo sobat gadget mania...
Kali ini saya akan mengulas produk terbaru dari Xiaomi di kelas bawah, yaitu Xiaomi Redmi Note 5A. Menurut saya dari harga Redmi Note 5A termasuk dalam kelas bawah, namun kalau kualitas dan spesifikasinya termasuk dalam kelas menengah.

Redmi Note 5A yang saya review merupakan produk resmi yang beredar di Indonesia. Saya memberi Redmi Note 5A di erafone yang merupakan pemasar resmi Xiomi di Indonesia. Sebenarnya saya lebih tertarik untuk membeli hp ini secara online, karena harganya bisa lebih murah. Alamat saya yang jauh dari kota membuat saya khawatir jika barang tidak sampai.

Sebelumnya saya akan memberikan alasan mengapa saya membeli Redmi Note 5A, dan tidak membeli smartphone yang lain. Yang paling utama adalah dana yang saya miliki di kisaran 1,5-1,8 juta. Ketika membeli smartphone saya memastikan dana yang saya miliki, baru kemudian memilih smartphone terbaik di kisaran dana tersebut. Dan yang tidak kalah penting, saya selalu mencari info produk yang akan saya beli sebelum meluncur ke toko HP.

Setelah saya berselancar di dunia maya untuk mencari info HP terbaik di kisaran 1,5-1,8 juta, saya mendapatkan bahwa Redmi Note 5A adalah smartphone yang pantas untuk dibeli. Dilihat dari layarnya yang lebar yaitu 5,5", RAM 2GB, baterai juga lumayan besar pas banget dengan spesifikasi yang saya cari. Sebelumnya ada beberapa merk yang saya incar, yaitu Lenovo, ASUS, Acer, Huawei, namun saya terlanjur kepincut sama Redmi Note 5A.

Untuk yang mencari HP Android dikisaran 1,5 jutaan, Xiomi Redmi Note 5A bisa jadi pilihan yang tepat.

Ayuk.. langsung saja, meluncur ke spesifikasi dan kualitas dari Xiaomi Redmi Note 5A.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5A
Body ramping dan ringan, dengan layar gorilla glass. Walaupun dimensinya bongsor, tetap nyaman di genggam karena ringan, beratnya 150 gram. Teman saya pernah meminjam Redmi Note 5A yang saya pakai, dia mengatakan, "kok hpnya enteng banget ya..!" Banyak orang yang beranggapan kalau hp enteng itu jelek, padahal malah kebalikannya, produsen smartphone berlomba2 untuk menciptakan hp yang enteng dan tentu saja berkualitas.

Layar HD 5.5", mantap buat nonton video atau bermain game. Berselancar di dunia maya, membaca berita atau bersosial media sangat nyaman sekali. Kalau hp hanya digunakan ala kadarnya, sepertinya layar 5,5 terlalu besar, saya sendiri agak kewalahan memegang dengan satu tangan. Namun jika digunakan untuk menunjang kegiatan bisnis, seperti jualan online, blogging, berkirim email, saya rasa layar 5,5 sangat pas sekali.

Dual SIM, Dual Standby. Mendukung memory eksternal. Biasanya smartphone Xiaomi dual SIM nya hybrid, yaitu bisa digunakan untuk memory card. Pada Redmi Note 5A SIM nya bisa digunakan semuanya walaupun dipasang memori eksternal. Walaupun sudah memiliki memori internal 16GB, saya rasa masih kurang untuk menyimpan foto dan video serta file-file lainnya. Jadi tersedianya memori eksternal sangat membantu sekali untuk memenuhi kebutuhan simpan-menyimpan file.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 425, walaupun bukan yang terbaik, tetapi sudah sangat optimal kinerjanya. Membuka facebook, instagram, berselancar menggunakan google chrome, dan bermain game onet tidak pernah macet-macet. Kalau untuk game berat saya belum pernah mencobanya.

Kamera belakang 13MP dengan PDAF, kamera depan 5MP dengan Beautify. Hasil jepretan lumayan untuk harga 1,5 jutaan. Ini dia foto-fotonya:




Foto diambil tanpa diedit, bagaimana hasilnya? lumayan bagus kan.

Memori 2GB RAM / 16GB ROM, memori dalam smartphone sangat penting sekali. Apa lagi di jaman now, banyak aplikasi yang membutuhkan memori besar, baik RAM/ROM.

Baterai 3080mAh, tidak terlalu besar dan tidak kecil juga. Kalau untuk aktifitas biasa bisa bertahan seharian. Urusan baterai harus menjadi pertimbangan utama ketika membeli smartphone, jangan sampai membeli smartphone yang memiliki kapasitas baterai kecil, kalau bisa minimal 2500mAh.

Kesimpulan
Redmi Note 5A adalah smartphone pilihan untuk yang memiliki dana terbatas, HP ini memiliki banyak kelebihan, nomer satu adalah harganya yang murah dan kualitas yang cukup baik. Sudah sangat cukup untuk menunjang aktivitas sehari-hari seperti bermedia sosial, browsing, foto-foto, dan chating. Tentu saja, jika dana yang dimiliki banyak, pilih saja hp yang premium. Tetap saja bos, ada uang ada barang.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon