Saturday, December 23, 2017

Cara Menggunakan Whatsapp di Tablet Android

Hai.. Sobat gadget mania.!

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menggunakan Whatsapp di Tab/Tablet Android, saya sendiri menggunakan Tablet Android Lenovo S6000. Kalian pasti sudah mengetahui jika perangkat tablet tidak dapat mengunduh Whatsapp melalui Playstore. Tapi jangan kuatir, perlu diketahui bahwa semua perangkat android bisa menginstal aplikasi apapun, yang mempunyai format apk. Jadi kita tetep bisa menginstal Whatsapp di Tablet Android, tetapi tidak melalui Playstore, kita menginstal Whatsapp langsung menggunakan file apk.

Karena kita akan menginstal aplikasi bukan dari playstore, maka kita harus memperhatikan sumber aplikasinya. Saya sendiri jarang mengambil file apk sembarangan, saya lebih sering mendownload langsung dari web resminya. Menginstal file apk sembarangan sangat beresiko, apalagi jika tablet kita digunakan untuk berbisnis atau kegiatan yang penting. Aplikasi yang tidak jelas sumbernya bisa saja sudah dimodifikasi dan disusupi kode tertentu. Untuk itu saya sarankan untuk mendownlon file apk melalui web resminya.

Untuk lebih jelasnya ikutin tutorial berikut ini.

1. Unduh file Whatsapp.apk

Ganti tampilan desktop
Pertama adalah buka browser chrome di android, kemudian ganti setingan browser ke dalam tampilan desktop.

Web Whatsapp
Ketik di pencarian google dengan kata kunci Whatsapp apk. Pilih halaman resmi Whatsapp, lihat gambar di atas.

Klik download, sampai disini kita sudah mendownload file Whatsapp.apk


2. Instal file Whatsapp.apk

Pengaturan Administrasi perangkat
Buka file yang sudah di download, namun sebelum menginstal file tersebut kita harus merubah seting administrasi perangkat agar dapat menginstal aplikasi tersebut. 

Whatsapp sudah selesai terinstal dan siap digunakan. Sangat mudah kan!. Sampai disini kita sudah bisa menggunakan Whatsapp di tablet android. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara menggunakan Whatsapp di tablet dengan di smartphone. Cuma beda layarnya saja, kalau pake tablet tampilannya jadi luas, namun secara fitur sama saja pada Whatsaap di smartphone. Saya merasa menggunakan Whatsapp di tablet kurang nyaman, masih enak Whatsapp an di smartphone. Layar yang luas pada tablet membuat susah mengetik pesan, tidak praktis dan sangat merepotkan.

Apalagi jika kita memiliki mobilitas tinggi, kita pergi kemana pun harus membawa tablet, jadi kurang efisien. Whatsapp bukan lagi aplikasi tambahan yang jarang dipake, menurut saya whatsapp sudah menjadi aplikasi paling penting di android. 

Tampilan Whatsapp di Tablet Lenovo S6000
Itu lah pengalaman saya mengunstal Whatsapp di tablet lenovo S6000, apabila ada yang kurang jelas silahkan komentar di bawah.

Update Info
Menurut kabar terbaru WhatsApp tidak bisa lagi digunakan di beberapa ponsel mulai tanggal 1 Januari 2018. Aplikasi WhatsApp akan lebih fokus ke platform iOS dan Android, seperti yang dikatakan perusahaan tersebut dalam sebuah blog,"Seiring kita melihat ke depan untuk tujuh tahun ke depan, kami ingin memfokuskan usaha kami pada platform mobile yang sebagian besar digunakan orang,"

Perangkat yang bakat tidak bisa menggunakan WhatsApp yaitu perangkat dengan Blackberry OS, dan perangkat dengan sistem operasi Microsoft Windows 8. Kita sudah tau bahwa kedua OS tersebut kalah di pasaran, perusahannya pun sudah mulai beralih ke OS Android.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi

12 komentar

infonya menarik nih. Tablet istri saya kok bisa instal di Playstore bisa ya Mas? apakah beda spesifikasi Tabletnya Y?

Kalo ditablet Lenovo A1000 punya saya ga bisa,, karena full memori nya.. hehehe.. ada solusi ga ya, asal jangan buang aplikasi yang sudah terinstall di tab.

Tabletnya berapa inchi mas?
Alhamdulillah tab asus saya lancar2 saja instal wa dari playstore. Udah hampir 3 tahun pakenya. Tapi sayangnya satu akun gabisa 2 perangkat ya hehe.

Kadang2 hp udah low, dan gak ada colokan, tapi ada pesan penting. Sementara tab batrenya masih oke. Sebab jarang dipake. Bikin galau

mungkin beda spekmas, tablet saya gak ada fitur telponnya

Kalau full memorinya coba aja hapus cache nya, saya biasanya pakai ccleaner

Punyaku 10 inch, kalau tablet baterainya memang oke. kalau dipake di 2 perangkat belum pernah coba, jadi gak tau.

wah seru ini, aku jadi ingat tabletku. Sementara masih pakai hp aja buka WA dan PC

Tablet saya masih bisa WA nya mas. Atau tablet tertentu aja yaa yang ngga bisa pakai wa lagi? Hm.. Tapi nice info lah

Infonya harus kushare ke temen nih. Biar ga galau lagi dengan tabletnya. Thanks for the info

Masih enakan pake hp mbak, ini aja terpaksa karena hp ku dh lelet bnget, makanya WA nya pake tab

Beruntung, jd lngsung bisa download di playstore.


EmoticonEmoticon