Wednesday, December 13, 2017

Cara Menggunakan Obucort dan Meptin Swinghaler Yang Benar

Salam sehat,
Semoga kita selalu diberikan kesehatan, amien.
Bagi penderita penyakit paru, terutama inflamasi pada saluran jalan napas seperti asma, sudah tidak asing dengan obat-obatan inhalasi, contohnya seperti Obucort dan Meptin. Jenis obat seperti ini menjadi pilihan utama karena obat akan langsung masuk ke target organ, sehingga dosis dan efek sampingnya lebih kecil, dan cara kerja obat lebih cepat. Berbeda dengan obat oral yang memerlukan dosis lebih besar dan memiliki banyak efek samping, apalagi jika obat tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Penggunaan obat inhalasi tidak seperti meminum obat biasa, cara menggunakan obat inhalasi berbeda-beda tergantung jenis obat dan perusahan pembuatnya. Tetapi tidak perlu khawatir, penggunaannya sangat mudah, cukup penjelasan satu kali saja sudah cukup. Seperti pada penggunaan Obucort Swinghaler dan Meptin Swinghaler di bawah ini.

Cara menggunakan Obucort Swinghaler yang benar


Obucort Swinghaler
Obucort Swinghaler adalah obat yang diindikasikan untuk penyakit Asma, obat ini termasuk obat anti inflamasi atau controller. Obucort Swinghaler mengandung komposisi aktif Budesonide. Cara pemakaiannya sebagai berikut.

4 Langkah mudah memakai Obucort Swinghaler

1. Kocok Swinghaler

4 Langkah mudah memakai Obucort Swinghaler

Sebelumnya buka dulu tutup Obucort Swinghaler, kemudian kocok obat tersebut dengan cara mengayunkan naik turun sampai 5 kali, posisi Obucort harus sama dengan gambar di atas.

2. Klik 1 kali

4 Langkah mudah memakai Obucort Swinghaler

Pegang Obucort Swinghaler seperti di atas, lalu dorong sampai bunyi klik 1 kali. Ini bertujuan untuk membuka obat.

3. Hirup obat


4 Langkah mudah memakai Obucort Swinghaler

Masukkan ujung Obucort ke dalam mulut, lalu hirup obat yang dalam. Kemudian lepaskan Obucort Swinghaler dari mulut dan tahan napas selama 7 detik.

4. Klik kembali 1 kali


4 Langkah mudah memakai Obucort Swinghaler

Pegang Obucort Swinghaler seperti gambar di atas, lalu dorong hingga bunyi klik 1 kali, ini berarti obat sudah tertutup. Jangan lupa tutup juga bagian luar Swinghaler.

Catatan:
  • Pastikan posisi dose counter menghadap ke atas.
  • Jika memerlukan obat lebih dari satu kali, ulangi langkah 1-4 di atas.
  • Bersihkan mulut Anda dengan air (kumur-kumur) setelah pemakaiaan. 

Cara menggunakan Meptin Swinghaler yang benar


Meptin Swinghaler
Meptin Swinghaler adalah obat yang digunakan untuk meredakan gejala yang disebabkan adanya penyumbatan saluran pernafasan seperti pada penyakit Asma bronkial, Bronkitis kronik, Emfisema paru. Meptin Swinghaler mengandung bahan aktif Procaterol HCl hemihydrate.

Cara menggunakan Meptin Swinghaler sama persis dengan cara menggunakan Obucort Swinghaler. Jadi Anda yang mengkonsumsi Meptin Swinghaler bisa menggunakan cara di atas untuk pemakaiannya. Yaitu mulai dari langkah 1-4. Jangan lupa untuk membersihkan mulut dengan berkumur-kumur setelah pemakaian obat tersebut.

Ada pun kesalahan yang sering terjadi pada pemakaian obat swinghaler adalah tehnik menghirup obat, kebanyakan orang hanya menghirup ala kadarnya, tidak menghirup secara maksimal. Dengan pemakaian obat yang benar maka dosis obat tidak akan berkurang sehingga pengobatan menjadi optimal yang pada akhirnya akan mempercepat kesembuhan pasien.

Semoga bermanfaat...

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon