Wednesday, December 27, 2017

5 langkah Sederhana Latihan Berpikir Positif

Definisi berpikir positif


Dihimpun dari berbagai sumber, berpikir positif dapat diartikan sebagai berikut:
  • Berpikir positif adalah suatu kondisi pikiran yang tenang sehingga mampu hidup dengan bahagia. (Abraham Lincoln)
  • Berpikir positif adalah cara berpikir dengan memiliki pandangan yang positif tentang hidup. (Martin Seligman)
  • Berpikir positif adalah cara berpikir dengan memikirkan yang baik-baik. 
  • Berpikir positif adalah proses memilih emosi positif dari rangsangan di lingkungan dan menerapkannya pada persepsi dan keyakinan. 

Dari berbagai definisi di atas dapat disederhanakan bahwa berpikir positif adalah berpikir baik tentang sesuatu. Berpikir positif selalu memandang segala persoalan dari segi manfaat bukan dari segi kerugian. Sebagai contoh, ketika sedang hujan orang dapat berpikir positif atau negatif, jika berpikir positif dia akan berpikir bahwa tuhan sedang menurunkan rejeki, jika berpikir negatif dia akan berpikir bahwa hujan adalah pembawa sial karena membuat dia tidak bisa keluar rumah. 

Berpikir positif harus menjadi kebiasan bagi semua orang, namun banyak orang yang tidak melakukannya karena mereka sudah terbiasa berpikir negatif. Banyak orang yang kecanduan berpikir negatif yaitu berpikir buruk tentang sesuatu. Berpikir negatif bisa membuat orang yang melakukannya ketagihan, bahkan bisa menjadi kebutuhan seseorang. Namun yang patut disadari bahwa berpikir negatif memiliki dampak yang buruk bagi kehidupan. Orang yang berpikir negatif tidak akan pernah maju, tumbuh, dan berkembang.

langkah latihan berpikir positif

5 langkah Sederhana Latihan Berpikir Positif


Untuk itu kita harus melatih pikiran positif agar menjadi kebiasaan, sehingga hidup bisa maju dan mendapatkan kebahagiaan. Untuk melatih diri terbiasa berpikir positif, kita bisa melakukan 5 langkah sederhana berikut ini.

Langkah 1
Selama 10 hari harus menolak untuk tunduk pada pikiran, perasaan, pertanyaan, kata-kata, atau kiasan negatif. Disini kita harus berusaha untuk selalu berpikir positif, walaupun banyak orang yang berpikir negatif, apa pun yang terjadi harus berpikir positif. Setiap pikiran negatif yang muncul harus dilawan.

Langkah 2
Ketika diri kita berkonsentrasi pada pikiran negatif, maka kita harus segera bertanya pada diri sendiri untuk mendapatkan keadaan yang lebih baik. Pertanyaan tersebut bisa seperti ini: apa manfaat yang bisa saya peroleh dari peristiwa ini? apa yang akan saya lakukan untuk lebih baik?

Langkah 3
Ketika kita bangun pada pagi hari, bertanyalah pada diri sendiri tentang pertanyaan positif seperti berikut ini:
  • Apa yang saya sukuri saat ini, banyak sekali yang bisa kita sukuri, kita bersyukur masih diberi hidup, kita bersyukur masih bisa bernapas dengan baik, kita bersyukur masih bisa makan dengan nikmat, kita beryukur masih bisa melihat. Banyak hal yang bisa kita syukuri, namun kadang kita tidak pernah melakukannya karena kita terlalu banyak memikirkan apa yang tidak bisa kita syukuri.
  • Apa yang dapat saya nikmati sekarang, saya bisa meminum secangkir kopi yang nikmat, saya bisa menikmati makan nasi putih yang nikmat. Kita harus menikmati apa pun yang kita lakukan, rasakan saat bagun pagi lalu buang air kecil. Bikmatilah segala sesuatu itu.

Langkah 4
Melewati 10 hari kedepan, kita harus fokus pada solusi bukan pada masalah. Misalkan sebagai karyawan dengan gaji kecil, tidak sesuai dengan yang diharapkannya, jika fokus pada masalah maka ia akan mengeluh dan menyalahkan bosnya, tetapi jika fokus pada solusi tentu saja ia akan melakukan sesuatu untuk mendapatkan uang yang lebih banyak, misalnya berdiskusi dengan bos untuk kenaikan gaji, bekerja sampingan, atau meningkatkan keterampilan diri. Intinya kita harus fokus pada jalan keluar, bukan malah mengeluh dan menyalahkan orang lain.

Langkah 5
Jika kita memiliki pikiran, pertanyaan, atau perasaan buruk, kita harus mengubah segera menjadi pikiran positif. Jika kita memikirkan hal buruk selama lebih dari lima belas menit, kita harus menunggu hingga pagi berikutnya dan memulai sepuluh hari lagi tidak peduli berapa banyak hari berturut-turut kita telah memulai latihan berpikir positif

Jika dalam sepuluh hari kita selalu berpikir positif dan tidak pernah berpikir negatif maka kita berhasil melakukan latihannya, tetapi jika kita pernah berpikir negatif kita harus mengulang lagi latihannya dari hari pertama. Jadi selama latjhan kita sama sekali tidak boleh berpikir negatif, jika terlintas pikiran negatif harus segera dialihkan ke pikiran positif. 

Sepuluh hari latihan mental berpikir positif ini sangat bermanfaat. Membuat kita menciptakan kebiasaan, standar, dan harapan baru yang akan membantu kita tumbuh dan menikmati hidup lebih dan lebih, setiap hari! Latihan ini sangat sederhana namun akan memberikan dampak yang luar biasa, buktikan sendiri

Apabila kita selesai melakukan 5 langkah sederhana latihan berpikir positif, kita harus memberikan hadiah pada diri sendiri, hadiah ini bisa apa saja, misalkan sesuatu yang sangat kita inginkan, seperti membeli tas idaman, pergi nonton bioskop, mendaki gunung, atau hanya membeli semangkuk bakso, itu bukan masalah. Ketika memberikan hadiah kepada diri sendiri harus disesuaikan dengan kantong, jangan sampai malah membuat masalah baru.

Selamat melakukan 5 langkah sederhana berpikir positif selama 10 hari, apabila berhasil melakukan latihan ini, terus lanjutkan berpikir positif selamanya, dan nikmati hasilnya.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon