Sunday, November 5, 2017

Gak Semangat Hidup, Harus Lebih Bersyukur

Gak Semangat Hidup, Harus Lebih Bersyukur

Hidup harus penuh dengan semangat, namun banyak sebagian hanya menjalani hidup biasa-biasa saja, bahkan ada yang gak semangat hidup. Kejenuhan hidup bisa menimpa siapa saja, tidak peduli apakah dia orang miskin, kaya, orang biasa atau publik figur. Sudah banyak contohnya, baru-baru ini yang heboh adalah bunuh diri vokalis Linkin Park. Tentu saja ini sangat mengejutkan, karena dia adalah orang yang kaya dan sukses dalam dunia musik.

Gak semangat hidup yang berlangsung terlalu lama bisa berbahaya, bisa-bisa ujungnya gak mau hidup dan bunuh diri. Menemukan makna hidup, bahwa kita sangat bernilai bagi kehidupan ini. Seperti bunuh diri vokalis Linkin Park, kalau dia bisa melihat setiap kelebihan yang ia miliki tentu saja tak akan bunuh diri. Menurut saya ia bunuh diri karena hanya melihat apa yang kurang dari dirinya, bukan melihat kelebihan yang ia miliki.

Saya sendiri pernah mengalami yang namanya gak semangat hidup. Bukanya masalah atau pun yang membutku mengalami kejenuhan, setelah kesana kemari, siang dan malam mencari solusinya, aku sadar bahwa kejenuhan yang membuat gak semangat hidup adalah kurangnya rasa sukur. Aku lebih fokus pada apa yang tak ku miliki dan yang tak aku lakukan, seharusnya aku fokus pada apa yang aku miliki.

Gak semangat menjalani hidup muncul dari rasa kurangnya manfaat diri, sepertinya aku tampak tak melakukan apa-apa. Itu hanya yang aku rasakan, bukan kenyataan yang sebenarnya. Karena yang sebenarnya aku telah melakukan banyak hal, hanya saja aku tak dapat merasakannya karena kurangnya rasa sukur.

Setelah aku melakukan berbagai hal untuk menghilangkan kejenuhan hidup, semua tampak sia-sia. Sampai aku menghadirkan rasa syukur, menerima apa pun keadaan saat ini sebagai keadaan yang terbaik. Dengan menghargai yang aku miliki saat ini, semuanya tampak jelas bahwa banyak yang bisa aku lakukan, banyak yang membuat hidup bergairah.

Tanpa menghargai yang ada sulit untuk mendapatkan apa yang aku inginkan. Mengucapkan terimakasih setelah menarik napas dalam dan keluarkan secara perlahan, merasakan nikmatnya hembusan nafas itu, sebuah cara sederhana membuat hidup lebih bersemangat. Merasakan nafas yang masih berhembus dengan mudahnya sedangkan masih banyak orang yang mengalami kesulitan bernapas.

Dengan menghargai semua yang aku miliki, semua peluang-peluang baru bermunculan, lebih banyak hal yang bisa dilakukan. Hal yang dulunya tampak sulit dan membosankan berubah menjadi hal yang mudah dilakukan. Dengan bersyukur aku menemukan kemampuan terbikku, menemukan banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjalani hidup yang penuh gairah.

Mari syukuri hidup ini, menerima apa pun keadaan saat ini sebagai yang terbaik yang diberikan Tuhan, dan gunakan semua yang kita miliki untuk melakukan sesuatu yang terbaik dalam hidup.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon