Saturday, November 4, 2017

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel, Indosat, XL

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel, Indosat, XL

Saya menggunakan kartu prabayar dari Telkomsel dan Indosat, pada tanggal 13 Oktober 2017 saya mendapatkan SMS dari KOMINFO ke nomer Im3 untuk registrasi ulang kartu prabayar. Mulanya saya tidak menanggapi SMS tersebut, saya kira ini sms iseng atau penipuan. Pada 26 Oktober 2017 saya mendapatkan sms dari KOMINFO ke nomer simpati untuk registrasi ulang kartu prabayar.

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel, Indosat, XL

Setelah mendapatkan SMS kedua dari KOMINFO agar registrasi ulang saya mulai mencari informasi lain tentang SMS tersebut. Dari berita di tv dan media online ternyata memang benar bahwa kita harus registrasi ulang kartu prabayar.

Berdasarkan SMS yang saya terima dari KOMINFO kita wajib daftar ulang kartu prabayar per 31 Oktober 2017 dengan validasi No Induk Kependudukan (NIK) dan No Kartu Keluarga (NomerKK). Menurut saya ini langkah yang baik dari Pemerintah untuk melindungi warganya. Saya sendiri sering mengalami penyalahgunaan nomer hp untuk penipun. Saya harap dengan diberlkukannya registrasi ulang menggunakan KTP dan KK penipun atau tindak kejahatan menggunkan nomer hp bisa berkurang.

Cara registrasi ulang kartu prabayar menggunakan KTP dan KK sangat mudah, cara ini berlaku untuk semua operator, jadi apa pun kartu yang digunakan caranya sama. Ntah itu kartu Simpati, As, XL, AXIS, Tri, IM3, Mentari, BOLT!, Smartfren dapat menggunakan cara berikut ini untuk registrasi ulang.

Cara registrasi ulang kartu prabayar semua opertor
Ketik: ULANG#NIK#NomorKK#
Kirim SMS ke 4444
Cuma begitu saja cara registrasi ulang, mudah kaan!
Dari pengalaman yang saya dapatkan ketika registrasi, walaupun data yang saya masukkan sudah benar sesui dengan NIK dan NomorKK tetapi dianggap salah.

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel, Indosat, XL

Kemudian saya kirim SMS yang sama, dan ternyata saya tidak mendapatkan balasan apakah registrasi berhasil atau tidak.

Selang 2 hari saya mengirim kembali SMS yang sama, dan berhasil dengan mendapatkan balasan SMS seperti ini.

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Telkomsel, Indosat, XL

Dari pengalaman tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ketika registrasi ulang tidak harus langsung berhasil. Syukur kalau sekali registrasi langsung berhasil, apabila tidak berhasil bisa kirim SMS yang sama sesuai dengan format diatas beberapa kali. Apabila tetap tidak berhasil bisa kunjungi gerai operator terdekat atau telpon call centre operator yang Anda gunakan. Ayo... Registrasi kartu prabayar secepatnya agar tidak terblokir.

Walaupun pemerintah sudah memberikan informasi yang jelas tentang kewajiban registrasi ulang kartu prabayar dengan menggunakan KTP dan KK, masih banyak orang yang mengabaikannya. Mungkin mereka menganggap masalah registrasi ini hanya registrasi biasa saja, padahal sebaliknya, banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan meregistrasi kartu prabayar.

Sebagai contoh, saya mengalami sendiri manfaat dari melakukan registrasi ulang kartu prabayar. Pada waktu itu saya mengalami musibah, ponsel saya hilang dicuri orang. Ponsel yang hilang tersebut menggunakan kartu SIM Telkomsel, dan kartu tersebut adalah kartu utama saya, dimana saya menggunakannya untuk registrasi beberapa email saya, WhatsApp, dan SMS banking.

Ketika ponsel yang berisi kartu SIM tersebut hilang saya sangat panik sekali, karena berisi data-data yang sangat penting, saya khawatir jika data tersebut disalahgunakan oleh si pencuri. Oleh karena itu saya berinisiatif untuk melaporkan kehilangan tersebut ke Grapari Telkomsel. Tujuan saya ke Grapari Telkomsel adalah untuk memblokir kartu SIM yang hilang dan menggantinya dengan kartu sim baru, namun masih dengan nomer telpon yang sama.

Karena saya sudah melakukan registrasi kartu tersebut dengan menggunakan KTP dan KK, saya mendapatkan kemudahan untuk memblokir dan mengganti dengan SIM yang baru. Saya hanya menyodorkan KTP asli saya, dan tanpa menunggu lama petugas Grapari selesai mencocokkan data SIM card yang hilang dengan KTP saya. Akhirnya dengan cepat saya mendapatkan SIM card yang baru, dan SIM card yang lama telah di blokir.

Tentu saja jika saya belummelakukan registrasi sesuai dengan KTP dan KK, akan repot sekali, karena saya tidak mempunyai bukti bahwa karti SIM yang hilang adalah milik saya.

Itulah manfaat yang saya rasakan dari melakukan registrasi ulang kartu prabayar.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon