Sunday, October 1, 2017

Pengertian Kesehatan Jiwa Menurut Para Ahli

Pengertian Kesehatan Jiwa Menurut Para Ahli

Sebagian besar orang hanya berfokus pada kesehatan secara fisik, padahal pada diri manusia terdapat kesehatan lain yang sangat penting, yaitu kesehatan jiwa. Lalu apa sebenernya yang dimaksud dengan kesehatan jiwa.

Menurut para ahli kesehatan jiwa didefinisikan sebagai berikut:


1. UU Kesehatan Jiwa No. 3 Tahun 1996 
Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi fisik, intelektual, dan emosional secara optimal dari seseorang serta perkembangan ini berjalan selaras dengan orang lain.

2. Yahoda dalam Stuart dan Laraia, 1998
Kesehatan jiwa adalah sikap positif terhadap diri sendiri, tumbuh, berkembang, memiliki aktualisasi diri, keutuhan, kebebasan diri, memiliki persepsi sesui kenyataan, dan kecakapan dalam beradaptasi dengan lingkungan.

3. Roshdahl, 1999
Kesehatan jiwa adalah kondisi jiwa seseorang yang terus tumbuh berkembang dan mempertahankan keselarasan, dalam pengendalian diri serta terbebas dari stress yang serius.

4. Johnson, 1997
Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi sehat emosional, psikologis, dan social yang terlihat dari hubungan intrapersonal yang memuaskan, perilaku dan koping yang efektif, konsep diri yang positif, serta kestabilan emosional.

Kesehatan jiwa sesutu yang sering terlupakan, padaha kesehatan jiwa adalah salah satu kunci seseorang dalam menjalani hidup. Pengendalian diri, peningkatan aktualisasi diri, serta selalu menggunakan mekanisme koping positif dalam menyelesaikan masalah yang terjadi bisa membuat seseorang berhasil dalam hidup.

Kesehatan jiwa sangat erat kaitannya dengan kebahagian, tentu saja dengan jiwa yang sehat seseorang bisa menyikapi setiap persoalan hidup dengan baik. Apabila seseorang mengalami gangguan jiwa maka terjadi masalah pada fungsi mental seperti emosi, pikiran, perilaku, perasaan, motivasi, kemauan, keinginan, persepsi, dan daya tilik diri yang menyebabkan terganggunya proses hidup di masyarakat.

Sudahkah kita mempunyai jiwa yang sehat? Atau malah mengalami gangguan jiwa. Videbeck mengatakan bahwa kriteria gangguan jiwa secara umum meliputi beberapa hal berikut ini.
  1. Hubungan yang tidak efektif atau tidak memuaskan
  2. Ketidakpuasan dengan karakteristik, kemampuan dan prestasi diri
  3. Tidak puas hidup di dunia
  4. Koping yang tidak efektif terhadap peristiwa
  5. Tidak terjadi pertumbuhan kepribadian
  6. Terdapat perilaku yang tidak diharapkan. 

Salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan jiwa adalah dengan agama. Memperdalam ilmu agama dan menjalankan ajarannya terbukti dapat membuat jiwa sehat.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon