Thursday, October 5, 2017

11 Amalan Pembuka Rezeki Agar Lancar dan Berkah

12 Amalan Pembuka Rezeki Agar Lancar dan Berkah

Rezeki adalah segala sesuatu yang memberikan manfaat, bisa berupa harta, rumah, kendaraan, kesehatan, dan lebih banyak lagi, baik berasal dari yang halal maupun haram. Rezeki jenis ini Allah berikan kepada seluruh makhluk-Nya, baik orang muslim maupun orang kafir. Untuk memperlancar rezeki bisa dilakukan dengan amalan-amalan berikut ini.

1. Rutin Beristighfar

Kalimat istighfar, "astaghfirullahal azhim" mempunyai manfaat yang besar bagi yang membacanya, salah satunya adalah dilapangkan rezeki. Dijelaskan juga dalam hadist nabi, "Barang siapa rutin membaca istighfar, Allah akan memberikan solusi pada setiap kesulitannya, dan penyelesaian bagi setiap permasalahannya. Dan, Dia akan memberikan rezeki dari jalan yang tidak terduga." (HR. Abu Dawud, Nasa'i, Ibnu Majah, Hakim, Baihaqi)

Istighfar merupakan bentuk dari permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan di masa lampau. Istighfar bukan hanya sebuah kewajiban tetapi juga kebutuhan buat kita. Karena itu Rasulullah SAW tidak bangun dari tempat duduknya, kecuali beristighfar kepada Allah sebanyak 70 kali.

Oleh karena itu, apabila kita ingin diperlancar rezekinya, maka perbanyaklah membaca istighfar dalam setiap kesempatan, kapan dan dimana pun. Di waktu senggang saat berada di kantor, ketika menunggu dagangan di toko, ketika menunggu burung di sawah, dan dikesempatan luang lainnya, usahakan untuk membasahi lidah dengan beristighfar.

2. Menjauhi Perbuatan Dosa

Perbuatan dosa adalah salah satu penyebab ditutupnya pintu rezeki, dengan kata lain Allah SWT tidak senang pada orang yang berbuat dosa, sehingga Dia menyempitkan jalan rezekinya. Salah satu perbuatan dosa yang harus dihindari adalah maksiat. Perbuatan ini memiliki akibat yang luar biasa bagi pelakunya. Akibat perbuatan maksiat antara lain:
  • Maksiat sebab tidak terkabulkannya doa.
  • Maksiat menghalangi ilmu.
  • Maksiat menghalangi rezeki.
  • Maksiat mendatangkan bencana dan kesulitan.
  • Maksiat menghapus rasa malu.
  • maksiat membuat hamba dilupakan Allah.
  • Maksiat melenyapkan nikmat.
  • Maksiat membuat kita berjarak dengan Allah.
  • Maksiat membuat jarak dengan orang-orang baik.
Memang begitu sulit untuk menghindari maksiat, karena ia sangat dekat dengan kita. Agar terhindar dari maksiat, bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini.
  • Menambah ilmu, karena iman tidak akan benar jika tidak dibarengi ilmu.
  • Mengerjakan amal salih.
  • Bergaul dengan orang-orang saleh agar kita terbawa saleh.
  • Hijrah, yaitu hijrah dalam pengertian luas, yaitu menjauhi larangan Allah.
  • Bulatkan niat dan tekad untuk bertaubat, menjauhi segala perbuatan maksiat dan dosa.

3. Berbakti Kepada Orang Tua

Orang yang berbakti kepada orang tua, maka Allah SWT akan membalasnya dengan seribu kebaikan, yang salah satunya adalah dibukanya pintu rezeki. Berbakti kepada orang tua merupakan sebab mengalirnya rezeki. Hal ini berdasarkan sabda Nabi SAW, "Apabila hamba itu meninggalkan berdoa kepada kedua orang tuanya, niscaya terputuslah rezeki (Allah) daripadanya." (HR. Hakim dan Dailami).

Ucapkanlah kata-kata yang santun saat berkomunikasi dengan orang tua, jangan sekali-kali menyakiti hatinya. Dan berdoalah untuk keduanya setiap usai sholat lima waktu. Jika kita melakukannya, niscaya Allah SWT akan melapangkan dan membukakan pintu rezeki bagi kita serta menambahkan panjang umur kita.

4. Bangun Awal di Pagi Hari

Waktu pagi adalah waktu yang berkah, Rasulullah SAW bersabda, "Ya Allah, berkahilah umatku di pagi harinya." (HR. Abu Daud dan Tarmidzi).

Diceritakan juga oleh Fatimah az-Zahra Ra. dalam sebuah hadis yang berbunyi: "Pada suatu pagi, Rasulullah SAW lewat depanku dalam keadaan aku sedang berbaring. Sambil membangunkan aku dengan kaki, Baginda berkata, 'Hai anakku, bangun! Saksikanlah rezeki Tuhanmu dan janganlah engkau menjadi orang yang lalai, sebab Allah membagikan rezeki kepada manusia di waktu fajar mulai menyingsing hingga matahari terbit." (HR. Baihaqi)

Untuk itu, setelah shalat subuh kita sebaiknya tidak tidur lagi, sudah jelas bahwa waktu pagi adalah waktu yang baik untuk menjemput rejeki. Isilah waktu pagi dengan kegiatan yang bermanfaat.

5. Menikah

Firman Allah SWT, "Dan, nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu lelaki dan hamba-hamba sahaya yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Allah maha luas pemberian-Nya lagi maha mengetahui." (QS. an-Nur 24:32)

Dalam ayat tersebut, Allah SWT dengan tegas menjamin rezeki bagi orang yang menikah. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi Anda yang sudah bekerja untuk menikah. bahkan, bagi Anda yang belum punya kerja, tetapi sudah wajib menikah, Allah SWT akan membukakan pintu rezeki bagi Anda.

6. Menyambung Tali Silaturahmi

Menyambung tali silaturahmi adalah kewajiban bagi umat muslim, namun di era sekarang ini banyak orang yang tidak memperhatikan masalah ini. Silaturahmi sangat bermanfaat untuk membuka pintu rezeki, Allah SWT akan meluaskan rezeki orang yang suka menyambung tali silaturahmi.

Mengenai definisi silaturahmi, Rasulullah SAW bersabda, "Bukanlah silaturahmi orang yang membalas kunjungan atau pemberian, tetapi yang bersilaturahmi adalah yang menyambung apa yang telah putus." (HR. Bukhari). 

7. Banyak Bersedekah

Kalau amalan pembuka rezeki dengan sedekah sudah tidak asing lagi, banyak buku-buku dan para ustad yang membahas bagaimana caranya membuka pintu rezeki dengan bersedekah. Dengan bersedekah Allah akan membalas berkali-kali lipat dari nilai yang kita sedekahkan.

Kisah nyata terbukanya pintu rezeki setelah bersedekah banyak sekali, yang cukup terkenal adalah kisah sedekah pengusaha sukses H. A. Pramono, pemilik Ayam Bakar Mas Mono. Ia sudah membuktikan sendiri janji Allah SWT mengenai balasan sedekah 10 kali lipat hingga 700 kali lipat. Dulunya ia adalah seorang office boy perusahaan swasta di jakarta, namun sekarang sudah menjadi pengusaha kuliner yang sukses, memiliki banyak cabang warung makan. Beliau menceritakan bahwa salah satu kunci suksesnya adalah dengan bersedekah.

8. Shalat Malam

Shalat malam atau shalat tahajud adalah shalat sunnah yang sangat dahsyat dan banyak manfaatnya. Shalat tahajud merupakan jalan untuk meminta apapun yang kita inginkan, seperti minta rezeki, dikabulkannya hajat, minta petunjuk dan masih banyak lagi.

Rasulullah SAW bersabda, "Di malam hari, ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam." (HR. Muslim dan Ahmad). Selain pembuka pintu rezeki, shalat tahajud juga memiliki keistimewaan yang lain seperti:
  • Shalat tahajud sebagai tiket masuk surga.
  • Amal yang menolong di akhirat.
  • Pembersih penyakit hati dan jasmani.
  • Sarana meraih kemuliaan.
  • Jalan mendapatkan rahmat Allah.
  • Sarana pengabulan permohonan.
  • Penghapus dosa dan kesalahan.
  • Jalan mendapat tempat yang terpuji.
  • Pelepas ikatan setan.
  • Waktu utama untuk berdoa
  • Meraih kesehatan jasmani.
  • Penjaga kesehatan rohani.

9. Sholat Dhuha

Barang siapa yang ingin dilancarkan rezekinya maka tunaikanlah sholat dhuha. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, "Wahai anak adam, jangan sekali-sekali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha. Karena, dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya." (HR. Hakim dan Thabrani). Selain itu masih banyak lagi keutamaan shalat dhuha. 
  • "Siapa pun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak lautan." (HR. Tirmidzi)
  • "Barang siapa yang shalat dhua sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga." (Shahih al-Jami')

10. Berdzikir Khusus Pemurah Rezeki

Dzikir merupakan doa, dan berdoa adalah amalan yang dapat membuka pintu rezeki. Untuk itu, sebaiknya kita memperbanyak berdzikir, terutama dzikir khusus pemurah rezeki. 
  • Laa Haula Wala Quwwata Illaa Billah. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang lambat datang rezekinya hendaknya banyak mengucapkan, Laa haula wala quwata illa billah." (HR. Thabrani).
  • Laa Ilaaha Illallahul Malikul Haqqul Mubin. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa setiap hari membaca 'laa ilaaha illallahul malikul haqqul mubin', maka bacaan itu akan menjadi keamanan dari kefakiran dan menjadi penenteram dari rasa takut dalam kubur." (HR. Abu Nu' aim dan Dailami).
  • Membaca Basmalah. Rasulullah bersabda, "Setiap perkara yang tidak dimulai dengan basmalah, maka amalan tersebut terputus keberkahan-Nya." Bagaimana cara mengamalkannya?
    • Membaca basmalah 313 kali ketika matahari terbit dengan menghadap kiblat, kemudian membaca shalawat 100 kali, maka Allah akan memberikan rezeki yang tak terduga.
    • Membaca basmalah 12.000 kali, setiap seribu kali shalat sunnah 2 rakaat, lalu memohon rezeki yang banyak, insya Allah doanya terkabul.
    • Membaca basmalah 786 kali setiap hari selama 7 hari berturut-turut dengan maksud memperoleh rezeki yang melimpah, insya Allah akan terwujud.

11. Membaca Surat Khusus Rezeki

Beberapa surat di dalam Al-quran yang apabila diamalkan secara istiqomah dengan cara tertentu dapat bermanfaat sebagai surat pemurah rezeki. Surat-surat tersebut antara lain:
  • Surat al-Fataihah. Surat ini sangat dahsyat sekali khasiatnya, salah satunya adalah membuka pintu rezeki. Bagaimana cara mengamalkannya?
    • Membaca al-Faatihah sebanyak 41 kali antara sholat sunnah qabliyah dan sholat subuh , maka segala utang akan terbayar, ada saja jalannya dan rezekinya lancar.
    • Membaca al-Faatihah setiap selesai shalat subuh 30 kali, selesai shalat ashar 20 kali, selesai shalat maghrib 15 kali, selesai shalat isya' 10 kali, maka rezekinya akan dimudahkan oleh Allah.
  • Surat al-Waaqi'ah. Surat ini sudah terkenal sebagai surat pemurah rezeki, sehingga banyak kaum muslim yang membacanya ketika disempitkan rezekinya. Diterangkan juga dalam sabda Rasulullah SAW, "Barang siapa membaca surat al-waaqi'ah setiap malam, ia tidak akan ditimpa kesusahan datau kemiskinan selama-lamanya." (HR. Baihaqi dari Ibnu Mas'ud Ra.). dan "Ajarkanlah surat al-Waaqi'ah kepada istri-istrimu, karena sesungguhnya ia adalah surah kekayaan." (HR. Ibnu 'Ady). Bagaimana cara mengamalkannya?
    • Membaca surat al-Waaqi'ah setiap hari dan malam sebanyak 40 kali selama 40 hari akan membuat rezeki mengalir terus dari berbagai penjuru.
    • Membaca surat al-waaqi'ah sebanyak 41 kali dan jangan berpindah tempat duduk sampai selesai, dan dilakukan sesering mungkin maka rezeki akan datang seperti hujan.
    • Jika membaca surat ini 3 kali setelah shalat subuh dan 3 kali setelah shalat sya', insya Allah dalam waktu setahun ia akan dijadikan seorang hartawan yang dermawan.
    • Apabila seseorang membiasakan membaca surat ini setiap malam satu kali, maka ia dijauhkan dari kemiskinan.
  • Surat al-Ikhlash. Surat ini mempunyai faedah yang sangat besar untuk melimpahkan rezeki, mempoleh pahala, dan pengampunan dosa. Bagaimana cara mengamalkannya?
    • Membaca surat ini sebanyak 1000 kali setiap hari dengan niat berdzikir, mencari kemudahan dan rezeki, insya Allah akan memperoleh rezeki yang cukup dan tidak kekurangan.
    • Membaca surat al-Ikhlash sebanyak 66 kali, lalu membaca lafazh "Allah" sebanyak 5631 kali, lalu membaca "Masya Allah" sebanyak 1000 kali, lalu membaca shalawat 1000 kali, dan setelah itu tidurlah dengan tenang. Maka dalam mimpi akan ditunjukkan pekerjaan yang membuat kita sukses.
  • Surat Yaasin. Surat ini ternyata memiliki khasiat bagi terbukanya pintu rezeki. Bagaimana cara mengamalkannya?
    • Membaca surat ini sebanyak 41 kali tanpa berpindah tempat, tanpa bicara apa pun, kemudian tidurlah. Setelah bangun, Anda akan menemukan keajaiban yang terjadi pada Anda. Insya Allah.
    • Membaca surat ini sebanyak 25 kali insya Allah apa yang menjadi niat dan maksud akan terkabul, seperti niat dalam urusan rezeki.

Bekerja keras adalah salah satu kunci kesuksesan meraih rezeki yang berlimpah. Namum cara paling sederhana mendapatkan rezeki yang berlimpah adalah meminta langsung kepada pemberi rezeki yaitu Allah SWT. 

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon