Friday, September 15, 2017

Tips Hemat Uang Bulanan Ala Robert G Allen

Tips Hemat Uang Bulanan  Ala Robert G Allen

Diwaktu santai tiba-tiba saya ingin membaca buku yang sudah lama saya beli, dan saya menemukan artikel yang sangat menarik, yaitu bagaimana cara berhemat. Artikel ini sangat bermanfaat terutama buat saya sendiri dan mudah-mudahan bisa bermanfaat buat temen-temen juga. Dalam buku "Multiple Streams of Income" karya Robert G Allen dijelaskan bagaimana cara berhemat.

Untuk memiliki banyak uang ada dua cara sederhana yaitu memperkecil pengeluaran dan memperbesar pemasukkan. Yang akan saya jelaskan dalam postingan kali ini adalah bagaimana cara memperkecil pengeluaran atau berhemat.

Bagi sebagian orang memperbesar pendapatan sepertinya sulit walaupun bisa, seperti artikel saya yang berjudul "Tips Merubah Hobi Menjadi Pendapatan". Tetapi tidak dengan memperkecil pengeluaran, itu sangat mudah. Tetapi kenapa banyak orang yang tidak berhemat, saya akui salah satunya saya sendiri. Saya merasa boros dan kadang membeli barang-barang yang tidak pernah saya gunakan. Dari pengalaman itu saya jadi tau kenapa banyak orang tidak berhemat, salah satunya adalah karena tidak adanya tujuan untuk berhemat.

Ayuk berhemat dan kalau bisa memperbesar pendapatan juga. Jangan sampai pendapatan berbanding lurus dengan pengeluaran, apalagi lebih besar pengeluaran. Kalau tidak mampu memperbesar pendapatan setidaknya kita dapat memperkecil pengeluaran. Bagaimana caranya? Ini dia tips untuk memperkecil pengeluaran dari Robert G Allen.


1. Berbelanja dengan daftar belanja

Sebelum belanja tulis dulu barang apa saja yang akan kita beli, barang apa yang kita butuhkan. Dengan membuat daftar belanja kita menjadi fokus untuk membeli barang yang hanya kita butuhkan, sehingga dapat terhindar dari membeli barang yang tidak dibutuhkan.

2. Pilih bank dengan biaya Administrasi murah

Jika kita sering bertransaksi menggunakan bank, pilih bank dengan biaya administrasi paling murah, tetapi tetap pilih bank yang terpercaya. Beberapa bank memang menerapkan biaya administrasi yang mahal.

3. Jika sakit, gunakan obat generik saja

Ini seperti buah simala kama, kaya lagu dangdut aja, heee. tetapi sebenernya tidak begitu juga. Dari beberapa artikel farmasi yang saya baca mengatakan bahwa obat generik memiliki efektifitas dengan obat paten. Untuk pembahasan lebih lanjut sepertinya saya harus menuliskan dalam artikel tersendiri.

4. Makan dirumah, jangan di restoran

Bener banget ini, lebih baik makan di rumah daripada makan di restoran. Selain lebih mahal sulit untuk memilih makanan yang sehat. Makan di rumah bebas menentukan menu makanan yang sesuai kebutuhan gizi kita. Boleh makan di restoran, tapi jangan setiap hari makan direstoran.

5. Bawa bekal dari rumah

Membawa bekal ke tempat kerja atau ke sekolah bagi anak-anak sangat bermanfaat sekali. Bisa berhemat dan pastinya makanan yang dikonsumsi jadi lebih sehat.

6. Jangan langganan koran yang gak pernah dibaca

Dunia digital semakin maju, bagi sebagian orang membaca berita leawat smartphone lebih disukai. Namun ada juga yang masih nyaman membaca berita di koran atau majalah. Boleh saja berlangganan koran, namun apabila kita tak terlalu membutuhkannya atau tidak pernah membaca koran tersebut, mendingan stop berlangganan koran.

7. Menonton parade atau karnaval, atau sekedar piknik

Liburan hemat yang jarang terpikirkan untuk liburan atau refreshing dengan menonton karnaval. Ini adalah liburan yang murah dan jadi lebih mengenal budaya. Bisa juga piknik ke taman wisata, seperti Wisata Alam Wira Garden, bisa lebih hemat. Kadang hiburan seperti itu lebih baik daripada hiburan dengan biaya mahal.

8. Gunakan diskon

Beberapa toko biasanya memberikan diskon, kesempatan buat kita untuk memebeli barang yang kita butuhkan. Tips ini cukup bermanfaat terutama bagi saya sendiri. Dari pada membeli barang kw karena uang terbatas saya lebih memilih barang yang original dengan diskon. Tapi ingat tidak semua diskon baik, biasanya mereka menaikkan harga lalu mendiskon barang tersebut.

9. Jangan beli merek, beli kualitas

Namun kebanyakan merek berbanding lurus dengan kualitas, tetapi intuk barang tertentu kita bisa mendapatkan barang biasa dengan kualitas sama baiknya dengan yang bermerek. Pengalaman saya adalah ketika membeli kaos, saya pasti mencari yang murah tetapi kualitasnya bagus, dan biasanya kaosnya tanpa merk.

10. Periksa kuitansi

Siapa tau ada yang salah dengan kuitansinya, kalau memakai teknologi digital, jarang terjadi keslahan kuitansi. Tetapi jika masih manual seperti makan di warung nasi padang atau lainnya yang kuitansinya di tulis tangan tidak ada salahnya memeriksa kuitansi.

11. Cari perbandingan harga di internet

Kalau ini sering saya lakukan, sebelum membeli saya pasti browsing harga dan kualitas barang yang akan di beli. Apakah sesuai kualitas dengan harga, dan juga mencari toko dengan harga termurah.

12. Jangan berlangganan televisi kabel

Kalau menurut saya ini sesuai selera, boleh-boleh saya berlangganan tv kabel, tetapi jika jarang menontonnya lebih baik stop aja.

13. Gunakan mesin cuci kapasitas maksimal

Mencuci pakaian dengan kapasitas maksimal pasti lebih hemat, dengan biaya listrik yang sama bisa memncuci lebih banyak. Bandingkan mencuci 2 baju dengan 10 baju, menggunakan biaya listrik yang sama tetapi hasilnya berbeda.

15. Sisihkan Rp 1000 per hari untuk ditabung

Sangat kecil sekali 1000 rupiah per hari, semua orang pasti bisa melakukannya.

16. Beli celengan untuk uang recehan

ketika berbelanja kadang mendapatkan pengembalian uang recehan, kumpulkan uang tersebut dalam celengan, pasti akan bermanfaat di kemudian hari.

Berhemat sangat penting, jangan sampai pengeluaran jauh lebih besar daripada pendapatan. Kalau bisa pendapatan diperbesar, pengeluaran diperkecil. Untuk berhemat bisa gunakan tips ala Robert G Allen di atas. Jika ada yang mempunyai tips hemat lainnya, bisa email ke saya atau diskusi melalui komentar di bawah.

Semoga bermanfaat,

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon