Saturday, September 9, 2017

Pantangan Penyakit Diabetes - Makanan Harus Dihindari, Dibatasi, Dianjurkan

Pantangan Penyakit Diabetes - Makanan Harus Dihindari, Dibatasi, Dianjurkan

Diabetes melitus atau sering orang menyebutnya kencing manis adalah penyakit gangguan metabolisme gula darah yang disebabkan kekurangan hormon insulin sehingga terjadi peningkatan kadar gula darah. Penyakit diabetes ada yang merupakan keturunan dan ada juga yang terjadi karena obesitas.

Mengatur makanan bagi penderita diabetes adalah kunci utama dalam mengatur kadar gula darah. Walaupun mendapatkan terapi obat atau menggunakan suntikan insulin, tetap saja penderita diabetes harus membatasi asupan gula.

Tujuan diet

Sebenarnya apa yang harus dicapai oleh penderita yang melakukan diet diabetes? Banyak yang melakukan diet tetapi tidak mengetahui tujuan dietnya, tetapi hanya mengetahui tidak boleh makan ini dan itu. Dengan mengetahui tujuan diet, akan membuat tetap dalam jalur. Berikut ini adalah tujuan mengapa seseorang melakukan diet diabetes.
  • Mengatur makanan sesuai kebutuhan.
  • Menjaga kadar gula darah dalam batas normal atau mendekati normal.
  • Mendapatkan berat badan normal serta mempertahankannya.
  • Menghindari terjadinya kadar gula darah terlalu rendah, karena dapat menyebabkan pingsan.
  • Mencegah dan mengurangi terjadinya komplikasi.

Syarat diet

Walapun membatasi mengkonsumsi makanan tertentu, jangan sampai orang yang melakukan diet mengalami kekurangan gizi. Untuk seseorang yang sedang dalam keadaan khusus, seperti kehamilan, menyusui, dan adanya komplikasi harus mengkonsultasikan program dietnya ke dokter atau ahli gizi. Orang yang diet diabetes harus memenuhi syarat berikut ini.
  • Kebutuhan energi ditentukan dengan memperhitungkan kebutuhan untuk metabolisme basal sebesar 25-30 kkal/kg BB normal, ditambah kebutuhan untuk aktivitas fisik dan keadaan khusus, misalnya kehamilan atau lakatasi dan adanya komplikasi.
  • Kebutuhan protein 10-15% dari kebutuhan energi total.
  • Kebutuhan lemak 20-25% dari kebutuhan energi total.
  • Serat dianjurkan 25 gr/hari.

Makanan yang harus dihindari

Makanan berikut ini adalah pantangan bagi penderita diabetes. Agar tujuan diet tercapai harus benar-benar menghindarinya. Bukan hanya gula saja yang harus dihindari, tetapi semua produk yang banyak mengandung gula, seperti makanan di bawah ini.

Sumber protein
Hindari makanan seperti: keju, abon, dendeng.

Buah-buahan
Dilarang mengkonsumsi buah-buahan yang manis seperti: durian, nangka, alpukat, kurma. Dilarang juga mengkonsumsi buah yang diawetkan seperti manisan buah.

Minuman dan kue
Dilarang mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, susu kental manis, soft drink, sirup, es krim, yoghurt. Dilarang juga mengkonsumsi gula pasir, gula merah, gula batu, madu, cake, dodol, coklat, selai manis, permen, tape, dan kue manis lainnya.

Makanan yang harus dibatasi

Masih boleh mengkonsumsi makanan berikut ini, namun dalam jumlah terbatas. Makanan berikut ini mengandung gula, oleh karena itu jumlahnya dibatasi.

Sumber karbohidrat
Ingat! masih boleh mengkonsumsi makanan berikut ini tapi jumlahnya dibatasi, yaitu: nasi, roti, bubur, mie, kentang, jagung, singkong, ubi, sagu, gandum, pasta, talas, ketan, makaroni dan sereal.

Sumber protein
Batasi makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh, seperti: sarden, kuning telor, kornet, sosis, otak, jeroan.

Sayuran
Batasi sayuran berikut ini: buncis, daun melinjo, bayam, wortel, labu siam, pare, daun singkong, jagung muda, kapri, kacang panjang, daun katuk

Buah-buahan
nanas, anggur, mangga, sirsak, pisang, alpukat, sawo, semangka, nangka masak

Batasi juga
Makanan yang digoreng, makanan yang menggunakan santan kental, saus tiran dan kecap.

Makanan yang dianjurkan

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung gula. Diharapkan dengan membatasi asupan gula, kadar gula dalam darah menjadi normal. Berikut ini adalah makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes.

Sumber protein
Konsumsi makanan seperti berikut ini: ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, tempe, tahu,  daging tidak berlemak, kacang tanah,  kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai.

Sayuran
Penderita diabetes dianjurkan mengkonsumsi sayuran tinggi serat, seperti: daun kacang, kangkung, oyong, ketimun, selada, labu air, seledri, tomat, kembang kol, lobak, sawi, terong.

Buah-buahan
Makanlah buah sesuai kebutuhan, seperti: jeruk, apel, pepaya, jambu air, salak, belimbing.

Contoh menu diet diabetes

Untuk mempermudah dalam mengatur makanan penderita diabetes, berikut ini saya berikan contoh menu makanan sehari-hari.

contoh menu pantangan diabetes
gambar: menu pantangan diabetes

Perhatian

Agar tujuan diet diabetes tercapai yaitu gula darah yang terkontrol, penderita harus makan sesuai jadwal, jumlah, dan jenis secara teratur. Penting juga untuk mengecek kadar gula darah, ini sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah makanan yang dikonsumsi sudah dapat mengontrol kadar gula. Jangan sampai terjadi kekurangan gula darah atau hipoglikemia, penderita tersebut bisa pingsan.

Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum melakukan diet gula darah.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon