Monday, September 25, 2017

Lokasi Perkebunan Kopi Air Dingin Lampung Barat

Tags

Kebun Kopi Air Dingin, Lampung Barat

Kebun kopi Desa Air Dingin memang tidak terkenal, wajar saja karena letaknya yang jauh dari jalan lintas kabupaten. Jarang sekali media yang meliput perkebunan ini, walaupun jika dilihat dari segi ekonomi bisa dikatakan sudah maju. Air Dingin masuk dalam kabupaten Gedung Suryan Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Wilayah Air Dingin terletak di pegunungan, apabila melihat depan, belakang, kiri dan kanan, yang dilihat adalah gunung. Karena terletak di pegunungan cuacanya sangat dingin sekali, apa lagi airnya.

Dari Bandar Lampung, desa Air Dingin bisa ditempuh selama 4-5 jam menggunakan motor dan 6 jam menggunakan bus. Walaupun letaknya jauh dipelosok pegunungan, terdapat angkutan bus yang langsung masuk ke Air Dingin menuju terminal Rajabasa. Bus ini berangkat dari Air Dingin jam 7 pagi ke Rajabasa dan jam 2 siang dari Rajabasa ke Air Dingin dengan ongkos sekitar 60 ribuan. Selain bus terdapat juga travel mobil dengan ongkos 90 ribuan.

Mengapa desa ini diberi nama air dingin?

Sudah jelas, penamaan desa Air Dingin merujuk pada suhu air di desa tersebut yang sangat dingin. Orang-orang dari daerah panas yang datang ke Air Dingin mengatakan kalau airnya seperti es, dingin sekali. Jadi kalau ada yang maen ke Air Dingin jangan heran kalau orang-orangnya hanya mandi sekali sehari, biasanya sore hari.

Namun jika pada siang hari panasnya sangat menyengat dan membuat kulit gosong. Bisa terasa lebih panas dari pada di kota. Mungkin saja ini terjadi karena udara yang dingin bertemu dengan panasnya sinar matahari sehingga lebih terasa panas. Seperti gelas yang baru digunakan untuk air dingin lalu gelas tersebut disiram dengan air panas, kemungkinan besar gelas tersebut akan retak. Keadaan siang hari di desa Air Dingin seperti itu.

Makanan disini tidak cepat basi seperti di daerah panas, mungkin karena cucanya sangat dingin, ini hanya asumsi saya saja. Kalau membuat teh atau kopi tidak perlu lama-lama untuk menunggu hangat, habis air panas dituangkan ke dalam cangkir, minuman langsung bisa disruput Karena sudah tidak panas lagi, ini terjadi Karena suhu yang sangat dingin.

Hampir seluruh warga Air Dingin bermata pencaharian sebagai petani kopi, ada yang menjadi pegawai negeri sipil atau berdagang tetapi mereka juga tetap berkebun kopi. Selain kopi terdapat juga tanaman lada dan pisang, tetapi tanaman tersebut hanya digunakan sebagai tanaman tambahan, tanaman utama mereka tetap pohon kopi.

Sebagai petani kopi yang bisa dibilang tradisional, tentu saja petani kopi di wilayah air dingin perlu mendapatkan ilmu yang lebih baru. Apa lagi cuaca sekarang ini semakin tidak menentu, ini sangat berpengaruh terhadap hasil panen. Proses kembang kopi untuk menjadi biji kopi sangat tergantung sekali terhadap cuaca.

Ilmu cara bertanam kopi yang baik dan benar sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi di desa Air Dingin. Pleatihan bagaimana cara menghasilkan kopi dengan kualitas nomer satu di dunia adalah pelatihan yang sangat tepat. Dengan kualitas kopi yang baik tentu saja harga jualnya akan meningkat, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan petani juga.

Yang sangat menarik di desa Air Dingin adalah system penyaluran air bersih. Setiap rumah mendapatkan air bersih gratis yang mengalir sepanjang hari tanpa henti. Penyaluraan air bersih bukan dibangun oleh pemerintah, tetapi merupakan hasil swadaya warga. Berada di daerah pegunungan membuat sumber air bersih melimpah, ini sangat menguntungkan warga karena air yang mengalir terus menerus tidak hanya berguna untuk kebutuhan air sehari-hari, tetapi bisa juga untuk mengiri kolam ikan, jadi rata-rata warga memiliki kolam di belakang rumahnya.

Yudi Hartono, Petik Merah

Sebagai orang yang lahir di Air Dingin saya berharap desa ini terus berkembang dan menjadi pusat produksi kopi yang berkulitas dan terkenal hingga mancanegara.

Apakah anda mencari kopi yang berkualitas, kami bisa menyediakan, namun dengan syarat pemesanan kopi tersebut harus dilakukan sebelum panen. Kami akan memberikan penawaran yang sangat menarik, tentunya lebih murah dari harga kopi di pasaran. Harga kopi yang kami tawarkan menyesuaikan dengan harga kopi ketika panen.

YUDI HARTONO
Telp/WA 082176370945

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon