Thursday, September 28, 2017

Gerakan Lampung Membaca, Ayo Membaca Setiap Hari

Gerakan lampung membaca, ayo membaca setiap hari
Yudi Hartono di GLM2017

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di Lampung, Gubernur M. Ridho Ficardo mencanangkan Gerakan Lampung Membaca. Acara tersebut dilakukan di halaman kantor Gubernur Lampung yang dihadiri oleh duta baca nasional Najwa Shihab dan ribuan siswa, beserta anggota komunitas pegiat literasi.

Salah satu point yang dapat saya ambil dalam acara Gerakan Lampung Membaca adalah bahwa membaca sangat penting bagi kehidupan manusia. Seperti yang disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional RI M. Syarif Bando bahwa negara yang maju adalah negara yang berorientasi pada sumber daya manusia. Lihat saja negara Jepang dan Korea Selatan, kalau dilihat dari kekayaan sumber daya alam mereka kalah jauh dari Indonesia, tetapi negara tersebut lebih maju dari negara kita karena mereka berorientasi pada kemajuan sumber daya manusia. Disampaikan juga oleh M. Syarif Bando bahwa salah satu meningkatkan sumber daya manusia adalah membaca.

Membaca banyak manfaatnya, diutarakan oleh Najwa Shihab bahwa membaca bisa mengurangi stres dan membuat hidup lebih berkualitas. Setelah saya amati apa yang terjadi di masyarakat memang benar. Setelah saya bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, saya mendapatkan bahwa orang yang lebih banyak membaca ternyata kehidupannya lebih baik, lebih tahan stres.

Yang sangat disayangkan adalah banyak masyarakat yang beranggapan bahwa membaca adalah tidak penting dan seperti ketinggalan jaman. Membaca buku itu tidak keren, menurut saya keyakinan seperti ini harus dirubah. Sudah terbukti bahwa orang-orang besar yang terlahir di dunia adalah seorang pembaca, tidak usah jauh-jauh mengambil contoh, lihat saja Gubernur Lampung M. Rhido Ficardo, beliau adalah seorang pembaca. Oleh karena itu beliau mengajak seluruh masyarakat lampung untuk membaca minimal 30 menit sehari.

Selain membaca untuk diri sendiri kita juga harus mengajak orang lain membaca karena begitu besar manfaat dari membaca, seperti yang dilakukan pegiat literasi M. Hasan Ashari beserta komunitasnya. Mereka rela mengorbankan materi dan tenaga demi kemajuan sumber daya manusia terutama di lampung. Sebenarnya kalau hanya hidup semua orang sudah hidup, tetapi kalau ingin merasakan hidup yang lebih bernilai berbuatlah sesuatu yang baik untuk diri kita dan orang lain.

Salah satu pegiat literasi di Lampung yang saya wawancarai, Yoga Pratama mengatakan bahwa dengan mengajak orang membaca akan menambah wawasan serta melengkapi informasi sehingga sumber daya manusia di Lampung lebih maju. Hal itu berbanding lurus dengan perkembangan penulis Lampung yang semakin maju dan bahagia karena banyak bukunya yang dibaca. Yoga juga mengatakan bahwa dengan mengajak orang lain membaca, dia melihat harapan yang terus hidup.

Ayo membaca setiap hari, salah satu tips dari Najwa Shihab adalah baca sesuatu yang kita senangi kalau merasa membaca adalah hal yang membosankan, Membaca minimal 20 menit sehari, kalau tidak sempat boleh dicicil, misalnya pagi 10 menit dan sore 10 menit. Ajak juga saudara, teman, dan siapapun untuk membaca, sudah terbukti membaca banyak manfaatnya. Berikut ini manfaat membaca buku.

1. Dapat Menstimulasi Mental
Dengan membaca membuat otak tetap aktif, organ yang sering dilatih akan kuat, misalnya orang yang melatih tangannya untuk bertinju, maka tinjuannya akan kuat. Begitu juga dengan otak, karena otak juga merupakan organ tubuh, jika dilatih maka ia akan kuat, salah satu cara melatih otak dengan membaca. Selain merangsang mental, beberapa penelitian menunjukkan bahwa membaca dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

2. Mengurangi Stress
Membaca akan menekan perkembangan hormon stress seperti kortisol, membaca membuat pikiran lebih tenang dan santai. membaca juga dapat memperbaiki mood dan gangguan mental ringan, sebuah study menunjukkan bahwa dengan membaca dapat menurunkan tingkat stres hingga 67%.

3. Menambah Pengetahuan
Mendapatkan informasi bisa dari mana saja, bisa melihat tv, membaca buku, atau mendengarkan ceramah. Namun yang paling mudah adalah dengan membaca, kita bisa membaca di mana pun, dan saat kapan pun.

4. Manfaat Lainnya
Memperkaya kosa kata, meningkatkan kualitas memori, melatih ketrampilan berpikir dan menganalisa, meningkatkan fokus dan konsentrasi, meningkatkan hubungan sosial, mencegah kepikunan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Kita sudah tau bahwa membaca banyak manfaatnya untuk kehidupan kita, untuk itu mari kita membaca setiap hari.
Ayo membaca!! 

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon