Wednesday, September 27, 2017

Cara Menggunakan Inhaler Ventolin Dengan Benar

Bagi penderita asma yang sering kambuh pasti tidak asing dengan obat ventolin inhaler. Obat ini berfungsi sebagai pelega, sangat efektif meredakan asma yang kambuh. Obat ini bentuknya kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Memang obat ini harus selalu dibawa kemanapun penderita asma pergi.

Cara menggunakan obat inhaler sangat sederhana, tetapi menurut British Lung Foundation, hampir 90% pengguna inhaler tidak memiliki tehnik yang baik dalam menggunakan obat tersebut.

Inhaler adalah alat yang berfungsi menyalurkan obat untuk pengobatan penyakit paru-paru seperti asma. Penting untuk mengetahui cara yang benar dalam menggunakan inhaler. Penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan efikasi yang tidak optimal dari pengobatan.


Apabila anda pengguna inhaler ventolin jangan sungkan untuk bertanya kepada dokter tehnik yang benar menggunakan obat tersebut. Kalau bisa jangan hanya dijelaskan secara lisan tetapi dengan praktek juga. Penggunaan inhaler ventolin harus menggunakan koordinasi antara tangan dan mulut. Berikut ini saya jelaskan langkah-langkah menggunakan inhaler yang benar.

Cara Menggunakan Inhaler Ventolin Dengan Benar


Lepas tutup inhaler
1. Lepaskan tutup INHALER Anda dari mouthpiece (tempat mulut).


Kocok inhaler
2. Kocok INHALER beberapa kali.


Inhaler diantara telunjuk dan ibu jari
3. Pegang INHALER diantara jari telunjuk dan/atau jari tengah dengan ibu jari. Dimana ibu jari ada di bagian bawah mouthpiece.


Keluarkan napas maksimal
4. Keluarkan napas maksimal.


Mouthpiece diantara gigi
5. Pegang INHALER dengan posisi yang benar (seperti gambar). Letakkan mouthpiece diantara gigi Anda (jangan digigit) dengan bibir melingkari bagian mulut INHALER (mouthpiece). Bernapaslah.


Tekan dan hisap
6. Tekan bagian atas INHALER dengan telunjuk Anda dan hisap dengan perlahan dan dalam


Tahan napas 5-10 detik
7. Tarik INHALER dari mulut, tahan napas Anda selama 5-10 detik, kemudian bernapaslah seperti biasa.

Perhatian

Jika dokter menganjurkan pemakaian lebih dari satu puff dalam satu kali pemakaian, jangan langsung menggunakan obat tersebut, tetapi tunggu sampai 1 menit. Setelah menggunakan obat jangan lupa berkumur-kumur untuk membersihkan obat yang berada di rongga mulut.

Bersihkan inhaler seminggu sekali, dengan cara melepas tutup dan tabung inhaler. Ambil tutup dan tabung inhaler yang sudah terlepas dari obatnya, lalu bersihkan dengan mengalirinya dengan air bersih. Kemudian keringkan lalu pasang kembali tabung dan penutup inhaler.

Bila kurang jelas bisa komentar di bawah atau melalui kontak saya.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon