Tuesday, August 1, 2017

Teknologi Mobil Masa Depan Tanpa Bahan Bakar

Teknologi Mobil Masa Depan Tanpa Bahan Bakar

Pesatnya perkembangan teknologi di segala bidang membuat perusahaan menciptakan bermacam-macam produk dengan teknologi tinggi. Salah satunya di dunia otomotif, produsen mobil berlomba untuk membuat mobil terbaik. Dengan riset para ahli dibidang otomotif lahirlah mobil yang memiliki keselamatan tinggi, nyaman, dan  ramah lingkungan.

Di era yang akan datang mobil bukan lagi berfokus pada kecepatan, mobil-mobil akan dibuat dengan keamanan dan kenyamanan yang tinggi serta ramah lingkungan. Isu lingkungan dan keselamatan sudah menjadi tujuan utama di setiap perusahaan di dunia. Seperti Tesla dengan deretan mobil listriknya, begitu pun dengan Honda, Toyota, Chevrolet, Ford, Nissan, Mitsubishi, dan masih banyak perusahan lainnya yang menciptakan mobil ramah lingkungan.

Di indonesia perkembangan terknologi mobil juga berkembang dengan pesat. Anda bisa menyaksikannya di pameran mobil GIIAS 2017 yang akan berlangsung dari tanggal 10-20 Agustus  2017, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tanggerang dengan tema 'Rise of the Future Mobility". Tema yang menunjukkan bahwa pameran mobil GIIAS 2017 sangat berkomitmen terhadap perkembangan otomotif Indonesia.

Dengan adanya dukungan dari dunia untuk menciptakan mobil yang aman dan ramah lingkungan serta berorientasi untuk bumi yang lebih baik, diharapkan teknologi otomotif dapat berkembang dengan pesat. Begitu juga dengan pemerintah Indonesia yang mendorong terciptanya mobil listrik sebagai kendaraan masa depan.

Saya berharap besarnya dukungan Dunia dan Pemerintah dapat terciptanya mobil impian dengan teknologi sebagai berikut.

Mobil Tanpa Bahan Bakar

Sepertinya tidak masuk akal, bagaimana mobil dapat beroperasi tanpa menggunakan bahan bakar. Teknologi saat ini memang sudah ada mobil tanpa bahan bakar, yaitu mobil listrik. Yang di maksud disini bukanlah seperti teknologi yang dipakai mobil listrik saat ini. Memang mobil listrik saat ini tidak menggunakan bahan bakar tetapi mobil tersebut masih menggunakan baterai untuk sumber energinya, dimana baterai tersebut masih harus di cas.

Mobil yang dimaksud disini adalah mobil yang dapat berjalan tanpa harus menggunakan bahan bakar maupun baterai yang di cas. Mobil ini adalah mobil yang dapat menciptakan energi sendiri untuk menjalankan mobil. Beberapa teknologi yang dapat digunakan seperti teknologi mobil tenaga surya, yang digabungkan dengan efisiensi energi pada mobil, teknologi energi angin saat mobil melaju dirubah menjadi energi listrik, energi gesekan mobil dengan jalan yang dapat dirubah menjadi listrik, jika semua teknologi dipakai bisa saja mobil ini dapat diwujudkan.

Mobil ini bisa juga diwujudkan dengan cara menciptakan alat membesarkan energi. Penjelasannya dapat saya analogikan sebagai berikut.

Gambar: Sistem Pembesar Energi

A adalah sumber energi untuk menggerakan mesin B, mesin B menghasilkan energi untuk menggerakan mesin C. Energi yang dihasilkan mesin C adalah 3 kali lipat dari mesin B yang kemudian di salurkan menjadi dua cabang. Yang pertama energinya dialirkan untuk memutar mesin B, sehingga suplai sumber energi dari A harus diputus. Cabang yang kedua untuk mengalirkan energi ke M yaitu mobil.

Point penting disini adalah mesin C yang membutuhkan energi 100 J tetapi dapat menghasilkan energi 300 J. Dimana 100 J dikembalikan lagi untuk menggerakan mesin B, sisanya 200 J dipakai untuk mengoperasikan mobil. Siklus energi ini akan terus berputar sehingga energi tidak pernah habis. Ini adalah sistem pembesar energi.

Menurut hukum energi alat tersebut mustahil untuk diwujudkan. Perlu riset dan penggabungan dari berbagi teknologi. Walaupun alat tersebut sulit diciptakan setidaknya bisa dibuat alat yang mendekati teknologi tersebut.

Mobil Dengan Kenyamanan dan Keamanan Yang Tinggi

Mengendarai mobil dengan kenyamanan tinggi adalah seperti seperti berada di tempat tidur yang empuk. Berada di sebuah mobil bagaikan sedang melakukan relaksasi, merasa tenang, dan nyaman. Suara bising mesin dan gelombang jalan tidak terasakan. Itulah kenyamanan mobil impian dengan teknologi yang canggih.

Keselamatan juga menjadi teknologi mobil yang dikembangkan dari masa ke masa. Perusahaan mobil berinovasi untuk menciptakan mobil yang paling aman. Menciptakan mobil yang dapat mencegah mobil keluar jalur lintasan saat pengemudi mengantuk. Mobil yang dapat mencegah terjadinya kecelakaan, jadi sebelum terjadi kecelakaan sensor mobil akan berbunyi sehingga mobil akan mengaktifkan sistem keselamatan seperti mobil akan melambat dan berhenti.

Mobil dengan keselamatan tinggi juga dapat diciptakan dari bahan yang kuat dan ringan sehingga dapat melindungi pengendara dari benturan. Untuk mengetahui fitur keselamatan dan kenyamanan mobil yang sudah dihadirkan pada sebuah mobil Anda dapat mengunjungi pameran mobil GIIAS 2017.

Itulah teknologi yang diharapkan hadir di setiap mobil impian di masa depan.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi

10 komentar

Was amu like banget nih sama tekhnogi Dan sains hehe... Ini inovasi banget

Semua teknologi sekarang fokus ke isu ramah lingkungan, ayo selamatkan bumi

Teknologinya bagus gan.... Moga bisa cepet terealisasi

Iya,, Selamatkan bumi dari pemanasan GLOBAL.

Nice info dan artikel gan. Terima kasih

wah,memang seharusnya teknologi harus ramah lingkungan kyk gini....save earth go green

Iya gan, moga aja mobilnya cepet diwujudkan

Iya, bumi dh semakin panas, klo mau hidup lebih lama di bumi harus semangat go green.

mantab, mobil tanpa polusi. solusi pemanasan global.

Selamatkan bumi, pemanasan global makin mengkhawatirkan. Semangat go green.


EmoticonEmoticon