Sunday, August 6, 2017

Kewajiban Menghormati Ibu Apapun Keadaannya

Kewajiban Menghormati Ibu Apapun Keadaannya

Ibu adalah orang yang harus kita cintai dan hormati, kasih sayangnya kepada anaknya jangan diragukan lagi. Bahkan mengatakan kata "ah" saja tidak boleh, itu lah cara sederhana menghormati ibu. Tetapi jaman sekarang semuanya sudah banyak berubah, bukannya seorang tidak lagi menghormati ibunya, tetapi lebih kepada ktidaktahuan bagaimana harus bersikap kepada ibu kita.

Agama saja memposisikan kedudukan ibu sangat tinggi sekali, kita harus menghormati ibu, ibu, ibu, baru ayah. Kadang kita marah kepada ibu karena sesuatu kesalahan yang dilakukannya, sebagai anak tak sepantasnya kita melakukan itu. Apapun kesalahan yang dilakukan ibu kita harus menghormatinya.

Jika ibu tak sama dengan pemikiran kita, maklumi saja. Kita lahir di dunia berbeda, kadang ada yang ibu tau dan kita tak tau, dan sebaliknya. Tapi yakinilah, jangan ragukan kasih sayang ibumu, bila kau merasakan sepertinya ibu tidak menyayangimu itu tidak benar. Bukannya ibu tidak menyayangimu, tetapi ibu tidak tau bagaimana cara menyampaikan kasih sayangnya agar kamu merasakan kasih sayang itu.

Cukup bagi kita untuk menerima ibu apa adanya, sebagai sesuatu yang terbaik yang diberikan tuhan. Tugas kita adalah berbakti dan membahagiakannya, bukannya kenapa ibu kok begini, kenapa harus begitu dan lainnya. Tidak ada seorangpun yang harus disalahkan atas hidupmu, apalagi ibumu, jika ada yang memang harus disalahkan adalah diri kita sendiri.

Kita saja harus bekerja keras untuk mengubah diri sendiri, dan itu pun tidak semuanya berubah. Apalagi mengharapkan orang lain berubah seperti yang apa yang kita inginkan. Sesuatu yang dapat kita kuasai sepenuhnya adalah diri kita sendiri. Cukup bagi kita menjadi orang baik yang berbakti kepada orang tua dan membahagiakannya.

Mungkin cara orang menghormati ibu berbeda-beda, tergantung kebiasaan dan adat budaya. Tetapi apapun yang kita lakukan jangan sampai menyakiti hati ibu. Berbicara dengan santun saat berkomunikasi dengan ibu.

Berbakti dan mendoakan kedua orang tua, terutama ibu dipercaya menjadi kunci untuk mendatangkan rezeki. Dengan berbakti kepada ibu, tuhan akan membalas kebikan kita dengan beribu kebaikan, yang salah satunya adalah membuka pintu rezeki.

Kedudukan ibu sangat tinggi dalam kehidupan manusia, selain memberikan berkah ibu juga bisa mendatangkan musibah bila kita tidak berbakti kepadanya. Kisah yang paling fenomenal di Indonesia adalah Malin Kundang. Orang perantauan sukses, tetapi ketika pulang kampung halaman bertemu dengan ibunya dan dia tidak mengakuinya. Ibunya sakit hati dan mengutuknya menjadi batu.

Kasih sayang Ibu adalah kasih sayang yang tulus. kita bisa melihatnya dari hal-hal kecil yang sering terjadi di rumah

  • Ketika makan, Ibu akan mendahulukan makanan untuk anak-anaknya. Jika pada saat itu makanan hanya cukup dimakan untuk satu orang, tentu saja makanan itu akan diberikan kepada anaknya.
  • Ibu selalu mengkhawatirkan anaknya, kemana pun anaknya pergi, Ibu akan memastikan bahwa anaknya dalam keadaan baik-baik saja. 

Masih banyak bentuk kasih sayang Ibu kepada anaknya, setiap orang mempunyai pengalaman sendiri.

Hormati dan berbakti kepada ibu apapun keadaannya, entak kita salah atau ibu kita salah. Tidak peduli kita menginginkan ataupun tidak, tetap saja kita harus menghormati dan berbakti kepada kedua orang tua, terutama ibu.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon