Thursday, August 24, 2017

Bersyukur, Menikmati Apapun Yang Kita Miliki

Bersyukur, Menikmati Apapun Yang Kita Miliki

Bersyukur memberi kekuatan dalam hidup, itulah yang aku rasakan. Menyikapai maraknya kejadian bunuh diri, sudah sepantasnya kita mewaspadainya dengan meningkatkan rasa syukur. Dengan bersyukur akan membuat semua orang kuat dan tanggung menjalani hidup. Lalu apa hubungannya bunuh diri dan rasa syukur. Sudah jelas, mana mungkin ada orang yang bersyukur akan hidupnya melakukan bunuh diri. Dengan bunuh diri dia menganggap bahwa kehidupannya tak berarti. Walaupun sebenarnya tidak seperti itu, dia hanya tidak bisa melihat sesuatu yang bernilai dari dirinya.

Ntah apa pun alasan seseorang berniat bunuh diri, solusi pertama adalah menjadikan Allah sebagai tempat berharap, dan menyerahkan semua masalah. Bukankah tuhan memberikan kita masalah karena kita mampu menghadapinya. Tapi bagi orang tak beriman kata-kata itu asing. Orang beriman menyikapi dan memaknai kehidupan sebagai anugerah dan keajaiban. Siapapun kita, bersyukur akan memberikan kekuatan hidup.

Baru-baru ini kita dihebohkan dengan aksi bunuh diri vokalis linkin park. Dilihat dari pandangan semua orang dia adalah orang yang sukses. Pasti bayak yang bertanya-tanya mengapa dia bunuh diri. Bukan kah dia sudah mendapatkan impian semua orang, yaitu kaya, terkenal, banyak fans. Apapun alasannya, pasti orang yang bunuh diri tidak memiliki rasa syukur. Berapapun yang kita miliki, tanpa rasa syukur bagaikan sesuatu yang tak berguna, hidup seperti kosong.

Tidak bersyukur seperti mencari sesuatu yang tak ada, kita tidak akan pernah menemukan. Sebenarnya bukannya sesuatu itu tidak ada, itu ada disekitar kita, hanya saja tidak menyadarinya karena tidak adanys rasa syukur. Siapakah yang paling diuji tuhan dengan rasa syukur. Orang yang memiliki lebih sedikit dari orang lain adalah orang yang paling diuji kesyukurannya, yang paling tidak memiliki apa-apa.

Bersyukur adalah memberi nilai yang tinggi atas apa yang kita miliki. Yang bersyukur memiliki kaki akan berterimakasih bahwa ia masih memilki kaki yang sehat, dan bisa untuk berjalan. Orang yang sama tetapi tidak bersyukur tidak akan sadar bahwa ia memiliki kaki yang sehat, dan bisa untuk berjalan. Dari bersyukur kita akan mendapatkan lebih banyak, karena secara otomatis kita akan menggunakan apa pun yang bisa kita gunakan untuk medapatkan tujuan kita. Beda dengan tidak adanya rasa syukur, akan mengeluh bahwa ia tidak mempunyai apa pun untuk mencapai tujuannya. 

Bersyukur dan melakukan yang terbaik.

ydhartono.com

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon