Sunday, August 6, 2017

10 Aturan Yang Harus Diikuti Siswa di SMA Geochang, Gyungnam

10 Aturan Yang Harus Diikuti Siswa di SMA Geochang, Gyungnam

Saat saya membaca buku korea best seller karya Rando Kim yang berjudul "Time of Your Life" saya menemukan 10 aturan siswa di SMA Geochang, Gyungnam ketika memilih sebuah karir. Menurut saya aturan ini sangat aneh, isinya merupakan kebalikan dari apa yang diharapkan semua orang. Oleh karena itu saya menuliskan 10 aturan tersebut agar kita mendapatkan sudut pandang yang baru.

Mungkin penilaiaan setiap orang berbeda, tapi itu bukanlah masalah. Saya hanya menunjukkan sebuah fakta bahwa di sebuah negara ada 10 aturan yang sangat aneh, mungkin kita harus bertanya langsung kepada pembuat aturan, apa sebenarnya makna dari aturan tersebut. Berikut ini adalah aturan yang menurut saya aneh.

10 aturan yang harus diikuti oleh para siswa di SMA Geochang, Gyungnam, Korea Selatan.

  1. Ambillah pekerjaan yang memberimu gaji lebih sedikit.
  2. Pilihlah yang menginginkanmu, bukan yang kamu inginkan.
  3. Ambillah tawaran yang memberimu sedikit janji untuk promosi.
  4. Jangan mengambil pekerjaan yang menawarkan segala fasilitas yang diinginkan semua orang; pilihlah pekerjaan yang mengharuskanmu untuk memulai dari nol, seperti sebiah kertas kosong.
  5. Jangan memilih pekerjaan yang pasti akan dipilih oleh semua orang. Pilihlah pekerjaan yang jarang dilirik oleh orang lain.
  6. Pilihlah pekerjaan yang tampaknya tidak memberimu jaminan masa depan.
  7. Pilihlah pekerjaan yang membuatmu tidak dihormati oleh masyarakat.
  8. Jangan memilih untuk menjadi pusat perhatian, tetapi berdirilah di pinggir.
  9. Pilihlah pekerjaan yang tidak disukai oleh orangtuamu, istrimu, ataupun tunanganmu; ambillah tanpa ragu.
  10. Pilihlah jalan yang bukan menantimu dengan mahkota, melainkan guillotine.

Daftar tersebut sangat terkenal sehingga sebutan sepuluh aturan SMA Geochang terdaftar dalam search engine terkenal di Korea. Saya sendiri sangat aneh mengapa 10 aturan tersebut dijadikan pedoman dalam memilih karir di Korea. Kalau di Indonesia pasti kebalikan dari 10 aturan tersebut. Seperti aturan nomer satu, untuk mengambil pekerjaan dengan gaji sedikit, kalau di Indonesia pasti mengambill pekerjaan yang memberikan gaji banyak.

Dalam 10 aturan tersebut pasti ada makna tersendiri mengapa dijadikan pedoman dalam memilih karir. Buat para pembaca yang memiliki pandangan tersendiri bisa komentar di bawah, mari berdiskusi karena saya juga belum memahami sepenuhnya. Apakah sebenarnya kita harus mengikuti "passion" dalam memilih karir ? Saya juga belum paham nih!!

Namun kalau aturan nomor sembilan seperti yang saya alami, dan menurut saya peraturan nomor sembilan boleh juga kita ikuti. Karena belum tentu pekerjaan yang disukai oleh otangtua, istri, dan tunangan adalah pekerjaan yang terbaik. Dan yang paling penting adalah komunikasi, antara kita dengan orang-orang yang kita sayangi. Lebih bagus kalu karir yang kita ambil adalah karir yang kita senangi dan orang-orang yang kita cintai menyenangi juga. 

Zaman sudah berubah, masa orang tua kita berbeda dengan masa yang kita jalani. Sekarang informasi berkembang pesat, tidak seperti jaman dulu. Oleh karena itu komunikasi sangat penting, mungkin kita ada yang belum tau, begitu pun juga orang tua, ada yang belum diketahui. Menjalani apa yang kita senangi dan orangtua senangi pasti sangat menyenagkan dan membanggakan. 

Ngomong-ngomong tentang 10 aturan tersebut saya masih butuh banyak penjelasan. Untuk yang memiliki pandangan berbeda komen di bawah ya.. Mungkin saya akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda mengenai sebuah karir.  

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon