Saturday, July 29, 2017

PPOK Adalah Penyakit Utama Para Perokok

PPOK Adalah Penyakit Utama Para Perokok

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) adalah penyakit paru yang terjadi sejak lama yang ditandai hambatan aliran udara di saluran napas. Jadi PPOK tidak terjadi secara tiba-tiba melainkan memerlukan waktu yang lama. PPOK bersifat progresif yaitu semakin lama semakin parah dan tidak dapat kembali seperti semula.

Orang yang sudah menderita PPOK semakin lama fungsi parunya akan berkurang dengan drastis, fungsi paru yang sudah berkurang tidak bisa kembali menjadi normal kembali. Obat-obatan yang diberikan bukan untuk menyembuhkan penyakit tetapi untuk mempertahankan fungsi paru agar tidak turun dengan drastis.

Lalu apa hubungan antara merokok dengan PPOK. Merokok adalah penyebab utama seseorang menderita PPOK. Bahan-bahan berbahaya dari rokok yang masuk saluran pernapasan akan mengakibatkan inflamasi yang kemudian terjadi kerusakan jaringan paru. Saluran pernapasan menjadi sempit sehingga menghambat aliran udara pernapasan.

Penyempitan saluran napas membuat terbatasnya aktifitas penderita PPOK. Untuk kasus yang berat, pergi ke kamar mandi saja sudah sesak. Ayo yang masih merokok untuk berhenti merokok kalau tidak mau hal seperti itu terjadi pada Anda.

Kebanayakan perokok tidak menyadari bahaya merokok, hal itu disebabkan efek-efek negatif yang ditimbulkan rokok tidak terjadi seketika. Bahaya rokok timbul setelah bertahun-tahun lamanya dikonsumsi. Kesadaran masyarakan akan bahaya merokok masih rendah, meskipun disetiap kemasan rokok sudah ditampilkan dampak negatif rokok.

Hal-hal yang sering saya alami sendiri ketika menganjurkan seseorang berhenti merokok adalah mereka menganggap rokok bukanlah sesuatu yang berbahaya. Analogi yang sering dipakai adalah saya saja merokok sehat, dia tidak merokok malah sakit. Itu adalah analogi yang keliru.

Orang sakit tidak hanya dari rokok, masih banyak penyebab lainnya. Seseorang yang tidak merokok tapi sakit kalau merokok pasti tambah sakit. Orang yang merokok tapi merasa sehat kalau berhenti merokok pasti tambah sehat. Jadi intinya adalah orang yang merokok pasti memperburuk kondisi kesehatannya dan orang yang tidak merokok meningkatkan kondisi kesehatannya.

Mulai dari saat ini ayo berhenti merokok, ketika akibat dari merokok sudah terjadi yaitu PPOK, fungsi paru akan terus turun dan turun secara drastis. Lebih fatal lagi fungsi paru yang turun tidak dapat diobati menjadi normal. Penderita PPOK akan mengkonsumsi obat seumur hidupnya untuk mempertahankan fungsi paru agar tidak turun.

Dari segi keuangan, merokok juga sangat merugikan. Jika seseorang merokok 1 bungkus sehari berati dia membutuhkan uang minimal 15 ribu setiap harinya. Coba bayangkan jika uang tersebut kita hitung dalam jangka waktu satu bulan dan satu tahun. Jika satu bulan berarti 450 ribu dan jika satu tahun berarti 5,4 juta. Ternyata banyak juga biaya yang dibutuhkan untuk merokok.

Ayuk mulai saat ini berhenti merokok....

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon