Monday, April 10, 2017

Tips Mengubah Hobi Menjadi Pendapatan dan Peluang Usaha

Tips Mengubah Hobi Menjadi Pendapatan

Memiliki hobi tertentu bisa sangat bermanfaat bila kita dapat mengubahnya menjadi pendapatan, salah satu contohnya seperti hobi ngeblog. Mungkin hasil dari hobi kita tidak cukup menghasilkan banyak uang untuk membeli istana, tetapi mungkin kita bisa menambah bayaran cicilan motor atau melunasi utang yang sudah lama dengan mengerjakan sesuatu yang kita sukai.

Pasti sangat bahagia sekali orang yang memiliki pekerjaan yang merupakan hobinya, karena mereka sangat menyukai apa yang dikerjakan. Untuk kita yang bekerja tidak sesuai hobi juga harus menikmati pekerjaannya, di waktu luang kita bisa melakukan hobi kita dan merubahnya menjadi pendapatan. Mungkin yang didapatkan tidak sebanyak orang yang bekerja sesuai hobinya, tidak masalah setidaknya kita bisa menambah penghasilan dengan melakukan hal yang menyenangkan, sekaligus menghilangkan stress.

Berikut ini adalah tips untuk mengubah hobi menjadi pendapatan

Buat inventaris ketertarikan
Catat semua hobi, kesukaan dan ketertarikan kita. Latihan ini bisa mengasikan, namun kadang kita menemukan rintangan yang besar yaitu kita tidak mempunyai ketertarikan apa-apa. Mungkin tidak punya "hobi" dan itu tidak apa-apa, tetapi pasti kita senang melakukan sesuatu hal. Ayo,,! Apa yang kita sukai? Membaca, menulis, belanja, ngobrol dengan orang, dan sebagainya. Catat apa saja yang kita senang dalam melakukannya mulai dari menari, menyanyi, olah raga, hingga maen game. Semua orang pasti melakukan sesuatu dengan waktu luangnya.

Persempit daftarnya
Untuk setiap ketertarikan di atas, buang sebanyak-banyaknya hingga kita bisa mengidentifikasi satu atau dua alasan utama yang menjelaskan mengapa kita menyukai hal-hal yang menjadi ketertarikan kita tersebut. Kita suka menonton TV? Tontonan apa yang kita sukai? Olahraga? Sepakbola? Kita harus spesifik.

Fokus
Pilih ketertarikan yang akan lebih sering kita lakukan jika kita punya uang yang banyak dan tidak harus belerja lagi.

Lompatan awal
Luangkan waktu 10 menit setiap pagi untuk memikirkan sebuah produk atau layanan yang bisa diberikan kepada pihak lain yang memiliki ketertarikan yang sama dengan kita. Contohnya, kita suka berkebun. Begini cara kita memikirkan bagaimana menghasilkan uang dengan melakukan apa yang kita sukai:
  1. Blog, kita bisa membuat blog tentang berkebun dan memajang iklan tentang kebun untuk kelompok pembaca yang sangat khusus.
  2. Menciptakan, disini kita memiliki banyak kesempatan. Punya sebuah hobi yang kita sukai menjadikan kita orang yang tepat untuk menemukan dan menciptakan sebuah produk baru. Misalnya menciptakan pot tanaman yang murah dan indah.
  3. Membangun perusahaan, kita bisa membangun sebuah perusahaan yang menyediakan layanan atau menjual produk untuk berkebun.
  4. Pengecer, Berafiliasi, Lisensi, kita bisa berafiliasi dengan sejumlah E-Book atau produk berkebun dan menghasilkan uang setiap kali situs jejaring, atau blog kita diklik oleh pengunjung atau jika ada yang membeli.
  5. Menjadi pekerja lepas, banyak kesempatan untuk menghasilkan uang dengan bekerja pada orang lain. Meskipun bukan benar-benar pekerja lepas, kita bisa mencari pekerjaan paruh waktu sebagai pemelihara bibit, ahli pertamanan, atau salah satu dari ratusan pekerjaan yang terkait dengan kegiatan berkebun.

Yang kita lakukan adalah memikirkan apa yang kita sukai dengan peluang-peluang yang mungkin bisa menjadikan uang. Dengan satu hobi saja banyak peluang yang bisa dijadikan uang.

Ambil contoh lain, seseorang menyukai memasak. Ketika ia mempersempit daftar hal-hal yang paling disukainya, ia mendapatkan bahwa ia suka membuat berbagai macam kue ulang tahun. Setelah mengetahui hal ini, kemudian ia membuat kue ulang tahun dan mempromosikan di sosial media dan chat, ia membuka pemesanan untuk membuat kue ulang tahun. Ia menghasilkan cukup banyak uang dengan pekerjaan paruh waktu ini dan sangat menyukainya.

Harus diperhatikan

Buat agar tetap menyenangkan
Ini hobi, jangan mengubahnya menjadi pekerjaan yang kita benci. Buat agar tetap menyenangkan dengan fokus pada apa yang kita sukai dan bersikap proaktif jika kegemaran kita mulai terasa seperti pekerjaan yang membosankan. Jika ketertarikan kita terasa lebih sebagai sebuah pekerjaan alih-alih hobi, hentikan saja. Kita tidak ingin merusak sesuatu yang kita sukai hanya agar dapat menghasilkan sejumlah uang. Point utamanya kita suka melakukannya.

Coba sejumlah strategi
Jangan terjebak dengan satu strategi saja, misalnya melalui blog atau afiliasi. Jika kita tidak menyukai atau tidak menguntungkan, coba sejumlah pendekatan hingga kita menemukan yang terbaik atau yang paling sesuai untuk kita.

Cobalah sejumlah hobi
Tidak semua hobi bisa menghasilkan uang. Mulailah dengan satu hobi kemudian cari hobi lain di daftar kita sampai kita menemukan yang paling tepat.

Mengubah hobi menjadi pendapatan bisa menjadi bumerang, karena tidak semua hobi bisa menghasilkan uang, jika kita lebih fokus mendapatkan uang, maka sulit untuk menemukan hobi yang menghasilkan uang. Karena jika fokus mendapatkan uang, hobi yang tadinya menyenangkan untuk dilakukan bisa berubah menjadi beban dan membuat kita tertekan.

Jadi tetap nikmati hobi kita, kalau bisa menghasilkan uang ya,, Alhamdulillah.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi

2 komentar

Sepertinya mudah. tapi untuk sampai menghasilkan uang butuh ketekunan. Heee


EmoticonEmoticon